Sukses

Rangkaian Gerakan Lompat Jauh Adalah Awalan, Tolakan, Melayang, dan Mendarat

Rangkaian gerakan lompat jauh adalah suatu hal yang penting dipahami ketika akan praktik.

Liputan6.com, Jakarta Rangkaian gerakan lompat jauh adalah suatu hal yang penting dipahami ketika akan praktik. Pasalnya, rangkaian gerakan dalam lompat jauh ini perlu kamu kuasai terlebih dahulu agar bisa mencapai hasil yang maksimal dan terhindar dari cedera.

Lompat jauh termasuk cabang olahraga atletik yang populer dan sering dilombakan dalam kompetisi kelas dunia, termasuk Olimpiade. Dalam melakukan lompat jauh, para atlet mengkombinasikan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan untuk melemparkan dirinya dari papan tolakan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat jauh adalah melompat ke depan dengan bertolak pada satu kaki untuk mencapai suatu kejauhan yang dapat dijangkau. Jarak loncatan diukur mulai dari titik tumpuan loncatan sampai dengan jejak pertama di kotak pasir sesudah melompat.

Rangkaian gerakan lompat jauh adalah mulai dari awalan, tolakan, melayang di udara, dan mendarat. Teknik lompat jauh sangat penting kamu pahami sebelum mempraktikkannya. Berikut Liputan6.com rangkum dari Bola.com, Kamis (10/8/2023) tentang rangkaian gerakan lompat jauh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Awalan atau Ancang-Ancang

Rangkaian gerakan lompat jauh adalah dimulai dari awalan. Awalan atau ancang-ancang pada lompat jauh dilakukan untuk mendapatkan kecepatan sekencang-kencangnya sebelum mencapai balok tolakan. Adapun panjang lintasan untuk melaksanakan awalan lompat jauh adalah tidak kurang dari 45 meter.

Jarak awalan yang biasanya digunakan oleh para atlet lompat jauh adalah untuk atlet putri antara 30-45 meter, dan atlet putra antara 40-50 meter. Sementara itu, untuk pelaksanaan pengajaran di sekolah dasar disesuaikan dengan kemampuan anak-anak usia sekolah dasar, misalkan untuk putri jarak awalan 15-20 meter dan untuk putra jarak awalan 15-25 meter.

Untuk memperoleh hasil lompatan yang maksimal, setiap melakukan awalan harus selalu bertumpu pada balok. Tumpuan yang tidak tepat pada balok lompat akan merugikan. Ketepatan tumpuan ini dapat dicapai dengan perencanaan jumlah langkah awalan yang tetap, selanjutnya digunakan tanda-tanda (check marks) untuk mengatur ketepatan langkah.

Rangkaian gerakan lompat jauh adalah hal yang sangat penting diperhatikan, terutama pada awalan ini. Cara melakukan awalan atau ancang-ancang sebagai berikut:

  1. Lari ancang-ancang tergantung pada kemampuan masing-masing.
  2. Tambah kecepatan lari ancang-ancang sedikit demi sedikit sebelum bertumpu/bertolak. Kecepatan ancang-ancang dipertahankan tetap maksimum sampai mencapai papan tolakan.
  3. Pinggang turun sedikit pada satu langkah akhir ancang-ancang.
3 dari 5 halaman

2. Tolakan

Kedua, rangkaian gerakan lompat jauh adalah tolakan. Tolakan adalah perubahan dan perpindahan gerak dari gerakan horizontal ke gerakan vertikal yang dilakukan secara cepat. Di mana sebelumnya atlet lompat jauh sudah mempersiapkan diri untuk melakukan tolakan sekuat-kuatnya pada langkah terakhir. Dengan begitu, seluruh tubuh akan terangkat ke atas dan melambung di udara.

Hal tersebut dapat dikatakan bahwa melakukan tolakan adalah mengubah kecepatan horizontal ke vertikal. Kaki ayun digerakkan secara aktif untuk membantu menambah ketinggian, pandangan mata ke depan. Rangkaian gerakan lompat jauh adalah hal yang penting diperhatikan pada gerakan tolakan ini. Cara melakukan tumpuan atau tolakan yaitu sebagai berikut:

  1. Ayunkan paha kaki bebas cepat keposisi horizontal dan pertahankan.
  2. Luruskan sendi mata kaki, lutut dan pingang pada waktu melakukan tolakan.
  3. Bertolak ke depan dan ke atas.
4 dari 5 halaman

3. Melayang di Udara

Selanjutnya, rangkaian gerakan lompat jauh adalah melayang di udara. Sangat penting meluruskan kaki tumpu secepat-cepatnya untuk memperoleh ketinggian sehingga dapat melayang lebih tinggi. Pada waktu naik, badan harus ditahan dalam keadaan rileks kemudian melakukan gerakan sikap tubuh untuk menjaga keseimbangan yang memungkinkan pendaratan yang lebih sempurna.

Gerakan sikap tubuh inilah yang disebut sebagai gaya dalam lompat jauh. Jadi, rangkaian gerakan lompat jauh adalah suatu hal yang penting diperhatikan. Melayang di udara dapat dilakukan dengan beberapa cara, ada tiga cara yang lazim digunakan:

  1. Sikap tengadah/bergantung atau the hang style.
  2. Sikap mengambang/jongkok atau float sit down.
  3. Sikap berjalan di udara atau stride in the air.
5 dari 5 halaman

4. Mendarat

Terakhir, rangkaian gerakan lompat jauh adalah mendarat. Posisi badan saat mendarat dalam lompat jauh yang benar adalah condong ke depan. Selain itu, pada waktu akan mendarat, kedua kaki dibawa ke depan lurus dengan jalan mengangkat paha ke atas, badan dibungkukkan ke depan, kedua tangan ke depan, kemudian mendarat pada kedua tumit terlebih dahulu, dan mengeper dengan lutut dibengkok.

Hal tersebut supaya badan tidak terlalu jauh ke belakang, selanjutnya, kepala ditundukkan dan kedua tangan lurus ke depan. Posisi badan saat mendarat dalam lompat jauh yang benar adalah menarik tubuh ke depan bawah. Berikut cara mendarat dalam lompat jauh:

  1. Tarik lengan dan tubuh ke depan bawah. Tarik kaki mendekat badan.
  2. Luruskan kaki dan tekuk lagi sedikit sesaat sebelum menyentuh tanah.
  3. Bila kedua kaki telah mendarat di pasir, duduklah atas kedua kaki.
  4. Kedua kaki bergerak seperti bersepeda sedangkan lengan berfungsi sebagai pengimbang saat lari di udara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.