Sukses

8 Doa Agar Lulus Tes Kerja, Masuk Universitas, hingga CPNS

Kumpulan doa agar lulus tes dengan mudah dan lancar.

Liputan6.com, Jakarta - Membaca doa agar lulus tes dianjurkan dalam Islam. Ini tanda seorang hamba benar-benar bergantung kepada Allah SWT. Doa membantu seseorang mengendalikan kecemasan dan memberikan ketenangan hati, sehingga dapat menjawab pertanyaan dengan lebih baik dan percaya diri.

Ada delapan doa agar lulus tes yang bisa dibaca sebagaimana dirangkum dari buku berjudul Doa-Doa Terbaik Sepanjang Masa oleh Ust. Ahmad Zacky El-Syafa, 5 Rahasia Doa Lulus Ujian (2021) oleh Ahmad Rifai Rifan dan buku berjudul Aku Ingin Seperti Rasulullah oleh Lingkar Pena.

Doa agar lulus tes tersebut dianjurkan dibaca ketika akan menghadapi ujian wawancara kerja, masuk universitas, ujian sekolah, hingga ujian CPNS. Secara tidak langsung, membaca doa membantu memberikan ketenangan pikiran, sehingga seseorang dapat menyelesaikan tes dengan mudah dan lancar.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang membaca doa agar lulus tes yang dimaksudkan, Kamis (13/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Lulus Tes CPNS

سُبْحَانَ اللهِ وَالحَمْدُ لِلهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ عَدَدَ كُلِّ حَرْفٍ كُتِبَ أَوْ يُكْتَبُ أَبَدَ الآبِدِيْنَ وَدَهْرَ الدَّاهِرِيْنَ

Subhânallâh walhamdu lillâhi wa lâ ilâha illallâh wallâhu akbar ‘adada kulli harfin kutiba aw yuktabu abadal âbidîn wadahrad dâhirîn.

Artinya: “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan yang disembah selain Allah, Allah Tuhan Maha Besar sebilangan huruf dari huruf-huruf yang telah tertulis atau lagi akan tertulis selama-lamanya dan bertahun-tahun adanya.”

2. Lulus Tes Sesuai yang Diusahakan

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as’aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya:“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, dan Ahmad)

Membaca doa agar lulus tes menjadi pengingat bahwa keberhasilan tidak hanya bergantung pada upaya dan kemampuan manusia, tetapi juga bergantung pada rahmat dan kehendak-Nya.

3. Lulus Tes Kerja

اللَّهُمَّ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِ

Robbi srohli shadri, wa yassir lii amri wahlul uqdatammin lisani, yafqahu qauli.

Artinya: “Ya Rab-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” (Q.S. At-Thaha: 25-28)

Saat seseorang berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Allah saat akan menghadapi ujian tes wawancara kerja dan berharap diterima, ia menunjukkan ketergantungannya pada-Nya sebagai sumber segala kebaikan.

4. Lulus Tes Masuk Universitas

اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اسْتَوْدَعْتُكَ جَمِيْعَ مَا قَرَأْتُهُ فَارْدُدْهُ اِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِيْ اِلَيْه

Allahumma innistauda'tuka jami'a ma qoro'tu fardudhu ilayya 'inda hajati ilaihi.”

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya hamba menitipkan semua apa pelajaran yang telah hamba baca dan mohon kembalikan kepada hamba, pada saat hamba membutuhkannya."

Selain itu, membaca doa agar lulus tes masuk universitas agar diterima di kampus impian juga membantu seseorang untuk mengurangi rasa cemas dan meningkatkan keyakinan diri saat menghadapi ujian, sehingga dapat memberikan dampak positif pada performa diri.

5. Lulus Tes Ujian

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Rabbi zidnii ‘ilmaa

Artinya: “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.”

Berdoa ketika akan mengerjakan sebuah ujian juga merupakan sarana untuk memohon petunjuk, keberkahan, dan kemudahan dalam belajar, serta membuka pintu rahmat Allah agar ilmu yang dipelajari menjadi bermanfaat dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

3 dari 3 halaman

6. Lulus Tes Sekolah

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا علَّمتني، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي، وَزِدْنِي عِلْمًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Allahuma anfa'anii bimaa 'allamtanii wa 'allimnii maa yanf'unii wazidnii 'ilman walhamdulillahi 'alaa kulli haalin

Artinya: "Ya Allah, berilah aku manfaat melalui ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarilah aku hal-hal yang bermanfaat bagiku, dan tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan, dan segala puji bagi Allah dalam semua keadaan."

Dalam Islam, berdoa adalah tindakan penting untuk memperoleh kemudahan dalam segala urusan, termasuk dalam menghadapi ujian dan memperoleh nilai bagus sebagaimana dibicarakan sebelumnya. Membaca doa agar lulus tes ujian memiliki makna yang sedalam itu.

7. Lulus Tes dengan Kemudahan

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah." (HR. Ibnu Hibban, dari Anas bin Malik)

Maka dengan berdoa, itu berarti seorang muslim memohon pertolongan-Nya agar dihadapkan pada situasi yang memudahkan dalam belajar, memahami materi, mengingat dengan baik, dan menjawab dengan tepat saat ujian apapun itu.

8. Lulus Tes dengan Sempurna

رَبَّنَا آتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رُشْدًا

Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa.

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepada kami rahmat-Mu, dan sempurnakan atas kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami.” (QS. Al Kahfi: 10)

Membaca doa ujian agar mendapat nilai bagus, secara tidak langsung dapat memperkuat ikatan spiritual dengan Allah, mengakui bahwa kesuksesan dan prestasi akademik bukan hanya hasil usaha manusia semata, tetapi juga karunia dari-Nya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.