Sukses

Macam-Macam Sendi pada Manusia Beserta Fungsi dan Contohnya

Macam-macam sendi dibedakan dari kemampuan geraknya dan juga sifat geraknya.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam sendi dalam tubuh manusia perlu kamu ketahui. Pasalnya, ada beberapa macam sendi di dalam tubuh yang memiliki fungsi masing-masing. Sendi memiliki fungsi yang penting dalam tubuh dan bentuknya tergantung pada fungsinya ini.

Sendi merupakan bagian tubuh di mana dua atau lebih tulang bertemu untuk memungkinkan gerakan. Ada sendi yang bisa memiliki gerakan yang cukup banyak, tetapi ada pula sendi yang hanya memberikan sedikit pergerakan.

Macam-macam sendi dibedakan dari kemampuan geraknya dan juga sifat geraknya. Mengutip Merdeka, manusia memiliki sekitar 250 sampai 350 sendi di dalam tubuhnya. Jumlah sendi yang dimiliki setiap orang berbeda satu dengan yang lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/10/2023) tentang macam-macam sendi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sendi Mati

Macam-macam sendi yang pertama yaitu sendi mati. Sendi mati yaitu macam-macam sendi yang tidak bisa digerakkan. Ada beberapa sendi yang menghubungkan dua atau lebih tulang yang tidak bisa digerakkan sama sekali. Macam-macam sendi ini tidak bisa digerakkan karena jaringan pengikat yang menghubungkan tulang akan mengeras menjadi tulang.

Mengutip dari situs ThoughtCo., ada setidaknya tiga jenis sendi mati yang ada di tubuh manusia. Jenis-jenis sendi tersebut ialah sutura, syndesmosis, dan gomphosis.

3 dari 5 halaman

2. Sendi Kaku

Macam-macam sendi selanjutnya yaitu sendi kaku. Sendi kaku adalah macam-macam sendi yang bisa digerakkan tetap secara terbatas.. Sendi kaku memungkinkan beberapa gerakan terbatas, tetapi memberikan stabilitas kurang dari sendi mati. Sendi ini secara struktural dapat diklasifikasikan sebagai sendi tulang rawan, karena tulang dihubungkan oleh tulang rawan pada sendi.

Tulang rawan adalah jaringan ikat elastis yang kuat, yang membantu mengurangi gesekan antartulang. Dua jenis tulang rawan dapat ditemukan pada sendi tulang rawan: tulang rawan hialin dan fibrokartilago. Tulang rawan hialin sangat fleksibel dan elastis, sedangkan fibrokartilago lebih kuat dan kurang fleksibel.

Sendi tulang rawan yang dibentuk dengan tulang rawan hialin dapat ditemukan di antara tulang-tulang tertentu di tulang rusuk. Diskus intervertebralis yang terletak di antara vertebra tulang belakang adalah contoh sendi kaku yang terbuat dari fibrokartilago. Fibrokartilago memberikan dukungan untuk tulang dan memungkinkan gerakan terbatas. Ini adalah fungsi penting yang berkaitan dengan tulang belakang karena tulang belakang membantu melindungi sumsum tulang belakang. Simfisis pubis (yang menghubungkan tulang pinggul kanan dan kiri) adalah contoh lain dari sendi tulang rawan yang menyatukan tulang dengan fibrokartilago. Simfisis pubis membantu untuk menopang dan menstabilkan panggul.

4 dari 5 halaman

3. Sendi Gerak

Macam-macam sendi berikutnya adalah sendi gerak. Sendi gerak adalah macam-macam sendi yang dapat digerakkan dengan bebas. Sendi gerak adalah bagian yang menghubungkan dua tulang atau lebih yang memiliki lebih banyak gerakan. Setiap tulang disambung melalui jaringan pengikat atau ligamen yang memungkinkan sambungan ini untuk digerakkan secara lebih leluasa.

Pada sendi ini juga terdapat minyak yang menjadi pelumas untuk membantu pergerakan. Apabila tidak ada minyak ini, maka tulang akan saling bergesekkan ketika digerakkan dan menyebabkan rasa sakit. Sendi gerak sendiri terdiri dari berbagai jenis. Setiap jenis sendi gerak memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Sendi Gerak

Macam-macam sendi gerak adalah sebagai berikut:

a. Sendi Putar (Pivot Joint)

Sendi putar adalah macam-macam sendi yang memungkinkan gerakan berputar pada satu sumbu. Pada sendi ini, salah satu tulang dikelilingi oleh cincin yang dibentuk oleh tulang lainnya. Pada sendi ini, tulang bisa berputar di dalam cincin, selain itu, cincin tersebut juga bisa berputar di sekitar tulang. Sendi putar terdapat pada hubungan antara tulang hasta dan tulang pengumpil, juga pada hubungan antara tulang pemutar dan tulang atlas.

b. Sendi Engsel (Hinge Joint)

Sendi engsel adalah macam-macam sendi yang memungkinkan gerakan menekuk dan meluruskan pada satu bidang tertentu. Sendi ini disebut sendi engsel karena sama seperti engsel pintu, dan hanya bisa digerakkan pada satu arah saja. Contoh dari sendi engsel adalah siku, lutut, pergelangan kaki, dan sendi yang menghubungkan ruas jari tangan dan jari kaki.

c. Sendi Gulung (Condyloid Joints)

Macam-macam sendi gerak yang berikutnya ialah sendi gulung. Sendi ini memungkinkan berbagai jenis pergerakan baik meluruskan, menekuk, dan gerakan-gerakan lainnya kecuali gerakan memutar. Contoh dari sendi gulung ini adalah sendi yang terletak pada pergelangan tangan.

d. Sendi Pelana (Saddle Joints)

Sendi pelana adalah sendi yang sangat fleksibel dan memungkinkan berbagai gerakan seperti gerakan menekuk, meluruskan, ke depan, ke belakang, dan ke samping. Sendi ini dapat ditemukan di dasar ibu jari, yang menghubungkan antara ibu jari dengan telapak tangan.

e. Sendi Geser (Gliding or Plane Joint)

Sendi geser adalah jenis sendi gerak yang hanya bisa membuat gerakan terbatas. Hal ini disebabkan karena ukuran tulang yang bertemu di persendian sama dan bagian tempat tulang-tulang bertemu hampir rata. Sendi ini dapat ditemukan antara tulang pergelangan tangan dan kaki, serta antara tulang selangka dan tulang belikat.

f. Sendi Peluru (Ball and Socket Joint)

Sendi peluru adalah salah satu sendi yang memiliki gerakan yang banyak. Sendi ini bisa melakukan gerakan menekuk, meluruskan, menyamping, dan bahkan memutar. Pada sendi ini, salah satu ujung dari tulang yang bertemu berbentu bulat seperti peluru. Sendi peluru dapat ditemukan di pinggul dan bahu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.