Sukses

5 Cara Menjaga Kesehatan Indra Penglihatan yang Ampuh dan Mudah Dilakukan

Cara menjaga kesehatan indra penglihatan bisa dilakukan dengan menghindari aktivitas yang memengaruhi mata.

Liputan6.com, Jakarta Cara menjaga kesehatan indra penglihatan perlu kamu pahami. Mata sebagai indra penglihatan memiliki peran yang sangat penting untuk manusia dalam melihat dunia. Dengan mata yang sehat, kamu dapat melihat dengan jelas setiap harinya.

Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day diperingatih setiap tanggal 12 Oktober tiap tahunnya. Dalam rangka memperingati Hari Penglihatan Sedunia ini, kamu perlu mengetahui cara menjaga kesehatan indra penglihatan.

Cara menjaga kesehatan indra penglihatan bisa dilakukan dengan menghindari aktivitas yang memengaruhi mata. Selain itu, kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat agar mata tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/10/2023) tentang cara menjaga kesehatan indra penglihatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tidak Menatap Layar Terlalu Lama

Cara menjaga kesehatan indra penglihatan yang pertama yaitu menghindari penggunaan gadget terlalu lama. Menatap layar komputer atau ponsel terlalu lama bisa mengakibatkan mata lelah, yang biasanya diikut oleh sakit kepala, mata kering, hingga pandangan kabur. Bila kamu bekerja menggunakan komputer setiap harinya, kamu bisa menggunakan metode mengalihkan pandangan selama 20 detik, setiap 20 menit sekali.

Jadi, setelah 20 menit menatap layar gawai atau gadget secara langsung, palingkan mata selama 20 detik dengan melihat objek sejauh 20 meter Selain itu, kamu juga bisa mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali. Bila mata terasa kering, cara menjaga kesehatan indra penglihatan bisa dengan sering mengedipkan mata atau menggunakan obat tetes mata.

3 dari 6 halaman

2. Hindari Paparan Langsung Sinar Matahari

Menghindari paparan langsung sinar matahari merupakan salah satu cara menjaga kesehatan indra penglihatan. Mata perlu dilindungi dari efek berbahaya sinar ultraviolet. Pasalnya, mata yang terlalu sering terpapar sinar matahari lebih berisiko mengalami penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, bahkan kanker mata.

Oleh karena itu, untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari, kamu bisa menggunakan kacamata saat berada di luar ruangan maupun saat berkendara. Hal ini sekaligus untuk melindungi mata dari kemasukan benda asing. Kamu juga lebih disarankan untuk memakai kacamata hitam yang bisa melindungi mata dari sinar UVA dan UVB atau menggunakan topi bertepi lebar saat beraktivitas di siang hari.

4 dari 6 halaman

3. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Cara menjaga kesehatan indra penglihatan berikutnya adalah mengonsumsi buah dan sayuran, terutama yang bagus untuk mata. Buah dengan kandungan Vitamin A dan Vitamin C seperti tomat dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Buah lain yang memiliki kandungan Vitamin A yaitu pisang. Vitamin A sendiri dikenal dengan manfaatnya menjaga kesehatan mata.

Adapula buah Alpukat yang memiliki kandungan Lutein, yang bermanfaat untuk mencegah degenerasi makula hingga mata katarak. Sementara itu, sayuran yang dapat digunakan sebagai cara menjaga kesehatan indra penglihatan yaitu brokoli dan wortel. Kandungan Zeaxanthin dan Lutein pada brokoli mampu melindungi mata dari sinar UV. Sementara itu, wortel terkenal dengan buah yang kaya akan kandungan Beta Karoten, Vitamin B6 dan C, Kalsium, Kalium, Fosfor dan Serat. Kandungan itu semua akan dirubah oleh tubuh menjadi Vitamin A.

5 dari 6 halaman

4. Melakukan Peregangan Mata

Ketika kamu telah lama berada di hadapan layar, maka perlu melakukan istirahat sejenak pada mata. Mata yang dipaksa bekerja terus menerus akan mengalami ketidaknyamanan. Alangkah baiknya, di setiap 2 atau 3 jam sekali perlu berhenti dan segera melakukan peregangan mata. Peregangan mata bisa jadi cara menjaga kesehatan indra penglihatan yang cukup efektif.

Contoh peregangan atau senam mata yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemijatan pada wajah, memejamkan mata sejenak, menggerakan bola mata atau melirik. Setelah kembali nyaman, maka kamu dapat melanjutkan pekerjaan kembali.

6 dari 6 halaman

5. Periksa Mata Secara Rutin

Cara menjaga kesehatan indra penglihatan yang paling penting yaitu memeriksakan mata secara rutin ke dokter. Menjaga kesehatan mata merupakan hal yang sangat penting untuk semua orang, apalagi para pengguna komputer dan ponsel secara rutin sehari-harinya. Jika kamu sudah mulai merasakan gejala-gejala yang membuat penglihatan terganggu, segera periksakan mata ke dokter agar kamu tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara penanganannya.

Setiap orang, mulai dari anak-anak hingga lansia, dianjurkan untuk memeriksakan mata secara rutin setidaknya 2 tahun sekali. Bahkan, bagi orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 40 tahun disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.