Sukses

7 Cara Menjaga Kesehatan dari Polusi Udara, Pakai Masker Hingga Konsumsi Buah dan Sayur

Cara menjaga kesehatan dari polusi udara perlu dipahami setiap orang.

Liputan6.com, Jakarta Cara menjaga kesehatan dari polusi udara perlu dipahami setiap orang. Pasalnya, polusi udara menjadi salah satu masalah yang kerap terjadi di kota-kota besar sekarang ini, terutama di Jakarta. Bahkan, polusi yang terjadi di Jakarta sudah pada tingkat sangat mengkhawatirkan

Polusi udara adalah suatu kondisi di mana udara tercemar oleh zat-zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan. Menurut World Health Organization (WHO), polusi udara memiliki dampak serius terhadap kesehatan manusia.

Paparan jangka panjang terhadap polusi udara dapat menyebabkan berbagai penyakit pernapasan seperti asma, bronkitis, dan bahkan kanker paru-paru. Polusi udara juga dapat memperburuk kondisi kesehatan yang sudah ada, seperti penyakit jantung dan gangguan pernapasan kronis. Bahkan, polusi udara juga dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan.

Oleh karena itu, kamu perlu mengenali cara menjaga kesehatan dari polusi udara, terutama untuk melindungi paru-paru atau saluran pernapasan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/8/2023) tentang cara menjaga kesehatan dari polusi udara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gunakan Masker Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Cara menjaga kesehatan dari polusi udara yang pertama yaitu menggunakan masker. Memakai masker merupakan salah satu cara pencegahan mudah yang bisa kamu lakukan selama polusi udara masih terjadi. Terlebih untuk kamu yang menggunakan kendaraan bermotor atau berjalan kaki.

Penggunaan masker cukup efektif untuk menghalau polusi karena dapat menyaring bakteri dan virus di udara agar tidak langsung masuk ke mulut atau hidung. Adapun jenis maker yang dianjurkan adalah masker sekali pakai dan tidak dipakai berulang. Pilih masker yang health graded, masker kesehatan bukan masker untuk naik motor biasanya.

2. Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan

Selagi status udara masih dalam kondisi yang mengkhawatirkan, sebisa mungkin hindari beraktivitas di luar ruangan terlalu lama. Khususunya di tempat-tempat yang dekat dengan jalan raya yang penuh dengan kendaraan bermotor atau area pabrik.

Selain itu, pastikan kamu tidak ke luar ruangan ketika polusi dalam tingkat tertinggi mulai dari siang hingga sore hari. Pasalnya, tingkat polusi tertinggi biasanya terjadi di siang hingga sore hari. Jadi, cara menjaga kesehatan dari polusi udara selanjutnya adalah dengan mengurangi aktivitas di luar ruangan.

3 dari 4 halaman

3. Bersihkan AC Sesering Mungkin

Cara menjaga kesehatan dari polusi udara berikutnya yaitu membersihkan AC sesering mungkin. Apabila kamu menggunakan pendingin ruangan atau AC baik di rumah atau kantor, maka di kondisi udara yang penuh polusi kamu perlu melakukan proses pembersihan lebih maksimal lagi.

Pasalnya, kuman di dalam pendingin ruangan seperti AC yang sudah lama tidak dibersihkan justru lebih berbahaya daripada polutan yang ada di luar ruangan. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pembersihan secara rutin. Kalau biasanya hanya tiga bulan sekali, maka sekarang kamu bisa meningkatkannya menjadi sebulan sekali.

4. Meletakkan Tanaman di Dalam Ruangan

Tidak hanya dijadikan sebagai penghias ruangan, tanaman yang diletakkan di dalam ruangan juga memiliki manfaat untuk menyerap karbon dioksida yang berbahaya bagi paru-paru. Di sini tanaman akan bekerja menyerap karbondioksida dan ditukar menjadi oksigen.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu untuk memperbanyak tanaman yang diletakkan di dalam ruangan baik di kantor atau rumah agar sirkulasi udara menjadi baik. Cara menjaga kesehatan dari polusi udara ini bisa dilakukan dengan tanaman pemurni udara seperti aloe vera, palem kuning, hingga Hedera.

4 dari 4 halaman

5. Konsumsi Makan yang Mengandung Antioksidan (Buah dan Sayur)

Selain melindungi dari luar, kamu juga perlu melindungi tubuh dari dalam yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan demi meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya saja meningkatkan jumlah konsumsi buah dan sayur. Cara menjaga kesehatan dari polusi udara ini sangat penting untuk tubuh.

Buah dan sayur mengandung vitamin C, A, E yang efektif untuk menangkal radikal bebas. Sumber vitamin A bisa kamu dapatkan dari brokoli, wortel, bayam, sawi hijau, paprika, dan lain sebagainya. Vitamin C bisa kamu dapatkan dari apel, papaya, stroberi, kembang kol, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk memenuhi asupan vitamin E bisa kamu dapatkan dalam buah alpukat, brokoli, lobak hijau, dan lain sebagainya.

6. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga penting sebagai cara menjaga kesehatan dari polusi udara. Kamu harus memastikan diri untuk minum banyak air agar saluran pernapasan tetap sehat. Hal ini juga berguna untuk meningkatkan antibodi dalam membersihkan polutan. Mengonsumsi cairan yang cukup dapat mencegah terjadinya radang dan menyegarkan tubuh pada saat polusi udara.

7. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Cara menjaga kesehatan dari polusi udara yang paling penting tentunya adalah menerapkan gaya hidup sehat. Kamu perlu mempertahankan sistem kekebalan tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat, di antaranya dengan makan makanan bergizi seimbang (terutama mengkonsumsi makanan yang kaya bahan antioksidan alami, seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan), berolahraga secara teratur, dan menghindari kebiasaan merokok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.