Sukses

50 Contoh Kata Sandi 8 Karakter yang Sulit Ditebak, Simak Pula Tips Membuatnya

Kata sandi merupakan rangkaian karakter atau simbol yang digunakan untuk mengakses maupun melindungi informasi pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Kata sandi merupakan rangkaian karakter atau simbol yang digunakan untuk mengakses maupun melindungi informasi pribadi. Kegunaannya adalah untuk mengamankan data dari akses yang tidak sah atau tidak diinginkan. Pada umumnya panjang kata sandi sebanyak 8 karakter yang terdiri dari kombinasi antara angka, huruf, dan simbol.

Kata sandi 8 karakter dipilih karena panjang ini dianggap cukup untuk menghasilkan kombinasi karakter yang kompleks dan sulit ditebak. Kata sandi yang menggunakan campuran angka, simbol, dan huruf baik kapital maupun kecil dianggap lebih aman karena kombinasi karakter seperti ini dapat meningkatkan tingkat keamanan.

Contoh kata sandi 8 karakter dengan menggunakan angka, simbol, dan huruf baik kapital maupun kecil memperluas jumlah kemungkinan kombinasi, sehingga membuat kata sandi lebih sulit untuk ditebak atau diretas oleh pihak yang tidak berwenang.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai contoh kata sandi 8 karakter beserta pengertian, manfaat dan cara membuatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/12/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Kata Sandi

Kata sandi atau password adalah rangkaian karakter yang digunakan untuk mengakses atau membuka suatu akun atau platform digital. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kata sandi adalah rahasia atau kode.

Kata sandi yang kuat harus memiliki minimal delapan karakter karena semakin panjang kata sandi, semakin sulit bagi pihak yang tidak berwenang untuk menebak atau mendekripsi kata sandi tersebut. Panjang minimal kata sandi yang kuat sebenarnya adalah enam karakter, namun kata sandi dengan delapan karakter dirasa menjadi jumlah yang ideal untuk mengamankan akun.

Pentingnya memiliki kata sandi yang berbeda untuk setiap akun platform digital adalah agar jika salah satu akun terkena hack atau diretas, maka akun-akun lainnya tetap aman. Apabila menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun dan salah satu akun diretas, maka kemungkinan besar akun-akun lainnya juga akan mudah diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Dengan memiliki kata sandi yang unik untuk setiap akun, maka keamanan akun-akun digital anda akan lebih terjamin. Hal ini dapat membantu melindungi data pribadi, informasi keuangan, dan privasi kita dari kebocoran atau akses yang tidak sah. 

3 dari 5 halaman

Manfaat Penggunaan Kata Sandi

Kata sandi yang kuat dan aman sangat penting dalam perlindungan akun dan informasi secara daring. Dengan menggunakan kata sandi yang kompleks, seperti kombinasi huruf besar kecil, angka, dan karakter khusus, akan lebih sulit bagi para peretas untuk mengakses akun atau informasi kita secara ilegal. Selain itu, kata sandi yang aman juga dapat melindungi anda dari berbagai macam serangan seperti pencurian identitas, penipuan, atau serangan malware.

Manajer kata sandi dapat membantu anda dalam menciptakan dan menyimpan kata sandi yang kompleks dengan mudah. Dengan menggunakan manajer kata sandi, anda dapat menciptakan kata sandi yang panjang dan rumit tanpa perlu menghafalnya, karena manajer kata sandi akan menyimpannya secara otomatis. Selain itu, manajer kata sandi juga dapat membantu dalam mengelola banyak kata sandi secara efisien, sehingga tidak perlu khawatir tentang lupa kata sandi atau menggunakan kata sandi yang sama untuk berbagai akun.

Secara umum, penggunaan kata sandi yang kuat dan aman, serta manajer kata sandi, akan membantu anda dalam meningkatkan keamanan akun dan informasi secara daring, serta memudahkan dalam menciptakan, menyimpan, maupun mengelola kata sandi dengan efisien.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Kata Sandi yang Aman

Sebelum mengetahui cara membuat kata sandi yang aman, anda perlu mengetahui kriteria membuat kata sandi yang aman dan efektif adalah sebagai berikut:

  1. Panjang minimal kata sandi harus setidaknya 8 sampai 12 karakter untuk memastikan keamanannya.
  2. Kata sandi sebaiknya mengandung kombinasi karakter, termasuk huruf besar dan kecil, angka, serta simbol khusus, untuk membuatnya lebih sulit ditebak atau ditembus oleh program otomatis.
  3. Pengguna sebaiknya menghindari penggunaan informasi pribadi seperti nama, tanggal lahir, atau nomor telepon dalam kata sandi.
  4. Password yang terdiri dari karakter campuran lebih sulit untuk dipecahkan.
  5. Tidak mengandung jalur keyboard yang mudah diingat.
  6. Password unik untuk setiap akun yang Anda miliki.

Setelah mengetahui kriteria membuat kata sandi yang aman, berikut ini ada beberapa cara membuat kata sandi yang aman dan sulit ditebak adalah:

  1. Pilihlah kombinasi karakter yang unik namun mudah diingat.
  2. Gunakan huruf besar dan kecil, angka, serta simbol khusus.
  3. Gunakan layanan pengelola kata sandi atau password manager untuk menyimpan kata sandi secara aman.
  4. Terakhir, pastikan untuk mengubah dan memperbarui kata sandi secara berkala, setidaknya setiap beberapa bulan.
5 dari 5 halaman

Contoh Kata Sandi 8 Karakter yang Sulit Ditebak

Berikut ini terdapat beberapa contoh kata sandi 8 karakter yang sulit ditebak, antara lain:H&kL@3d$

  1. P*sw0rd!
  2. F1R$m@n$
  3. 5n@k3!2$
  4. P@ssW0rd
  5. B!gB0$$!
  6. Tr0ub4d@
  7. W1nner23
  8. 4Lph@Num
  9. M0n3yB4G
  10. L0$tP@$$
  11. J#ff3r$#
  12. H@ppyD@y
  13. C@ndl3L1
  14. P@ssw0rD
  15. W3lC0me!
  16. L0v3L@ug
  17. D3lic10u
  18. $p@c3J@m
  19. G@M3T!m3
  20. Cl0ckW!$3
  21. J@mM@st3r
  22. R0ckSt@r
  23. C00lC@t!
  24. H0tDr1nk
  25. W3Bd3$!g
  26. $h0pT!m3
  27. T3chN0W!
  28. L@ughOut
  29. F0rk&Kn
  30. G3tM0r3!
  31. W@t3r5k1
  32. M1lk$H@k
  33. T3@Ch3r$
  34. N0D3$K
  35. B0$$L@dy
  36. G!ftC@rd
  37. J0k3&F!
  38. C0@ch3$
  39. F00dB@$k
  40. M@k3M0v3
  41. H3@lthy$
  42. W!$3W0rk
  43. D3$1gn3r
  44. C0d3G!rl
  45. T3@mL3@d
  46. B@k3M0n3
  47. C@r3Ful1
  48. R3@d!ng$
  49. Sw!mT!m3
  50. X5j13$#e

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.