Sukses

7 Keutamaan Surat Yusuf yang Jarang Diketahui, Wajah Berseri hingga Bisa Enteng Jodoh

Keutamaan surat Yusuf sendiri ada banyak, mulai dari membuat wajah anda berseri hingga bisa cepat mendapatkan jodoh.

Liputan6.com, Jakarta Surat Yusuf merupakan surah ke 12 dalam Al-Qur’an. Surat ini terdiri atas 111 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyah karena diturunkan di kota Mekkah. Dengan membaca surat Yusuf secara rutin, maka umat Muslim akan mendapatkan keutamaannya.

Keutamaan surat Yusuf sendiri ada banyak, mulai dari membuat wajah anda berseri hingga bisa cepat mendapatkan jodoh. Namun anda perlu mengamalkan surat Yusuf setelah sholat dengan kesungguhan hati.

Penamaan surat Yusuf sendiri karena isi kandungan mengenai riwayat Nabi Yusuf. Riwayat tersebut menjelaskan secara utuh dan menyeluruh kisah Nabi Yusuf, perjalanannya dan nasib ayah serta saudara-saudaranya.

Pada surat Yusuf ini dijelaskan secara runtut tentang kisah Nabi Yusuf. Selain itu juga menceriatakan bagaimana sosok Yusuf berserah diri, sehingga menjadi tokoh yang sangat dihormati di negara tempat ia tinggal, dan bahkan pernah dijual sebagai budak.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai keutamaan surat Yusuf dan isi kandungannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mendapatkan anak yang rupawan

Keutamaan membaca Surat Yusuf yang pertama adalah akan mendapatkan anak yang rupawan apabila surat ini dibaca untuk ibu hamil atau pria yang istrinya sedang hamil. Meskipun tidak dijelaskan secara ilmiah, namun dengan membaca surat Yusuf secara rutin setelah shalat maka janin yang ada di kandungan ibu akan memiliki tampang yang rupawan.

Dikutip dari buku Selalu Ada Keajaiban oleh Hannah Dewu Latifah, jika janin yang ada di kandungan berjenis laki-laki lalu dibacakan surat Yusuf setiap hari, maka hal tersebut bisa menyugesti atau memberikan rangsangan positif kepada anak. Dengan begitu, membaca surat Yusuf setiap hari sebagai bentuk ikhtiar dan sugesti.

2. Dibangkitkan pada hari kiamat dengan keindahan wajah yang rupawan

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam tafsir Ats-Tsaqalayn, Imam Ja'far Ash-Shadiq berkata:

“Barangsiapa yang membaca surat Yusuf tiap-tiap hari serta tiap-tiap malam, ia dapat dibangkitkan pada hari kiamat keindahan berwajah layaknya keindahan Yusuf, tidak ditimpa azab besar pada hari kiamat, serta ia terhitung ke dalam hamba-hamba Allah yang saleh serta pilihan.” (Tafsir Ats-Tsaqalayn 2 : 408 )

Berdasarkan sabda Rasulullah tersebut,  jelas dikatakan bahwa umat muslim yang membaca surat Yusuf setiap hari dan malam, maka ia akan dibangkitkan dengan keindahan wajah rupawan layaknya Nabi Yusuf pada hari kiamat nanti.

3. Diberikan kemudahan menghadapi sakaratul maut

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam tafsir Majmu'ul Bayan, Rasulullah SAW juga bersabda:

“Ajarkan surat Yusuf pada budak-budakmu, dikarenakan seorang muslim yang membaca serta mengajarkannya pada keluarga serta budaknya, Allah dapat berikan kemudahan waktu sakaratul mautnya serta memberinya kemampuan supaya sebagai seorang muslim tidak dihasut.” (Tafsir Majmu’ul Bayan )

Berdasarkan sabda tersebut, ada kalimat yang menerangkan bahwa seorang muslim yang membaca serta mengajarkan surat Yusuf kepada keluarganya maupun orang lain, maka Allah SWT akan senantiasa memberikan kemudahan ketika sakaratul maut.

3 dari 4 halaman

4. Berperilaku shalih layaknya Nabi Yusuf

Keutamaan membaca surat Yusuf adalah berperilaku shalih layaknya Nabi Yusuf. Dalam buku yang berjudul Selalu Ada Keajaiban oleh Hannah Dewu Latifah, menjelaskan bahwa orang yang rajin membaca surat Yusuf hatinya akan terasa tenang. Untuk itu, anda perlu mengamalkan surat Yusuf setiap hari.

5. Terhindar dari azab di hari kiamat

Keutamaan yang selanjutnya adalah akan terhindar dari azab di hari kiamat nanti. Hal ini juga dijelaskan dalam Ats-Tsaqalayn Imam Ja'far Ash-Shadiq berkata:

"Barangsiapa yang membaca surat Yusuf tiap-tiap hari serta tiap-tiap malam, ia dapat dibangkitkan pada hari kiamat keindahan berwajah layaknya keindahan Yusuf, tidak ditimpa azab besar pada hari kiamat, serta ia terhitung ke dalam hamba-hamba Allah yang saleh serta pilihan." (Tafsir Ats-Tsaqalayn 2 : 408).

Dalam tafsir tersebut dijelaskan bahwa kelak ketika hari kiamat bagi orang yang membaca surat Yusuf maka akan dihindarkan dari azab Allah SWT.

6. Mendapatkan wajah berseri

Keutamaan yang berikutnya adalah wajah akan berseri apabila rutin membaca surat Yusuf ayat 4. Anda bisa mengamalkannya setelah sholat fardhu setiap hari, maka wajah anda akan berseri dan disenangi banyak orang.

7. Bisa enteng jodoh

Selain wajah bisa berseri, dengan mengamalkan surat Yusuf secara rutin setiap hari juga akan dipermudah bertemu dengan jodoh. Cara mengamalkannya adalah dengan membaca surat Yusuf ayat 4 setelah sholat fardhu dan shalat malam.

4 dari 4 halaman

Isi Surat Yusuf

Berikut ini beberapa isi dalam surat Yusuf dari ayat 1 hingga 111, yakni:

  1. Pada surat Yusuf ayat 1-6 menjelaskan tentang Nabi Yusuf yang bermimpi.
  2. Pada surat Yusuf ayat 7-19 menjelaskan tentang Nabi Yusuf bersama saudaranya.
  3. Pada surat Yusuf ayat 20-29 menjelaskan tentang Nabi Yusuf mendapat godaan.
  4. Pada surat Yusuf ayat 30-42 menjelaskan tentang Nabi Yusuf masuk penjara.
  5. Pada surat Yusuf ayat 43-49 menjelaskan Ta'bir Yusuf tentang mimpi raja.
  6. Pada surat Yusuf ayat 50-57 menjelaskan tentang Nabi Yusuf bebas dari penjara.
  7. Pada surat Yusuf ayat 58-93 menjelaskan tentang Nabi Yusuf bertemu dengan saudara-saudaranya.
  8. Pada surat Yusuf ayat 94-100 menjelaskan tentang Nabi Yusuf bertemu dengan kedua orang tuanya.
  9. Pada surat Yusuf ayat 101 menjelaskan tentang doa Yusuf.
  10. Pada surat Yusuf ayat 102-111 menjelaskan tentang pelajaran yang dapat diambil dari kisah Yusuf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.