Sukses

Viral Limbah Busa Tutupi Kali di Depok hingga Ketinggian 5 Meter, Jadi Sorotan

Limbah busa di Depok telah muncul sejak Senin (27/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta Permasalahan lingkungan menjadi salah satu topik yang sering kali diangkat oleh masyarakat. Terlebih, pencemaran lingkungan juga bisa mengontaminasi ekosistem yang ada di bumi.

Tak heran, jika gerakan untuk mencegah pencemaran lingkungan selalu digaungkan. Namun, baru-baru ini media sosial tengah dihebohkan dengan munculnya busa yang menutupi Kali Baru, Cimanggis, Depok.

Busa yang cukup tebal dan memiliki ketinggian hampir mencapai 5 meter ini diketahui telah mencemari kali sejak Senin (27/11/2023). Video yang diunggah oleh akun TikTok @infodepok ini juga menjadi sorotan netizen.

Pasalnya, dirangkum Liputan6.com dari akun TikTok @infodepok, Rabu (29/11/2023), tak sedikit netizen yang sempat menduga jika video yang dibagikan merupakan awan tebal. Bahkan, dalam sebuah video terpisah, tampak pula limbah busa tersebut semakin meninggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bak awan tebal

Video yang diunggah oleh akun TikTok @infodepok pada Selasa (28/11/2023) yang memperlihatkan adanya pencemaran lingkungan menjadi sorotan. Pasalnya, dalam video terlihat adanya gumpalan busa tebal yang menutupi Kali Baru yang berada di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

"Ini bukan negeri diatas awan, ini adalah penampakan sebuah yang sungai yang diduga tercemar limbah. Lokasinya berada di Kali Baru, dekat Taman Duta, Gang Musholla Tugu, Cimanggis - Depok pada Senin sore, 27 Nov 2023. Belum diketahui sumber busa tersebut dari mana asalnya." tulis keterangan dalam video.

Dalam video terbaru, diketahui pula jika Pemerintah Kota Depok telah menerjunkan tim khusus untuk menyelidiki penyebab adanya limbah busa di Kali Baru. Video yang juga diunggah oleh warga sekitar memperlihatkan volume busa yang kian bertambah pada malam hari hingga mengkhawatirkan warga sekitar.

3 dari 3 halaman

Respons netizen

Video yang memperlihatkan adanya gumpalan busa tebal yang memenuhi kali di Depok ini tak lepas dari sorotan. Bahkan, tak sedikit netizen yang heran mengenai limbah busa tersebut hingga mempertanyakan pabrik apa yang menyebabkan limbah busa cukup tebal.

"Limbah pabrik apaan mbk?kok kek busa sabun gitu" tulis akun @a.r.sekaiexo9488

"gua kira lagi rekam awan tapi hp nya tebalik" tulis akun @qeju.cair

"Kalo kena api nyala ga ya itu busa?.. khawatirnya kalo itu limbah kimia jd gampang kebakar.." ujar akun @yudhaadhitya.s.

@infodepok

Ini bukan negeri diatas awan, ini adalah penampakan sebuah yang sungai yang diduga tercemar limbah. Lokasinya berada di Kali Baru, dekat Taman Duta, Gang Musholla Tugu, Cimanggis - Depok pada Senin sore, 27 Nov 2023. Belum diketahui sumber busa tersebut dari mana asalnya.

♬ suara asli - Info Depok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.