Sukses

Viral Persahabatan 6 Orang Beda Agama Ini Harmonis, Perlihatkan Indahnya Perbedaan

Persahabatan anak muda dari 6 agama berbeda di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia merupakan negara majemuk yang terdiri atas beragam suku, adat, ras, budaya, dan agama. Untuk agama, terdapat enam agama yang diakui di Indonesia yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Berbeda tetapi tetap satu, tak sedikit orang yang sering gaungkan semangat toleransi antarumat, apalagi anak muda. Melalui media sosial, anak muda sering perlihatkan indahnya perbedaan dalam momen kebersamaannya bareng sahabat beda agama.

Biasanya seseorang menunjukkan perbedaan antara dua orang beda agama, namun belum lama ini viral di TikTok anak muda yang bagikan persahabatan enam sahabatnya yang berbeda keyakinan.

Lengkap sesuai dengan enam agama yang diakui di Indonesia, video tersebut curi perhatian netizen. Sang pemilik akun bagikan ceritanya bertemu dengan 5 sahabatnya hingga wisata religi bersama.

Persahabatan viral enam orang beda agama ini dilansir Liputan6.com dari laman TikTok @hijkadek, Kamis (12/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persahabatan 6 Orang Beda Agama

@hijkadek

Kebetulan banget kami ber 6 beda agama, jadi kami semua ikut ibadah ke semua agama, ternyata seru abiezz #bhinekatunggalika Typo: Gereja Bethel Indonesia 🙏🏼 maaf keyboard nya auto type✌🏼

♬ Le Monde - Richard Carter

Dalam video singkat tersebut, sang pemilik akun perlihatkan indahnya perbedaan ketika bersama teman-temannya. Pemilik akun @hijkadek bagikan potret teman-temannya ketika beribadah di tempat ibadah masing-masing.

Wujudkan semangat toleransi antarumat beragama, pemilik akun yang diketahui bernama Kadek dan teman-temannya ini saling mendampingi ketika salah satu temannya pergi beribadah.

Video tersebut dimulai dari momen Laras teman Kadek yang beragama Katolik jalani ibadah di Gereja Katedral, dilanjutkan dengan momen Nana beribadah di Gereja Bethel Indonesia, kemudian momen Ricky dan Pia yang beragama Buddha dan Konghucu beribadah di Dharma Bhakti Temple, setelah itu dilanjutkan momen Erlangga yang beragama Islam shalat di Masjid Istiqlal, dan yang terakhir Kadek bagikan momen saat ia sembahyang di Pura Adhitya Jaya.

Curi perhatian netizen, dalam video lainnya sang pemilik akun menceritakan soal wisata religi bersama teman-temannya ini. Diungkapkan bahwa sejak dulu sang pemilik akun memang penasaran dan ingin berkunjung ke tempat ibadah enam agama di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Berawal dari Keinginan Kecil, Kini Wisata Religi Terwujud

Dalam video lainnya, Kadek ceritakan awal pertemuannya dengan lima sahabatnya hingga akhirnya tercetus rencana untuk melakukan wisata religi kunjungi tempat ibadah masing-masing dalam satu hari.

“Sebuah anganku dari kecil untuk bisa berkunjung ke semua tempat ibadah setiap agama di Indonesia, akhirnya terwujud! Selamat membaca perjalanan wisata religi part 1 kami di Daerah Jakarta. Semoga bisa menginspirasi teman-teman ya!,” tulis sang pemilik akun.

Dalam kompilasi foto yang diunggahnya, sang pemilik akun ceritakan dengan detail tentang keinginan, persahabatan, dan rasa bahagianya akhirnya bisa melihat tempat ibadah sahabatnya dari dekat.

4 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video yang diunggah pada 10 Oktober 2023 ini sudah ditonton lebih dari 4 juta kali. Sementara video keduanya ditonton lebih 93 ribu kali. Banyak yang salut dengan pertemannya, ada sekitar 3 ribu komentar yang dibubuhkan.

“Ahhh seru bgtt, semoga bisa temenan sampe kakek nenek yaa kalian!💖,” tulis netizen yang mendoakan persahabatan Kadek dan teman-temannya langgeng.

“Toleransinya kuat banget❤️,” tambah netizen yang salut dengan toleransi anak mud aini.

“Kerennn, seandainya semua manusia yg berada di Indonesia bisa seperti ini,” timpal netizen berandai jika semua orang bisa saling menghargai perbedaan.

“Jujur pengen temenan sama yg beda agama, kenapa? toleransinya justru lebih besar dr pd yg se agama, apalagi kalau kita ibadah tp temen engga,” imbuh netizen lainnya.

“Dari dulu pemgen banget punya temen deket yang beda agama, biar merasakan adanya tolernsi agama,” kata netizen yang juga ingin punya teman beda agama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.