Sukses

Bacaan Wirid Tasbih Tahmid Takbir Sholawat Istigfar Setelah Sholat

Bacaan wirid tasbih tahmid takbir sholawat istigfar wajib dihafalkan setiap muslim.

Liputan6.com, Jakarta Bacaan wirid tasbih tahmid takbir sholawat istigfar biasanya dilafalkan setelah sholat. Wirid adalah salah satu amalan yang bisa dilaksanakan setelah sholat. Bacaan wirid ini terdiri dari istighfar, tasbih, tahmid, takbir, tahlil, dan bacaan doa setelah sholat. 

Jadi, wirid adalah bacaan zikir yang diucapkan setelah salat. Melaksanakan wirid dapat menyempurnakan ibadah sholat seorang muslim.  Jadi, kamu tentunya akan sangat merugi bila tidak melaksanakan wirid atau berzikir setelah sholat.

Bacaan wirid tasbih tahmid takbir sholawat istigfar wajib dihafalkan setiap muslim. Apalagi, kamu tentunya sudah sering mendengarnya setiap hari dan sudah sepatutnya menerapkannya setiap selesai sholat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/9/2023) tentang bacaan wirid tasbih tahmid takbir sholawat istigfar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bacaan Wirid Tasbih Tahmid Takbir Sholawat Istigfar

Bacaan wirid tasbih tahmid takbir sholawat istigfar biasanya dilafalkan setelah sholat.  Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan bacaan wirid tasbih tahmid takbir sholawat istigfar tersebut. Bahkan, kamu harusnya selalu malafalkan bacaan wirid tasbih tahmid takbir sholawat istigfar ini 5 kali dalam sehari pada sholat fardhu.

Bacaan wirid tasbih tahmid takbir biasanya dibacakan sebanyak 33x masing-masingnya ditambah dengan 1 x tahlil. Bacaan wirid tasbih tahmid takbir sholawat istigfar yaitu sebagai berikut:

Bacaan Tasbih

Bacaan tasbih tulisan Arab:

سُبْحَانَ الله

Bacaan tasbih Latin:

Subhanallah

Arti bacaan tasbih:

“Maha suci Allah”

 

Bacaan Tahmid

Bacaan tahmib tulisan Arab:

الْحَمْدُ للهِ

Bacaan tahmid Latin:

Alhamdulillah

Arti bacaan tahmid:

“Segala puji bagi Allah”

 

Bacaan Takbir

Bacaan takbir tulisan Arab:

اللَّهُ أَكْبَرُ

Bacaan takbir Latin:

Allahuakbar

Arti bacaan takbir:

“Allah Maha Besar”

 

Bacaan Tahlil dan Doa Memohon Ampunan Allah

Bacaan wirid tasbih tahmid takbir sholawat istigfar biasanya juga dilengkapi dengan tahlil.

“Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa 'alaa kulli syai'innqodiir.”

Artinya:

“Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (HR. Bukhari, Muslim).

3 dari 5 halaman

Bacaan Sholawat

Bacaan wirid tasbih tahmid takbir sholawat istigfar perlu kamu hafalkan dan terapkan setiap harinya. Dalam riwayat Bukhari, terdapat lafal sholawat sebagai berikut:

“Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama barokta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid.”

Artinya: “Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberi shalawat kepada Ibrahim dan kerabatnya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Muhammad dan kerabatnya karena engkau memberi keberkahan kepada Ibrahim dan kerabatnya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”.

 

Bacaan Istighfar 3 Kali

Bacaan wirid tasbih tahmid takbir sholawat istigfar yang dibacakan setelah sholat biasanya diawali oleh kalimat istighfar 3 kali dan dilanjutkan dengan membaca doa.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

"Astaghfirullah hal’adzim, alladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih."

Artinya:

"Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Besar, tidak ada tuhan melainkan Dia, yang Maha Hidup yang terus-menerus mengurus makhluk-Nya, dan saya bertobat kepada-Nya."

4 dari 5 halaman

Bacaan Wirid Setelah Sholat Lainnya

Selain bacaan wirid tasbih tahmid takbir sholawat istigfar, kamu juga perlu mengenali doa-doa setelah sholat fardhu lainnya, yaitu sebagai berikut:

1. Doa Setelah Sholat Fardu

Doa setelah sholat fardu sebagai bacaan wirid adalah sebagai berikut:

لَااِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْر

"Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai’innqodiir."

Artinya:

"Tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan. Bagi-Nya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

2. Doa Mohon Perlindungan dari Siksa Api Neraka

Doa mohon perlindungan dari siksa api neraka sebagai bacaan wirid adalah sebagai berikut:

للَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

"Allahumma ajirni minan-naar."

Artinya:

"Ya Allah lindungilah aku dari api neraka"

3. Doa Mohon Keselamatan

Doa mohon keselamatan sebagai bacaan wirid adalah sebagai berikut:

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

"Allahumma antassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya’uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata’alayta yaa dzaljalaali wal ikraam."

Artinya:

"Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelekan-kejelekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan-kerusakan) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Baik"

 

 

5 dari 5 halaman

4. Doa Agar Ibadah Diterima Allah SWT

Doa agar ibadah diterima Allah SWT sebagai bacaan wirid adalah sebagai berikut:

“Allahumma rabbana taqabbal minna shalatana wa shiyamana wa ruku’ana wa sujudana wa qu’udana wa tadharru’ana wa takhasysyu’ana wa ta’abbudana wa tammim taqshirana ya Allah ya rabbal alamin.”

Artinya:

“Ya Allah, terimalah shalat kami, puasa kami, rukuk kami, sujud kami, duduk rabah kami, kerendahdirian kami, kekhusyukan kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama kami menunaikan shala Ya Allah, Tuhan seru sekalian alam.”

5. Doa Memohon Keselamatan

Doa memohon keselamatan sebagai bacaan wirid adalah sebagai berikut:

“Allahumma inna nasaluka salamatan fid-din wa ‘afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-“ilmi wa barakatan fir-rizqi wa taubatan qablal-mautwa rahmatan ‘indal-mautwa maghfiratamba’dal-maut allahumma hawwin ‘alaina fi sakaratil-maut, wan najata minan-nar wal-afwa ‘indalkhisab.”

Artinya:

“Ya Allah, ya Tuhan kami, kami mohon keselamatan agam, kesehatan jasmani, bertambahnya ilmu, dan berkah rezeki, dapat bertobat sebelum mati, mendapatkan rahmat ketika mati, dan memperoleh ampunan setelah mati. Ya Allah, ya Tuhan kami, mudahkanlah kami saat mengalami sakaratul maut. Ya Allah, bebaskanlah kami dari azab neraka, serta memperoleh ampunan ketika dihisab.”

6. Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Doa selamat dunia dan akhirat sebagai bacaan wirid adalah sebagai berikut:

“Rabbanaa Taqabbal Minnaa Innaka Antas Samii’ul ‘Aliim, Wa Tub ‘Alainaa Innaka Antat Ta Wwa Abur Rahiim.”

“Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

 

“Rabbanaa Aatinaa Fiddunnyaa Hasanah, Wa Fil Aakhirati Hasanah, Waqinaa ‘Adzaa Ban Naar.”

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

 

“Washallallaahu ‘Alaa Sayyidinaa Muhamma-Din Wa’alaa Aalihiwa Shahbihiiwa Sallam, Wal Hamdu Lillaahirabbil ‘Aalamiin.”

“Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.