Sukses

Guru Asal India Buat Hiasan Deepavali Bertema Bendera Palestina, Bikin Kagum

Guru berkebangsaan India membuat hiasan 'kolam' Deepavali bertema bendera Palestina.

Liputan6.com, Jakarta Akibat serangan Israel yang bertubi-tubi dan tiada henti membuat banyak orang di penjuru dunia memberikan dukungan terhadap warga Gaza, Palestina. Di berbagai negara diadakan Aksi Bela Palestina, di mana para pendukung turun ke jalan untuk menyuarakan rasa solidaritasnya.

Dukungan juga tidak hanya berupa aksi seruan ke jalan dan donasi saja, namun bisa dengan bermacam cara. Seperti membuat sebuah karya seni. Seperti yang terlihat dalam unggahan video viral di laman TikTok bernama @koodugal.

Dilansir Liputan6.com dari Siakap Keli, Senin (13/11/2023), pemilik akun TikTok tersebut merupakan seorang guru. Dalam video berdurasi hampir 1 menit itu, memperlihatkan proses persiapan 'kolam' Deepavali oleh seorang guru asal India. Hasilnya pun berhasil menyita perhatian netizen.

Sang guru terlihat membuat dekorasi Deepavali bertema bendera Palestina. Kolam sendiri merupakan salah satu jenis hiasan yang akan dibuat setiap kali perayaan Deepavali bagi masyarakat India di seluruh dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karya seni yang bikin kagum

Seni ini dilukis dengan menggunakan tepung beras, beras dengan berbagai macam warna dan dihias dengan bunga-bunga indah dan lampu warna-warni. Selain bendera Palestina, guru yang akrab disapa Cikgu Siva itu juga membuat hiasan berbentuk bendera Malaysia.

"Pray For Palestine," tulis pemilik akun dalam keterangan unggahan tersebut.

Pada bagian atas kolam dicat kubah Masjid Al-Aqsa berwarna kuning keemasan yang terletak di bagian atas bendera Palestina, sebelum bendera Malaysia di bagian bawahnya. Pada lukisan hiasan tersebut juga terdapat tulisan "Pray For Palestine" di antara dua buah bendera yang digambar oleh Cikgu Siva.

Sejumlah unggahan yang dibagikan oleh guru berkebangsaan India yang tinggal di Malaysia itu juga menampilkan beragam karya seninya yang menakjubkan. Semua hasil karyanya pun banjir pujian dari warganet.

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video yang telah ditonton hingga 3,3 juta kali itu juga menuai beragam reaksi dan komentar dari para pengguna media sosial. Banyak pujian yang didapat oleh sang guru tersebut, dari mengucap terima kasih hingga memberikan salam Deepavali.

"Terima kasih atas dukungan Cikgu Siva. Ini yang jadi semangat warga Malaysia," tulis warganet yang bangga dengan semangat yang ditunjukkan Cikgu Siva.

"Terima kasih telah menjadi warga Malaysia yang berhati mulia dan manusiawi. Selamat Deepavali," tulis netizen lainnya.

"Terima kasih Guru. Selamat Deepavali. Kita apapun rasnya akan bersatu. Dukung Palestina," tulis netizen lain yang merasa bangga dan memberikan salam Deepavali kepada Guru Siva.

4 dari 4 halaman

Tonton videonya berikut ini:

@koodugal

🇵🇸Pray For Palestine🇵🇸#spreadlove #CikguSiva #artistsoftiktok #huminity #prayforpalestine #freepalestine🇵🇸❤️

♬ suara asli - BERITA VIRAL 💫💫 - BERITA VIRAL 💫💫

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.