Sukses

'Diburu' Petugas Pajak, Ini 7 Potret Soleh Solihun Jarang Pamer Kemewahan

Soleh Solihun cerita pihak kantor pajak terus menagihnya terkait pajak yang harus dibayarkan atas pendapatan dari YouTube yang telah ia miliki sejak 2018.

Liputan6.com, Jakarta Komika Indonesia, Soleh Solihun tengah menjadi sorotan publik karena unggahan nya di media sosial X (sebelumnya Twitter). Dalam cuitannya pada Jumat (13/10/2023) di akun pribadinya, laki-laki berdarah Sunda ini menceritakan bahwa pihak kantor pajak terus menagihnya terkait pajak yang harus dibayarkan atas pendapatan dari YouTube, yang telah ia miliki sejak 2018. 

"Sudah tiga kali diberi bukti dari halaman revenue akun YouTube saya bahwa saya dapat uang dari YouTube hanya selama dua bulan di tahun 2018," ungkapnya.

Soleh Solihun bahkan memuat tangkapan layar pendapatannya sebagai bukti. Ia juga menjelaskan bahwa akun Adsense-nya sudah di-suspend oleh pihak Google, sehingga ia tidak lagi menerima penghasilan dari platform tersebut. Namun, tampaknya petugas pajak tetap meragukan keabsahan bukti yang diberikan olehnya.

Unggahan Soleh Solihun di media sosial ini mendapatkan perhatian besar dari warganet dan bahkan mendapat tanggapan dari akun resmi Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia (@DitjenPajakRI) yang meminta agar Soleh Solihun mengonfirmasi keluhannya kepada account representative (AR) Kantor Pelayanan Pajak tempatnya terdaftar.

Warganet pun berbondong-bondong menyoroti masalah perpajakan yang dialami Soleh. Pasalnya Soleh Solihun merupakan sosok publik figur yang jarang sekali memamerkan kemewahan. Sehingga kecurigaan petugas pajak dirasa kurang rasional mengingat gaya hidup Soleh yang cukup “sederhana” ini.

Pada Minggu (15/10/2023), Soleh kembali mengonfirmasi bahwa permasalah pajaknya sudah selesai. Ia juga mengoreksi pernyataan sebelumnya bahwa ternyata dirinya baru dua kali memberi bukti dan mengurus pertanyaan soal Adsense YouTube. Pihak manajemen yang menaunginya mengira telah melakukan pengurusan pajak sebanyak tiga kali karena terkait dengan talent lainnya. Berikut potret Soleh Solihun yang jarang tunjukan kemewahan yang Liputan6.com kumpulkan dari akun Instagram pribadinya, Senin (16/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sebelum banyak dikenal sebagai seorang Komika, Soleh Solihun adalah seorang jurnalis yang bekerja untuk majalah Rolling Stone dan PlayBoy. Ia juga pernah menjadi seorang penyiar di salah satu radio di Jakarta.

2. Telah menikah dan dikaruniai 2 orang anak laki-laki, Soleh mulai merambah dunia Stand up Comedi pada tahun 2015.

3 dari 5 halaman

3. Tergabung dalam Manajemen Hahaha Corp, saat ini Soleh kerap mengisi berbagai acara sebagai komika maupun MC.

4. Soleh juga merupakan anggota dari geng motor Prediksi yang terkenal absurd dan sering membuat anggota lain marah karena kerap melontarkan pertanyaan yang menjengkelkan.

4 dari 5 halaman

5. Kacamata, kaos band, jaket denim atau kulit, celana denim, dan sepatu Dr Martens adalah ciri khas dari Soleh.

6. Bagi Soleh mewawancarai orang adalah sebuah hobi, oleh sebab itu ia tetap mengunggah video-video interviewnya di Youtube meskipun tidak mendapatkan adsense.

5 dari 5 halaman

7. Selain dunia jurnalistik, lulusan Universitas Padjajaran ini juga sangat mencintai dunia musik. Didampingi sang Istri, Soleh kerap menghadiri berbagai konser musik dari berbagai genre.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.