Sukses

Apa Itu IPTEK? Pahami Definisi, Manfaat, dan Dampaknya dalam Kehidupan

Liputan6.com, Jakarta Apa itu IPTEK merupakan pertanyaan yang sering kali diajukan ketika seseorang belum mengetahui pengertian dari IPTEK. Kata IPTEK sendiri adalah kependekan kata dari ilmu pengetahuan dan teknologi

Apa itu IPTEK adalah bidang yang sangat penting dalam perkembangan masyarakat modern. Ilmu pengetahuan dan teknologi berperan dalam inovasi, pertumbuhan ekonomi, pemecahan masalah, dan peningkatan kualitas hidup.

IPTEK sendiri sangat berperan penting dalam berbagai sektor, termasuk kedokteran, komunikasi, transportasi, energi, lingkungan, dan banyak lagi. Seiring perkembangan zaman, apa itu IPTEK terus berkembang dan memberikan manfaat serta dampak signifikan pada dunia.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai apa itu IPTEK beserta manfaat dan dampaknya dalam kehidupan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Itu IPTEK

Apa itu IPTEK merupakan akronim dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian ilmu pengetahuan adalah gabungan berbagai pengetahuan yang disusun secara logis dan bersistem dengan memperhitungkan sebab dan akibat.

Ilmu pengetahuan ini merujuk kepada pengetahuan yang diperoleh melalui metode ilmiah, observasi, penelitian, dan eksperimen. Ilmu pengetahuan melibatkan pemahaman tentang dunia fisik dan alam, serta prinsip-prinsip yang mengatur fenomena alam. Hal ini mencakup berbagai disiplin ilmu seperti fisika, kimia, biologi, matematika, astronomi, dan banyak lagi.

Sedangkan teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Teknologi ini merujuk kepada penerapan ilmu pengetahuan untuk menciptakan alat, mesin, perangkat, sistem, dan proses yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi mencakup pengembangan, desain, dan implementasi produk atau solusi yang dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, atau kualitas kehidupan manusia.

Sehingga jika digabungkan apa itu IPTEK adalah ilmu yang mempelajari tentang perkembangan teknologi berdasarkan ilmu pengetahuan yang disusun secara logis dan bersistem dengan memperhitungkan sebab dan akibat. Dalam perkembangan global, ilmu pengetahuan dan teknologi berjalan beriringan membentuk sebuah kemajuan.

3 dari 5 halaman

Pengertian IPTEK Menurut Para Ahli

Setelah memahami apa itu IPTEK secara umum, berikut ada beberapa pendapat mengenai pengertian IPTEK menurut para ahli adalah:

1. Merriam Webster

IPTEK adalah sebuah aplikasi atau implementasi ilmu pengetahuan praktis. Aplikasi praktis kadang-kadang diarahkan juga untuk ruang lingkup tertentu.

2. Manuel Castells

Dalam bukunya yang berjudul Globalisation and Identity (2004) oleh Manuel Castells, menjelaskan bahwa IPTEK adalah kumpulan alat, aturan dan prosedur adalah penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat memungkinkan pengulangan.

3. Miarso 

Dalam bukunya yang berjudul Menyemai Benih Teknologi Pendidikan (2007) karya Yusufhadi Miarso, menjelaskan bahwa IPTEK atau teknologi adalah suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan ini bisa menggunakan atau menghasilkan produk tertentu. Produk yang tak terpisah dari produk lain yang sudah ada. Hal itu juga menyatakan bahwa teknologi merupakan bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu.

4 dari 5 halaman

Manfaat IPTEK

IPTEK memberikan berbagai manfaat penting bagi masyarakat dan perkembangan dunia modern. Berikut ini ada beberapa manfaat IPTEK, adalah:

  1. Untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan berbagai masalah kompleks dalam berbagai bidang, termasuk kedokteran, lingkungan, ekonomi, dan lainnya.
  2. Sebagai mesin penggerak inovasi. IPTEK memungkinkan penciptaan produk, layanan, dan proses baru yang dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kenyamanan manusia.
  3. Dapat meningkatkan kualitas hidup manusia. Hal ini mencakup perkembangan dalam bidang kesehatan, seperti obat-obatan dan perawatan medis canggih, serta teknologi yang membuat hidup lebih nyaman, seperti komunikasi berbasis internet, transportasi yang lebih efisien, dan perangkat rumah pintar.
  4. Mampu mengembangkan perangkat medis, vaksin, dan metode pengobatan yang lebih efektif.
  5. Sektor IPTEK memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi. Inovasi teknologi membuka peluang baru untuk bisnis dan menciptakan lapangan kerja.
  6. Untuk mengembangkan teknologi yang lebih ramah lingkungan, seperti energi terbarukan dan teknik pengolahan limbah yang lebih baik, yang membantu menjaga ekosistem dan mengurangi dampak negatif pada lingkungan.
  7. Iptek dapat mendukung pendidikan dan penelitian. Hal ini memungkinkan penemuan pengetahuan baru dan memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih efektif melalui sumber daya seperti perangkat lunak pembelajaran, literatur ilmiah, dan sumber daya online.
  8. IPTEK juga dapat meningkatkan kemajuan dalam teknologi informasi dan komunikasi, memungkinkan komunikasi global yang cepat dan efisien, memfasilitasi pertukaran informasi dan ide antar negara dan budaya.
  9. IPTEK juga berperan dalam pertahanan dan keamanan nasional, melalui pengembangan teknologi militer yang canggih.
5 dari 5 halaman

Dampak Negatif dan Positif IPTEK dalam Kehidupan

Meskipun memberikan banyak manfaat, IPTEK juga berdampak besar bagi kehidupan kita di dunia. Dampak tersebut bisa positif maupun negatif, berikut ini penjelasannya.

1. Dampak Negatif

  1. Menyebabkan kecanduan teknologi.
  2. Memungkinkan peserta didik untuk mencontek melalui gawainya.
  3. Semakin maraknya pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual.
  4. Memungkinkan terjadinya pencurian serta penyalahgunaan info sensitif dan data pribadi.
  5. Meningkatnya perkara penipuan online.
  6. Dapat merusak moral, dimana Internet dapat menjadi media IPTEK yang turut mempengaruhi moral dari seseorang. Seperti misalnya pada konten yang berbau negatif dan yang lain sebagainya.
  7. Perkembangan IPTEK yang kian pesat dan banyak dimanfaatkan. Namun disamping itu banyak sekali polusi pencemaran yang dihasilkan dari perkembangan IPTEK itu sendiri.
  8. Dapat membuat orang menjadi semakin malas, karena IPTEK juga memiliki tujuan untuk mempermudah serta memanjakan manusia. Jadi manusia akan semakin malas sebab telah ada teknologi yang dapat menggantikan dirinya bekerja. Bahkan, bisa memudahkan seseorang terkena penyakit.

2. Dampak Positif

  1. Dapat meringankan berbagai masalah yang tengah dihadapi oleh manusia.
  2. Dapat membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan cepat.
  3. Dapat mengurangi pemakaian pada bahan-bahan alami yang semakin kesini semakin langka.
  4. IPTEK juga akan membawa manusia ke arah yang lebih maju dan modern.
  5. Sektor iptek menyumbang secara signifikan pada pertumbuhan ekonomi dengan menciptakan peluang kerja, meningkatkan produktivitas, dan mendorong investasi dalam riset dan pengembangan.
  6. Iptek telah mengubah cara kita belajar dengan menyediakan akses ke sumber daya pendidikan online, perangkat lunak pembelajaran, dan teknologi pembelajaran yang canggih.
  7. Iptek memungkinkan pengembangan infrastruktur dan akses ke layanan dasar di daerah terpencil dan pedesaan.
  8. Pengembangan teknologi militer canggih melalui iptek dapat meningkatkan keamanan nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.