Sukses

Viral Pasien RS Lomba Makan Kerupuk Sambil Berbaring, Tuai Pro Kontra Netizen

Beredar video viral menampilkan beberapa pasien rumah sakit yang ikut lomba makan kerupuk sambil berbaring di ranjang.

Liputan6.com, Jakarta Kemeriahan HUT ke-78 RI disemarakkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Mereka menggelar berbagai lomba 17-an untuk menyambut hari kemerdekaan. Salah satunya dilakukan oleh beberapa pasien di sebuah rumah sakit. Saking tidak biasanya, video itu pun ramai di media sosial.

Diunggah oleh laman Instagram @halewwww pada Kamis (17/8), video tersebut memperlihatkan pasien rumah sakit yang sedang mengikuti lomba makan kerupuk sambil berbaring di ranjang. Dalam rangka memperingati hari kemerdekan, pasien tampak antusias mengikuti lomba makan kerupuk tersebut.

Tampak sejumlah pasien yang sedang terbaring di ranjang rumah sakit dengan sigap berjuang melahap kerupuk yang dipegangi oleh perawat maupun keluarga. Mereka terlihat membawa kayu kecil dan tali untuk mengikat kerupuknya.

Diketahui, pasien tersebut merupakan pasien Hemodialisis (HD), suatu jenis terapi di mana darah diambil dari tubuh dan disaring melalui mesin karena ginjal mereka sudah tidak berfungsi dengan baik. Video yang kini viral itu pun menuai beragam komentar, antara lain pro dan kontra dari netizen.

"Lomba makan kerupuk pasien HD," tulis pemilik akun dalam video, dikutip Liputan6.com dari laman Instagram @halewwww, Jumat (18/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lomba makan kerupuk sambil menjalani proses cuci darah

Dalam video yang berdurasi hampir 2 menit tersebut, terlihat pasien yang sedang berbaring di ranjang rumah sakit dengan penuh semangat berusaha untuk memenangkan kompetisi dengan melahap sedikit demi sedikit kerupuk yang dipegang oleh perawat atau anggota keluarga.

Perawat dan anggota keluarga yang yang memegang kayu itu kemudian mengarahkan kerupuk ke mulut pasien. Menurut keterangan pada unggahan, sejumlah pasien HD yang terbaring itu mengikuti lomba makan kerupuk sambil menjalani proses cuci darah.

Terlihat beberapa jarum menempel di tangan para pasien. Jarum itu terhubung dengan selang yang berfungsi membawa darah kotor ke mesin penyaring yang ada di dekat tempat tidur di mana mereka berbaring. Selesai lomba, pemenang juara satu sampai tiga diberi hadiah berupa bingkisan yang dibungkus kertas sampul.

Mereka menerima hadiah sambil duduk dan berjabat tangan dengan pegawai rumah sakit. Tidak lupa, para pemenang juga tersenyum saat sesi foto. Terdengar pula banyak orang-orang yang mendukung para pasien saat lomba hingga pemberian hadiah.

3 dari 3 halaman

Komentar warganet

Video viral yang memperlihatkan sejumlah pasien HD yang semangat mengikuti lomba makan kerupuk itu menuai beragam komentar dari warganet. Ada yang pro dengan memuji kreativitas pihak rumah sakit, namun ada juga yang kontra dengan aksi lomba 17-an yang diikuti oleh para pasien tersebut.

"Ada bae gebrakannya di hari kemerdekaan," tulis salah satu warganet yang pro.

"Yang kalah bayar biaya RS," salah satu komentar candaan dari warganet.

"NGENE IKI KIRO-KIRO IDENE SOPO," tulis warganet lain.

"Pasien HD kan minumnya dibatasin. Kalo seret kek manalah," tulis salah satu warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.