Sukses

FPB adalah Faktor Persekutuan Terbesar, Kenali Contoh dan Bedanya dengan KPK

FPB adalah singkatan dari Faktor Persekutuan Terbesar.

Liputan6.com, Jakarta FPB adalah salah satu materi matematika sekolah dasar yang penting kamu pahami. FPB berkaitan dengan faktor, yaitu bilangan-bilangan yang dapat membagi sampai habis suatu bilangan. Contohnya yaitu, bilangan 10 bisa dibagi oleh 1, 2, 5, dan 10. Jadi, 1, 2, 5, dan 10 ini adalah faktor dari 10.

FPB adalah singkatan dari Faktor Persekutuan Terbesar. FPB ini biasanya bersanding dengan KPK, atau Kelipatan Persekutuan Terkecil. KPK berkaitan dengan kelipatan, yaitu mengalikan bilangan dengan setiap bilangan asli secara berurutan.

FPB dan KPK bisa kamu pelajari dengan mudah. Contoh KPK sendiri misalnya bilangan 2 dikalikan dengan bilangan asli secara berurutan, seperti: 2 x 1 = 2, 2 x 2 = 4, 2 x 3 = 6 dan seterusnya. Jadi, bilangan 2, 4, 6, dan seterusnya merupakan kelipatan dari 2.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (5/11/2023) tentang FPB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

FPB adalah

FPB adalah materi dalam pelajaran matematika yang penting kamu pahami. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, FPB adalah singkatan dari Faktor Persekutuan Terbesar. Sebelum mengenali FPB adalah, kamu perlu memahami pengertian dari faktor bilangan terlebih dahulu.

Faktor bilangan adalah semua bilangan yang dapat membagi habis bilangan itu. Sementara faktor persekutuan dari dua atau lebih bilangan adalah faktor dari bilangan-bilangan tersebut yang nilainya sama.

Faktor Persekutuan Terbesar atau FPB adalah faktor terbesar yang sama dari banyaknya bilangan yang dimaksud. Banyaknya bilangan yang dimaksud ini bisa berupa 2 bilangan, 3 bilangan, atau lebih. FPB dari dua bilangan atau lebih merupakan bilangan bulat positif yang terbesar dan bisa membagi kedua bilangan atau lebih tersebut sampai habis.

Contoh soal mencari FPB adalah dari 6 dan 18 berikut:

Kamu akan mencari nilai FPB dari dua bilangan, yaitu 6 dan 18. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mencari faktor atau bilangan yang dapat membagi habis dari masing-masing bilangan tersebut.

6 = 1, 2, 3, 4, 6.

18 = 1, 2, 3, 6, 9, 18.

Setelah itu, diperoleh faktor bilangan terbesar yang sama dari 6 dan 18, yaitu 6. Jadi, FPB dari 6 dan 18 adalah 6. 

3 dari 4 halaman

Mengenal KPK atau Kelipatan Persekutuan Terkecil

Setelah mengenali FPB adalah Faktor Persekutuan Terbesar, kamu juga perlu memahami KPK. Sebelum itu, kamu perlu memahami pengertian dari kelipatan bilangan terlebih dahulu. Kelipatan bilangan adalah hasil perkalian bilangan tersebut dengan bilangan asli.

Kelipatan dari 2 bilangan atau lebih adalah kelipatan dari bilangan-bilangan tersebut yang nilainya sama. Sementara KPK adalah singkatan dari Kelipatan Persekutuan Terkecil, yaitu sebuah bilangan kelipatan terkecil yang banyaknya sama dengan bilangan tertentu.

Kelipatan Persekutuan Terkecil atau KPK adalah bilangan kelipatan terkecil yang sama dari banyaknya bilangan yang dimaksud. Banyaknya bilangan yang dimaksud ini bisa berupa 2 bilangan, 3 bilangan, dan seterusnya.

Contoh soal mencari KPK dari 4 dan 6:

Kamu akan menentukan KPK dari 2 bilangan, yaitu 4 dan 6. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mencari kelipatan dari masing-masing bilangan tersebut.

4 = 4, 8, 12, 16, 24, ...

6 = 6, 12, 18, 24, ...

Setelah itu, diperoleh kelipatan bilangan terkecil yang sama dari 4 dan 6, yaitu 24. Jadi, KPK dari 4 dan 6 adalah 24.

4 dari 4 halaman

Contoh Soal dan Penjelasannya Lengkap

FPB adalah singkatan dari Faktor Persekutuan Terbesar. Kamu bisa memahami contoh soal berikut ini agar lebih mendalami materi FPB ini. Contoh soal di sini yaitu mencari FPB dari 32 dan 48. FPB dari 32 dan 48 tentu tidak bisa ditebak-tebak begitu saja, ada jalan yang perlu dilakukan untuk mencari atau menghitungnya.

Mencari FPB dari 32 dan 48 adalah suatu hal yang tidak begitu sulit. Kamu mungkin akan menemukan soal FPB dari 32 dan 48 pada pembelajaran matematika terkait KPK dan FPB. Mencari FPB dari 32 dan 48 ini merupakan suatu hal yang juga bisa membantu kamu dalam memecahkan soal-soal matematika lainnya.

Cara menghitung atau mencari FPB dari 32 dan 48 adalah sebagai berikut:

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari faktor atau bilangan yang dapat membagi habis dari masing-masing bilangan tersebut.

32: 1, 2, 4, 8, 16, 32.

48: 1, 2, 4, 8, 16, 48.

Setelah itu, kamu memperoleh faktor bilangan terbesar yang sama dari 32 dan 48, yaitu 16. Jadi, FPB dari 32 dan 48 adalah 16. 

Begitulah cara menghitung FPB dari 32 dan 48. Didapatkan hasilnya yaitu 16. Paling penting, kamu memahami apa itu KPK dan FPB, kemudian sering-sering berlatih menjawab soal-soal tentang kedua materi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.