Sukses

5 Klarifikasi Uki Soal Pengakuan Andika Dikeluarkan dari Peterpan, Ariel Ikut Komentar

Klarifikasi Uki soal pengakuan Andika dikeluarkan dari Peterpan, Ariel ikut beri komentar.

Liputan6.com, Jakarta Hadir sebagai bintang tamu di kanal YouTube Ferdy Element, Andika Naliputra Wirahardja, atau yang lebih dikenal sebagai Andika eks Peterpan, mengungkapkan sebuah pengakuan yang cukup mencengangkan. Andika secara terang-terangan mengatakan bahwa ia dan Indra dikeluarkan dari Peterpan.

Awalnya, Andika berbagi kisah bagaimana ia membangun kariernya, termasuk juga membentuk band Peterpan yang beranggotakan dirinya, Ariel, Lukman, Reza, Uki dan Reza. Namun, saat Peterpan sedang naik daun, perpecahan terjadi.

Perpecahan itu lah yang menjadi cikal bakal dirinya dan Indra membentuk The Titans, dan Peterpan berubah menjadi NOAH. Andika juga mengakui jika situasi di Peterpan pada saat itu memang sudah tidak semenyenangkan dulu.

Mengetahui pengakuan dari Andika, tak lama setelah itu, Uki mantan gitaris band NOAH pun ikut membeberkan klarifikasinya. Melalui kolom komentar unggahan Instagram @andika.naliputra, Uki dengan tegas mengatakan bahwa klaim Andika yang merasa dirinya dan Indra dikeluarkan dari Peterpan secara sepihak oleh Ariel adalah hal yang salah.

Simak selengkapnya tanggapan dari Uki dan Ariel soal pengakuan Andika dikeluarkan dari Peterpan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Minggu (8/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pengakuan Andika di kanal YouTube Ferdy Element

 Awalnya Ferdy Element bertanya kepada Andika apakah dulu tiba-tiba Peterpan harus ganti nama, atau Andika yang terlebih dulu keluar. Lalu dijawab oleh Andika bahwa sebenarnya dia dulu yang dikeluarkan. Andika sendiri mengatakan bahwa saat itu ia tidak bisa mencerna apa yang menjadi masalah.

Namun, dari penjelasan yang ia dapat, diketahui bahwa alasannya adalah karena sudah tidak lagi satu visi dan misi. Terlebih, Andika sendiri mengakui bahwa situasi di Peterpan saat itu memang sudah tidak semenyenangkan dulu.

"Itu yang gue bingung sebenernya. Iya, Karena di Peterpan itu leadernya aku. Yang pertama kali ngomong, manajer kita yang dulu, Joy. Tapi kayaknya disuruh anak-anak, dan anak-anak pembicaraannya Ariel," jawabnya lagi.

"Aku juga nggak ngerti kenapa. Tapi kalau boleh bilang belak-belakan, memang saat itu Peterpan sudah tidak lagi fun seperti Peterpan yang dulu. Sebelum aku dikeluarkan pun, suasananya sudah kayak perusahaan," kata Andika lagi.

Pada akhirnya di sebuah pertemuan yang dihadiri semua personel Peterpan kecuali Indra, keputusan besar itu dibuat. Saat itu suasananya sudah tidak menyenangkan. Andika menduga bahwa mereka sudah melakukan pertemuan sebelum dirinya datang.

"Gue bilang, kalian mau ngelarin gue dari band? Gue langsung bilang begitu, gue tembak. Karena satu-satunya logika yang gue lihat, arahnya kayaknya akan ke sana. Akhirnya Ariel ikutan ngomong. Ariel bilang, ya kita udah gak satu visi misi lagi, kayaknya kita udah nggak sejalan," sambung Andika.

3 dari 6 halaman

2. Uki beri klarifikasi

Uki Kautsar, salah satu eks Peterpan langsung memberikan klarifikasi melalui kolom komentar di unggahan Instagram Andika. Uki Kautsar menjelaskan bahwa sebenarnya niat awal untuk keluar dari Peterpan datang dari dirinya sendiri, Ariel, Lukman, dan Reza.

Uki menjelaskan lebih lanjut bahwa alasan utama untuk mengundurkan diri adalah ketidakcocokan dalam hal kerjasama musikal dan bukan lah masalah pertemanan, melainkan murni terkait pekerjaan di dalam band.

"Waktu masuk album hari yang cerah, saya, pribadi, udah ngerasa ga cocok secara kerjasama dalam musik, saya rasa kontribusi dalam mengaransemen musiknya ga enak, tidak ada hubungannya dengan pertemanan ya, murni kerja," jelas Uki lagi.

Rupanya, Ariel juga merasa hal yang sama. Mereka akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari band Peterpan. Namun, sebelum mereka benar-benar keluar, Uki dan Ariel berbicara dengan Lukman dan Reza yang mana keduanya setuju untuk bergabung dalam keputusan tersebut.

Mereka kemudian melepaskan nama Peterpan kepada Andika dan Indra agar mereka bisa melanjutkan dengan nama tersebut. Namun, Andika dan Indra menolak untuk menggunakan nama Peterpan dan memilih untuk mengganti nama band mereka.

"Saya bilang ke Ariel kalo saya sih uda ga bisa ma Andika, jadi mending saya cabut, Ariel ngerasa hal yang sama ternyata, ga bisa juga sama indra, jadi kita mo cabut, sebelum niat cabut.. nanya ke lukman dan reza, mereka ikut kita," beber Uki lagi.

"Nah pas kita cabut, kita serahkan nama peterpan buat Andika & Indra supaya mereka terusin Peterpannya, kita ga mau ribut masalah nama, mereka ga mau, malah di kasih balik ke kita. Jadi uda stop ngeklaim di keluarin," tambahnya.

 

4 dari 6 halaman

3. 'Leader' dalam band

Selain itu, Uki juga pasang badan, jika ada sosok yang harus disalahkan dalam keputusan ini, bukan Ariel orangnya melainkan Uki sendiri.

"Saya, ariel, lukman, reza yang mengeluarkan diri tapi kita di bebani nama peterpan yang Andika & Indra ga mau pake. Ariel dulu speak up buat kita berempat, karena mungkin andika ngerasa "leadernya" peterpan, jadi stop salahin Ariel, kalo mau kesel kenapa kita pisah, keselnya sama saya aja, karena itu ide awal saya," tutup Uki Kautsar.

Sebelumnya, di kanal YouTube Ferdy Element, Andika mengungkapkan jika di antara para personel sudah memiliki kesepakatan bahwa Peterpan adalah milik mereka berenam. Maka jika ada personel yang keluar, Peterpan tidak lagi boleh digunakan. 

"Aku bilang, ya dari awal aku sebagai leader dan yang lain juga menyetujui, kita selalu bilang kalau Peterpan itu berenam. Aku tidak pernah mengklaim Peterpan itu milik aku, aku bilang. Tapi kita mengklaim bareng-bareng kalau sudah tidak berenam, ini sudah bukan Peterpan lagi," ungkap Andika.

5 dari 6 halaman

4. Ariel ikut beri komentar

Mengetahui namanya ikut di tag dalam komentar Uki, Ariel pun akhirnya ikut menanggapi klaim Andika mengenai konflik band Peterpan di masa lalu.

"Aya aya wae maneh gong, nantilah kita beresin, gw mau manggung dulu @circusconcerto , sory numpang promo," tulis Ariel, vokalis NOAH.

6 dari 6 halaman

5. Andika beri jawaban klarifikasi Uki

Menanggapi klarifikasi dari Uki dan Ariel, Andika lalu membalas komentar tersebut. Ia bilang bahwa bab masa lalu itu sudah ditutup. Ada yang mengajaknya ngobrol dan bertanya tentang masa lalu jadi ia jawab dengan versinya, apa yang dia rasakan.

"Udah ditutup kok bab masa lalu. Cuma dulu bingung aja, tiba2 disuruh pilih mendadak antara gw berdua sama indra yang terusin Peterpan atau lo berempat. Gw gak nyalahin siapa2, apa yang gue rasain itu ya gue sampein," tulisnya.

"Ya sudah namanya juga udah berlalu. Ada yg ngajak ngobrol nanya, ya gw cuma jawab doang flashback dari versi gw. Gw yg rasain. Ga bolehkah? Mohon pencerahannya," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.