Sukses

Doa Kelancaran Ujian agar Diberi Jawaban oleh Allah SWT, Jangan Lupa Ikhtiar

Membaca doa kelancara ujian dapat membuat kita mengingat apa saja yang telah kita pelajari ketika ujian.

Liputan6.com, Jakarta Ujian adalah hal yang akan selalu ada dalam setiap fase kehidupan manusia. Ujian juga hadir dalam berbagai bentuk, entah itu berupa masalah, perasaan yang mendadak gelisah, maupun ujian tertulis ketika sekolah maupun kuliah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT dengan membaca doa kelancaran ujian.

Apalagi jika kita mengaku sebagai orang yang beriman, tidak mungkin jika kita tidak akan menghadapi ujian. Sebab, dalam Alquran Allah telah berfirman bahwa tidak ada orang yang beriman yang tidak mendapatkan ujian.

اَحَسِبَ النَّاسُ اَنْ يُّتْرَكُوْٓا اَنْ يَّقُوْلُوْٓا اٰمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُوْنَ

Artinya: "Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan (hanya dengan) berkata, 'Kami telah beriman,' sedangkan mereka tidak diuji?" (QS Al-Ankabut: 2)

Dengan kata lain, ujian akan selalu ada, terutama bagi orang-orang yang beriman di setiap fase kehidupannya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk meminta pertolongan Allah SWT, dengan membaca doa kelancaran ujian.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ujian akan hadir di setiap fase kehidupan manusia. Bagi anak muda yang sedang di fase atau masa-masa menuntut ilmu baik di sekolah atau lembaga pendidikan lain, ujian akan datang di periode tertentu, di tengah semester dan di akhir semester. Hal itu waktunya selalu jelas dan terjadwal, tidak seperti ujian lainnya dalam hidup.

Ketika kita sudah tahu kapan ujian akan datang, sangat penting bagi kita untuk meminta kepada Allah agar kita dapat menghadapi ujian dengan lancar dan mendapatkan nilai yang bagi. Berikut adalah sejumlah bacaan doa kelancaran ujian seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (5/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Doa agar Dimudahkan dalam Menghadapi Ujian

Sebelum menghadapi ujian, mempersiapkan diri dengan belajar tentu sangat penting. Namun, kadang, ketika kita sudah merasa telah menguasai materi, bukan berarti tidak ada kesulitan dalam ujian. Bisa saja kita kehilangan konsentrasi tepat di saat ujian, atau kejadian lainnya. Oleh karena itu, penting untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT, dengan membaca doa kelancaraan ujian. Adapun bacaannya sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlan wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlan.

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah, sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya."

3 dari 6 halaman

Doa agar Dimudahkan Urusan dan Kelancaran dalam Berbicara

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ujian bisa datang dalam berbagai bentuk, termasuk ujian di sekolah atau di kampus. Ujian kadang tidak dilakukan secara tertulis, tapi juga praktik, atau bahkan harus presentasi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memohon pertolongan dari Allah SWT dengan membaca doa kelancaran ujian, agar dimudahkan urusan dan lancar dalam berbicara. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut,

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي , وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي , وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي , يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisyroh lii shodrii, wa yassir lii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaanii, yafqohu qoulii

Artinya: "Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku," (QS Thaha: 25-28).

4 dari 6 halaman

Doa agar Siap Menghadapi Ujian

Kesiapan diri sendiri dalam menghadapi ujian juga menjadi faktor penting yang memengaruhi apakah nanti kita akan lulus atau tidak. Mungkin kita sudah merasa telah mempersiapkan diri dengan baik jauh-jauh hari, akan tetapi ada saja faktor yang membuat kita merasa tidak siap ketika mendekati waktu ujian. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca doa kelancaran ujian, agar ketika waktu ujian itu tiba, kita merasa siap. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut,

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Rabbanaa aatinaa mil ladunka rahmatan wa hayyi' lanaa min amrinaa rasyadaa

Artinya: "Ya Allah, Tuhan kami berilah kami di sisi-Mu suatu rahmat, dan persiapkan kami mengenai urusan kami dengan petunjuk-Mu."

5 dari 6 halaman

Doa agar Ingat Materi Materi Pelajaran

Mungkin kita telah belajar dengan giat dan mengingat segala materi yang telah dipelajari. Namun ada saja hal yang membuat kita melupakan materi yang telah kita hafalkan. Oleh karena itu penting bagi kita untuk membaca doa kelancaran ujian, agar materi yang telah kita hafalkan tidak hilang begitu saja. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اسْتَوْدَعْتُكَ جَمِيْعَ مَا قَرَأْتُهُ فَارْدُدْهُ اِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِيْ اِلَيْه

Allahumma innistauda'tuka jami'ama qoro'tuhu fardudhu illayya 'inda hajati ilaihi.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya hamba menitipkan semua apa pelajaran yang telah hamba baca dan mohon kembalikan kepada hamba, pada saat hamba membutuhkannya."

6 dari 6 halaman

Amalan agar Dimudahkan dalam Belajar untuk Menghadapi Ujian

Membaca doa sebelum ujian tentu sangat penting untuk menghadapi ujian. Akan tetapi, bukan berarti kita bisa saja meninggalkan amalan penting dalam menuntut ilmu. Selain melakukan amalan rutin, hal yang tak kalah penting adalah upaya itu sendiri, yakni belajar.

Agar upaya kita dalam belajar bisa menghasilkan ilmu yang bermanfaat, sehingga kita dapat menghadapi ujian dengan baik, hendaknya sebelum belajar untuk membaca doa-doa sebagai berikut,

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as-aluka ‘ilman nafi'an wa rizqan thayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan.

Artinya: "Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima."

 رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا ناَفِعًاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Robbi zidni 'ilman naafi'an warzuqni fahma.

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan berikanlah aku pemahaman yang baik."

Agar ilmu yang Anda dapatkan bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat, terdapat hadist dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdoa seperti berikut:

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ

Allahummanfa'nii bimaa 'allamtanii wa 'allimnii maa yanfa'una wa zidnii 'ilman, alhamdulillahilladzi 'alaa kulli haalin wa a'uzu billahi min haali ahlin Naar.

Artinya: "Ya Allah, Jadikanlah ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku bermanfaat bagiku. Ajarkanlah kepadaku ilmu yang berguna untukku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji bagi Allah atas segala hal, aku berlindung kepada Allah dari keadaan dan segala hal yang dilakukan penghuni neraka". (HR at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan al-Bazzar).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.