Sukses

Awalan Lompat Jauh Bertujuan Mendapatkan Momentum, Ketahui Tekniknya

Proses lompat jauh dimulai dari posisi awalan lompat jauh bertujuan untuk mendapatkan momentum di belakang garis start.

Liputan6.com, Jakarta Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik yang menguji kecepatan, kekuatan, dan teknik atlet dalam lompat sejauh mungkin dari titik awal lompatan. Awalan lompat jauh bertujuan untuk mendapatkan momentum dan kecepatan. Lompat jauh diawali dengan berlari dengan kecepatan tinggi selama beberapa langkah dan kemudian melompat dengan satu kaki ke depan, memperpanjang tubuh dan mencoba mendarat sejauh mungkin dari titik lompatan.

Proses lompat jauh dimulai dari posisi awalan lompat jauh bertujuan untuk mendapatkan momentum di belakang garis start. Atlet akan berlari sejauh mungkin dalam jarak yang ditentukan sebelum melakukan lompatan. Selama proses berlari, atlet akan mencoba memperoleh momentum secepat mungkin, sehingga saat melompat ia dapat melompat sejauh mungkin. Setelah mencapai jarak yang diinginkan, atlet akan melakukan lompatan, dengan satu kaki ke depan untuk mendorong diri ke udara.

Saat berada di  udara, atlet akan mencoba memperpanjang tubuhnya dengan mengangkat kaki ke atas dan menjulurkan tangan ke depan untuk memperpanjang jarak lompatan. Kemudian, saat mendarat, atlet akan mencoba untuk mendarat dengan lembut di area pasir yang disiapkan untuk mengurangi dampak pada tubuhnya. Lompat jauh adalah cabang olahraga yang membutuhkan teknik, kecepatan, kekuatan, dan keseimbangan yang baik. Atlet yang menguasai teknik lompat jauh dapat melompat sejauh mungkin dan mencapai performa terbaiknya. Berikut ulasan tentang awalan lompat jauh bertujuan untuk mendapatkan momentum yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (14/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awalan Lompat Jauh Bertujuan untuk Mendapatkan Momentum

Awalan lompat jauh bertujuan untuk memberikan momentum dan kecepatan kepada atlet saat melompat. Dengan menggunakan awalan yang tepat, atlet dapat memperpanjang jarak lompatan dan mencapai performa terbaiknya. 

Awalan lompat jauh biasanya terdiri dari beberapa tahapan, di mana atlet akan berlari beberapa langkah untuk memperoleh momentum, kemudian melakukan beberapa langkah khusus sebelum melompat. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan momentum yang telah diperoleh sebelum melompat, sehingga atlet dapat melompat lebih jauh. Selain itu, awalan lompat jauh bertujuan untuk membantu atlet memperoleh keseimbangan dan kontrol yang tepat saat melompat, serta mengurangi risiko cedera yang dapat terjadi saat lompat jauh. Dengan menggunakan teknik awalan yang baik, atlet dapat melompat dengan lebih efisien dan mengoptimalkan potensi lompatan mereka.

3 dari 4 halaman

Teknik Awalan Lompat Jauh

 

Dilansir dari laman repositori.kemdikbud.go.id, awalan atau ancang-ancang (approach-run) adalah gerakan permulaan dalam bentuk lari untuk mendapatkan kecepatan pada waktu akan melakukan tolakan (lompatan). Kecepatan yang diperoleh dari hasil awalan itu disebut dengan kecepatan horizontal berguna untuk membantu kekuatan pada waktu melakukan tolakan ke atas-depan.

Awalan lompat jauh bertujuan untuk mendapatkan kecepatan yang setinggi-tingginya sebelum mencapai balok tolakan. Panjang awalan untuk melaksanakan awalan lompat jauh tidak kurang dari 45 meter. Untuk memperoleh hasil lompatan yang maksimal, setiap melakukan awalan harus selalu dapat bertumpu pada balok. Cara melakukan awalan lompat jauh adalah sebagai berikut.

  1. Lari ancang-ancang antara 10 sampai 20 langkah.
  2. Tambah kecepatan lari ancang-ancang sedikit demi sedikit sebelum bertolak atau bertumpu. Kecepatan ancang-ancang dipertahankan tetap maksimal sampai mencapai papan bertolak.
  3. Pinggang turun sedikit pada satu langkah akhir ancang-ancang.
4 dari 4 halaman

Teknik Tolakan

 

Tolakan atau take-off  adalah perubahan atau perpindahan gerakan dari gerakan horizontal ke gerakan vertikal yang dilakukan secara cepat. Sebelumnya, altlet sudah mempersiapkan diri untuk melakukan gerakan sekuat-kuatnya pada langkah yang terakhir,sehingga seluruh tubuh terangkat ke atas melayang di udara. 

Pada waktu akan melakukan tolakan, badan agak dicondongkan ke belakang, kaki yang akan digunakan untuk menolak lurus, sedangkan kaki ayun agak dibengkokkan. Berat badan berada pada kaki belakang, kedua tangan atau lengan ke belakang, dan kepala agak ditengadahkan (dagu agak diangkat), pandangan ke depan. Cara melakukan tolakanlompat jauh adalah sebagai berikut.

  1. Ayunkan paha kaki-bebas cepat ke posisi horizontal dan dipertahankan.
  2. Luruskan sendi mata kaki, lutut dan pinggang pada waktu melakukan tolakan.
  3. Bertolaklah ke depan dan ke atas (sudut tolakan 45°).

Teknik Melayang di Udara

Sikap badan melayang di udara yaitu sikap setelah kaki tolak menolakkan kaki pada balok tumpuan, badan akan dapat terangkat melayang di udara, bersamaan dengan ayunan kedua lengan ke depan atas. Tinggi dan jatuhnya hasil lompatan sangat tergantung dari besarnya kekuatan kaki tolak, dan pelompat harus meluruskan kaki tumpu selurus-lurusnya dan secepat-cepatnya.

Saat kaki tolak, menolakkan kaki pada pangkal titik berat badan ke atas, kemudian diikuti kaki tolak menyusul kaki ayun. Saat melayang kedua kaki sedikit ditekuk, sehingga posisi badan berada dalam sikap jongkok. Kemudian saat akan mendarat kedua kaki diacungkanke depan, yaitu bersamaan dengan kedua lengan diluruskan ke depan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.