Sukses

Teknik Dasar untuk Memulai Permainan Bola Voli Adalah Servis, Ketahui Jenis-Jenisnya

Teknik servis merupakan pukulan bola ke area lapangan lawan yang dilakukan pada awal permainan.

Liputan6.com, Jakarta Teknik dasar untuk memulai permainan bola voli adalah penting diketahui oleh para pemula maupun atlet. Teknik dasar ini perlu diperhatikan sebab perannya sangat penting bagi pertandingan bola voli.

Teknik dasar untuk memulai permainan bola voli adalah servis. Teknik tersebut merupakan pukulan bola ke area lapangan lawan yang dilakukan pada awal permainan. Selain sebagai permulaan dalam permainan bola voli, servis juga menjadi serangan untuk menghentikan dan membuka pertahanan lawan.

Teknik dasar untuk memulai permainan bola voli adalah servis. Teknik ini biasanya dilakukan dengan pukulan yang keras dan berkecepatan tinggi. Hal ini bertujuan untuk mencetak skor atau setidaknya menyulitkan lawan menerima bola. Dalam pelaksanaannya, teknik dasar untuk memulai permainan bola voli adalah servis ini memiliki beberapa jenis.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai teknik dasar untuk memulai permainan bola voli yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (21/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teknik Dasar untuk Memulai Permainan Bola Voli Adalah

Seperti yang telah dijelaskan di atas, teknik dasar untuk memulai permainan bola voli adalah servis. Servis merupakan pukulan bola ke area lapangan lawan yang dilakukan pada awal permainan. Teknik ini biasanya dilakukan dengan pukulan yang keras dan berkecepatan tinggi. Hal ini bertujuan untuk mencetak skor atau setidaknya menyulitkan lawan menerima bola. 

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian servis adalah pukulan permulaan untuk memainkan bola (dalam permainan bola voli, tenis, tenis meja, bulu tangkis). Dalam permainan bola voli, servis adalah pukulan bola yang dilakukan dari belakang garis akhir lapangan permainan sampai melewati net menuju ke daerah lawan. 

Servis adalah tindakan memukul bola oleh seorang pemain belakang yang dilakukan dari daerah servis, langsung ke lapangan lawan. Servis merupakan tindakan untuk melakukan bola ke dalam permainan, keberhasilan suatu servis tergantung pada kecepatan bola, ketepatan memukul bola, jalan dan perputaran bola, serta penempatan bola ketempat kosong kepada pemain ke garis belakang dan arah bola ke lapangan lawan.

Servis adalah satu-satunya teknik yang digunakan untuk memulai pertandingan, pada sutau pertandingan pemain hanya akan mendapatkan angka bila pemain memegang servis. Ada beberapa servis dalam permainan bola voli, antara lain servis atas, bawah, samping, mengapung, dan meloncat.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Teknik Servis

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa servis dalam permainan bola voli, antara lain servis atas, bawah, samping, mengapung, dan meloncat. Berikut ini penjelasannya:

1. Teknik Servis Atas

Teknik servis atas atau The Overhand Serve menjadi salah satu teknik yang paling mudah dilakukan dalam permainan bola voli. Dalam pelaksanaannya, teknik servis atas hanya perlu melambungkan ‘bola’ ke atas lalu ditepuk menggunakan telapak tangan ke arah lawan. Saat melakukan servis atas, satu tangan akan memegang bola dan meleparkannya ke atas, kemudian tangan satunya lagi akan memukul bola dengan cara menyankan tangan dari atas ke depan, sampai bola terlempar ke arah lawan. Berikut tata cara melakukan teknik servis atas dalam bola voli:

  1. Pegang bola dengan tangan kiri
  2. Lambungkan bola hingga ke atas kepala
  3. Pukul bola menggunakan telapak tangan dengan keras agar mampu melewati jaring

2. Teknik Servis Bawah

Teknik servis bawah atau The Underhand Serve menjadi teknik servis yang mudah untuk dilakukan. Biasanya teknik servis bawah selalu menjadi teknik pertama yang diajarkan kepada para pemula. Pasalnya, dalam teknik servis bawah, bola tidak perlu dilempar ke atas. Cukup dengan mengayunkan tangan yang dikepal guna melakukan teknik servis tersebut. Saat melakukan servis bawah bola voli, tangan yang bertugas untuk memukul bola harus siap dan memiliki tenaga yang kuat. Berikut cara melakukan teknik servis bawah dalam bola voli:

  1. Kaki kiri ke depan.
  2. Kaki kanan di belakang.
  3. Badan serong ke kanan.
  4. Tangan kiri di depan memegang bola.
  5. Tangan kanan diayun ke belakang dan bola dilambungkan kemudian dipukul.  

3. Teknik Servis Samping

Awalan teknik servis samping ini berbeda dengan teknik servis bawah dan atas. Ketika melakukan teknik servis samping, tubuh harus menghadap ke arah kanan terlebih dahulu. Servis ini memiliki keuntungan yakni lebih sulit untuk diprediksi arah bola dan membingungkan lawan, sehingga bisa memberikan keuntungan dalam permainan.  Berikut cara melakukan teknik servis samping dalam bola voli:

  1. Posisikan tubuh dengan berdiri menghadap tribun penonton di sebelah kanan
  2. Langkahkan kaki kiri ke depan
  3. Pegang bola dengan tangan kiri dan fokuskan perhatian ke arah bola
  4. Condongkan badan sedikit ke bawah dan lempar bola ke arah atas
  5. Kepal dan ayunkan tangan sebelah kanan hingga membentuk gerakan setengah melingkar guna memukul bola yang berada di udara
  6. Kembalikan posisi tubuh mengarah ke depan

4. Teknik Servis Mengapung

Teknik servis mengapung atau float service bisa dibilang mirip dengan teknik servis atas. Sebab, bola sama-sama dilambungkan ke atas. Bedanya, teknik servis ini mengharuskan bola yang ditepuk mengapung lebih lama di atas lapangan. Sehingga membingungkan lawan yang menerima bola lemparan. Berikut cara melakukan teknik servis mengapung dalam bola voli, yakni:

  1. Posisikan tubuh dengan sikap sempurna
  2. Pegang bola dengan tangan kiri atau gunakan kedua tangan
  3. Lambungkan bola ke atas secara konstan, jangan sampai memutar
  4. Pukul bola pada bagian tengah belakang agar mampu mengapung lebih lama diatas lapangan

5. Teknik Servis Meloncat

Teknik servis loncat atau jumping service menjadi teknik andalan dalam permainan bola voli. Teknik ini kerap digunakan karena sering memperoleh skor. Teknik servis loncat bisa dibilang teknik yang cukup sulit dikuasai, karena membutuhkan perhitungan yang tepat antara waktu melompat dan memukul bola. Berikut cara melakukan teknik servis loncat, yakni:

  1. Posisikan tubuh berada lebih jauh dari pinggir lapangan
  2. Pegang bola menggunakan kedua tangan
  3. Lempar bola ke atas hingga mencapai ketinggian 3 meter
  4. Jika posisi bola sudah berada dalam jangkauan, condongkan badan ke bawahguna mencari kuda-kuda untuk melompat
  5. Tekuk lutut dan pukul bola menggunakan telapak tangan dengan keras
  6. Usahakan bola menukik tajam ke area permainan lawan agar sulit dikembalikan
4 dari 4 halaman

Bentuk Permainan Bola Voli

Bentuk permainan bola voli ditentukan oleh pihak yang melakukan servis dan pihak yang menerima servis. Baik yang melakukan servis maupun yang menerima servis berkesempatan untuk memperoleh nilai.

Permainan yang gagal dalam penerima servis akan memberikan angka kemenangan kepada pihak lawan. Dapat dikatakan bahwa servis merupakan kesempatan pertama untuk menyerang atau melakuan serangan ke pihak lawan. Untuk melakukan servis harus diperhatikan 2 kondisi berikut ini:

  1. Kondisi lebar daerah penerima servis, pemain garis depan berdiri dalam garis khayal dari pemukul servis ke penjuru belakang kedua sisinya.
  2. Kondisi posisi penerima servis, kondisi ini ditentukan oleh jenis servis yang dilakukan oleh pihak lawan. Jenis servis sendiri terdiri dari servis atas, bawah, samping, mengapung, dan meloncat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.