Sukses

8 Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Secara Alami, Mudah Dilakukan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi tenggorokan kering secara alami sangat penting untuk diketahui semua orang. Tenggorokan kering merupakan kondisi kesehatan yang umum terjadi dan biasanya tidak serius. Meski begitu, tenggorokan kering bisa mengganggu kenyamanan anda ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Tenggorokan kering dapat terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi, terlalu banyak konsumsi makanan berminyak, hingga bisa menjadi sebuah indikasi penyakit. Gejala utama yang sering dirasakan orang saat tenggorokan kering adalah nyeri pada tenggorokan.

Bahkan, tidak sedikit yang merasa untuk kesulitan makan, minum, batuk, hingga sulit berbicara. Jika hal ini tidak segera diatasi, akan menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu. Untuk itu, anda perlu mengetahui cara mengatasi tenggorokan kering.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara mengatasi tenggorokan kering dan penyebabnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (19/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Tenggorokan Kering

1. Dehidrasi

Kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Dehidrasi dapat disebabkan oleh kurangnya asupan cairan atau kehilangan cairan yang berlebihan melalui keringat, diare, atau muntah.

2. Udara Kering

Paparan terus-menerus terhadap udara kering, terutama di lingkungan yang memiliki kelembaban rendah, dapat mengeringkan lendir di tenggorokan dan menyebabkan rasa kering.

3. Gangguan Medis

Beberapa kondisi medis seperti GERD (gastroesophageal reflux disease), diabetes, atau Sjogren's syndrome dapat menyebabkan kekeringan pada tenggorokan.

4. Tidur dengan Mulut Terbuka

Jika seseorang tertidur dengan mulut terbuka, ia mungkin terbangun dengan tenggorokan kering. Hal ini juga terjadi jika seseorang mulai bernapas melalui mulut saat sedang tidur. Saat mulut dibiarkan terbuka, udara mengeringkan air liur yang dihasilkan seseorang untuk menjaga kelembapan mulut. Akibatnya, tenggorokan dan mulutnya mungkin terasa kering saat bangun tidur. Seseorang juga bisa mendengkur dan berakhir dengan bau mulut jika mulutnya tetap terbuka saat tidur.

5. Flu

Tenggorokan yang kering, gatal, atau sakit mungkin merupakan gejala influenza, atau dikenal dengan flu. Flu adalah penyakit pernafasan yang disebabkan oleh virus influenza. Menurut CDC, gejala flu biasanya mulai rata-rata 2 hari setelah seseorang terkena virus flu. Flu lebih serius daripada flu biasa, dan penderita flu mungkin memerlukan istirahat di tempat tidur.

6. Tonsilitis

Tenggorokan kering mungkin merupakan gejala radang amandel. Hal ini adalah peradangan amandel yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus, namun bisa juga disebabkan oleh bakteri. Amandel adalah benjolan berdaging di bagian belakang tenggorokan yang membantu melawan infeksi.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Secara Alami

1. Madu

Cara mengatasi tenggorokan kering secara alami yang pertama adalah mengonsumsi madu. Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk dapat meredakan radang tenggorokan. Sebab, madu punya sifat anti radang dan antibakteri. Di samping itu, madu juga bisa memberikan hidrasi pada tenggorokan. Untuk mengonsumsi madu, Anda dapat mencampurkannya dengan air atau teh hangat, atau lebih memilih untuk langsung mengonsumsinya dengan ukuran satu sendok makan.

2. Teh Hangat

Cara mengatasi tenggorokan kering secara alami yang lainnya adalah teh hangat. Melawan tenggorokan kering dan perih bukan dengan air ding melainkan air hangat, salah satunya adalah teh. Teh mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuh Anda melawan penyakit, seperti pilek dan infeksi virus lainnya. Meningkatnya sistem kekebalan tubuh membantu Anda segera pulih dari sakit tenggorokan. Teh yang dapat digunakan untuk mengatasi tenggorokan kering adalah chamomile dan hijau.

3. Sayuran Hijau

Cara mengatasi tenggorokan kering secara alami yang lainnya adalah sayuran hijau. Sayuran dengan daun berwarna hijau juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi tenggorokan kering. Nutrisi yang ada pada sayuran tersebut dapat membantu mengatasi tenggorokan kering.

4. Pisang

Di antara buah yang bagus untuk mengatasi tenggorokan kering adalah pisang. Teksturnya yang lembut membuatnya mudah ditelan dan melewati tenggorokan dengan mulus. Nutrisi buah pisang tak hanya membantu mengatasi masalah tenggorokan tapi juga membantu pencernaan dan memberikan energi.

5. Bubuk Kunyit 

Cara mengatasi tenggorokan kering secara alami yang lainnya adalah bubuk kunyit. Kunyit terbukti meningkatkan kekebalan dan membuat tubuh terlindungi dari penyakit. Caranya, tambahkan dan campur satu sendok bubuk kunyit dengan satu gelas susu.

6. Lada Hitam

Cara mengatasi tenggorokan kering secara alami yang lainnya adalah lada hitam. Lada hitam mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, dan vtamin K serta mineral penting. Karena memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat, Lada hitam disebut dapat menjaga tenggorokan tetap lembap. Cara mendapatkan manfaatnya yakni kunyah lada hitam utuh kemudian cuci mulut dengan satu sendok teh hangat.

7. Konsumsi Air Mineral

Cara mengatasi tenggorokan kering secara alami yang lainnya adalah dengan mengonsumsi air mineral. Dengan minum banyak air putih bisa mencegah dehidrasi yang juga dapat menyebabkan tenggorokan kering. Oleh karena itu, selalu konsumsi setidaknya 8 gelas air per hari agar tenggorokan tetap lembap.

8. Berkumur dengan Air Garam

Cara mengatasi tenggorokan kering secara alami yang lainnya adalah dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Air garam hangat dapat membantu meredakan iritasi pada tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mencampurkan  setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat kemudian aduh hingga garam dan air hangat tercampur. Setelah itu, konsumsi dengan cara dikumur-kumur sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari sampai rasa kering di tenggorokan mereda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.