Sukses

7 Manfaat Mind Mapping untuk Belajar, Begini Cara Membuatnya

Mind mapping memiliki berbagai manfaat untuk belajar, salah satunya adalah memudahkan pemahaman dan ingatan.

Liputan6.com, Jakarta Mind mapping merupakan istilah yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Biasanya mind mapping ini digunakan dalam dunia kerja dan pendidikan. Mind mapping yang digunakan dalam dunia kerja umumnya untuk keperluan meeting dan sesi brainstorming.

Sementara itu, mind mapping yang digunakan dalam dunia pendidikan umumnya untuk menjabarkan materi atau informasi terkait materi pembelajaran di sekolah. Biasanya mind mapping melibatkan gambar-gambar yang terpola untuk menampilkan visual yang rapi dan terstruktur.

Mind mapping memiliki berbagai manfaat untuk belajar, salah satunya adalah memudahkan pemahaman dan ingatan. Konsep mind mapping ini akan membuat siswa menjadi lebih paham tentang materi yang sedang dipelajari.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat mind mapping untuk belajar dan cara membuatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (31/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Memudahkan Pemahaman dan Ingatan

Manfaat mind mapping untuk belajar yang pertama adalah dapat memudahkan pemahaman dan ingatan siswa. Hal ini karena mind mapping dibuat dengan menampilkan visual yang rapi dan terstruktur. Sehingga dengan model peta pemikiran seperti itu, maka siswa akan mudah mengingatnya dan bisa memahami materi dengan lebih mudah.

2. Memudahkan Hafalan Materi

Manfaat mind mapping untuk belajar yang berikutnya adalah memudahkan hafalan materi. Hal ini karena mind mapping sangat efektif untuk meningkatkan daya ingat terlebih dengan konsep dan ide visual yang menarik. Tentunya bermanfaat bagi anda yang senang dengan metode belajar hafalan. Untuk membuat mind mapping menarik, anda bisa menambahkan beragam warna.

3. Bantu Mempelajari Konsep Baru

Manfaat mind mapping untuk belajar yang berikutnya adalah membantu mempelajari konsep baru. Dengan membuat mind mapping dalam pembelajaran, anda menjadi lebih mudah mengelompokkan konsep-konsep baru. Bahkan dengan membuat mind mapping anda juga bisa mengolah pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah ada. Hal ini bisa membuat anda memahami bagaimana perkembangan ilmu bekerja dan manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari.

4. Belajar Menjadi Menyenangkan

Manfaat mind mapping untuk belajar yang berikutnya adalah dapat membuat belajar anda menjadi lebih menyenangkan. Dengan membuat mind mapping dalam pembelajaran, metode belajar anda menjadi berubah, diantaranya menghasilkan ide, menyusunnya di halaman, menambahkan warna dan gambar, mengulas dan menautkan konsep. Pembelajaran seperti ini jauh lebih menarik daripada hanya menulis kata-kata dan mendengarkan materi pembelajaran.

3 dari 5 halaman

5. Mengorganisir Ide-Ide Kompleks

Manfaat mind mapping untuk belajar yang berikutnya adalah dapat mengorganisir ide-ide kompleks. Dengan membuat mind mapping dalam pembelajaran dapat membantu mengeluarkan ide-ide kompleks. Mind mapping dapat membantu siswa merencanakan esai dan proyek mereka secara lebih efektif, meningkatkan kualitas, struktur, dan koherensi karya tulisnya.

6. Meningkatkan Kreativitas

Manfaat mind mapping untuk belajar yang berikutnya adalah dapat meningkatkan kreativitas siswa. Hal ini karena saat membuat mind mapping, siswa dituntut untuk memberikan ide-ide dan konsep baru. Lebih lanjut, metode ini akan meningkatkan kreativitas pikiran . Di mana hubungan antara ide-ide dan materi dapat memunculkan banyak pernyataan baru, contoh-contoh baru, dan lain sebagainya.

7. Meningkatkan produktivitas

Mind mapping dapat membantu menemukan solusi yang lebih baik dan lebih kreatif, membantu menyimpan informasi penting dengan lebih mudah, dan berkolaborasi dengan lebih baik. Berkat manfaat tersebut, mind mapping juga bisa membuatmu lebih produktif.

8. Mempermudah Presentasi dan Komunikasi

Manfaat mind mapping untuk belajar yang berikutnya adalah mempermudah presentasi dan komunikasi. Dengan mind mapping, siswa akan lebih mudah menjelaskan informasi yang telah diorganisir menjadi ide-ide baru.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Mind Mapping yang Menarik

Berikut ini beberapa cara membuat mind mapping yang menarik dan unik, diantaranya adalah:

  1. Mulailah dengan menyiapkan alat tulis. Berupa bolpoin, spidol, hingga pensil warna untuk menulis.
  2. Siapkan kertas polos untuk medianya. Guna memudahkan prosesnya, siapkan juga penggaris.
  3. Setelah semua peralatannya sudah lengkap. Mulailah untuk menemukan konsep utama dari materi atau informasi yang akan dijabarkan dalam mind mapping.
  4. Kemudian, tambahkan cabang dari konsep utama. Cabang-cabang tersebut nantinya bisa diisi dengan berbagai informasi tambahan.
  5. Lalu, tentukan topik utama atau judul. Kemudian, lanjutkan cara membuat mind mapping manual dengan menuliskan sub topik atau sub judul. Dari sini anda bisa mulai berpikir kreatif dengan menambahkan pertanyaan baru, contoh baru, dan lain sebagainya.
  6. Bagian penulisan sub topik, gunakan kata yang singkat padat dan jelas, jangan terlalu panjang. Usahakan pula kata yang mewakili ini unik, sehingga mudah diingat.
  7. Buat lagi turunan dari sub topik agar memahami mind mapping lebih mudah dilakukan.
  8. Memberikan warna atau gambar unik untuk mengorganisir setiap cabang dari konsep utama.
5 dari 5 halaman

Cara Membuat Mind Mapping di Canva

Selain dibuat manual, anda juga bisa membuat mind mapping di Canva. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Mulai buka dokumen, masuk ke akun Canva atau daftar gratis menggunakan profil Facebook atau Google.
  2. Pilih templat untuk mulailah kreasi dengan templat peta pikiran yang dirancang secara profesional.  Kemudian pilih kembali filter untuk warna, bahasa, tema, atau gaya untuk mendapatkan hasil yang lebih tepat.
  3. Tambahkan lebih banyak fitur dan elemen, mulai dari bentuk, garis, kotak teks, ikon, dan grafik lainnya untuk memetakan pemikiran.
  4. Kemudian, gunakan palet warna Canva untuk memberi kode warna pada desain dan menjaga semuanya tetap hidup.
  5. Jika ingin memberikan presentasi, dapat menggunakan alat Animate untuk memilih bagaimana setiap fitur menampilkan dirinya sendiri.
  6. Sesuaikan desain, atur ulang tata letak atau dapatkan inspirasi dari template yang berbeda untuk menyesuaikan yang telah dipilih, menambahkan kombinasi bentuk yang berbeda atau menggunakan skema warna yang berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.