Sukses

Al-Qoriah Artinya Hari Kiamat, Kenali Makna dan Isi Kandungan Surat

Al-Qoriah artinya hari kiamat.

Liputan6.com, Jakarta Al-Qoriah artinya perlu dipahami seluruh umat Islam. Al-Qoriah merupakan salah satu surat pendek yang terdapat di dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 11 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyah atau surat yang turun di kota Makkah.

Al-Qoriah artinya hari kiamat. Surat ini mengisahkan tentang hari akhir beserta dengan pembagian tempat dalam surga atau neraka Allah SWT. Kata Al-Qoriah dalam surat ini berasal dari kata qara'a yang berarti mengetuk. Ini karena suara menggelegar yang diakibatkan oleh kehancuran alam raya sedemikian keras, sehingga bagaikan mengetuk lalu memekakkan telinga bahkan hati dan pikiran manusia.

Pokok isi surat Al-Qoriah adalah kejadian-kejadian pada hari kiamat, yaitu manusia bertebaran, gunung berhamburan, amal perbuatan manusia ditimbang dan ancaman Neraka Hawiyah. Ketika itulah terjadi ketakutan dan kekalutan yang luar biasa sebagaimana dampak dari suara yang bagaikan ketukan keras tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/7/2023) tentang Al-Qoriah artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Al-Qoriah Artinya

Berikut surat Al-Qoriah artinya lengkap dengan tulisan Arab dan Latin:

اَلْقَارِعَةُۙ

1. "al-qāri'ah"

Artinya: Hari Kiamat.

مَا الْقَارِعَةُ ۚ

2. "mal-qāri'ah"

Artinya: Apakah hari Kiamat itu?

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْقَارِعَةُ ۗ

3. "wa mā adrāka mal-qāri'ah"

Artinya: Dan tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?

يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ

4. "yauma yakụnun-nāsu kal-farāsyil-mabsus"

Artinya: Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan.

وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ

5. "wa takụnul-jibālu kal-'ihnil-manfụsy"

Artinya: dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.

فَاَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهٗۙ

6. "fa ammā man ṡaqulat mawāzīnuh"

Artinya: Maka adapun orang yang berat timbangan (kebaikan)nya.

فَهُوَ فِيْ عِيْشَةٍ رَّاضِيَةٍۗ

7. "fa huwa fī 'īsyatir rāḍiyah"

Artinya: maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang).

وَاَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗۙ

8. "wa ammā man khaffat mawāzīnuh"

Artinya: Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya.

فَاُمُّهٗ هَاوِيَةٌ  ۗ

9. "fa ummuhụ hāwiyah"

Artinya: maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ

10. "wa mā adrāka mā hiyah"

Artinya: Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?

نَارٌ حَامِيَةٌ ࣖ

11. "nārun ḥāmiyah"

Artinya: (Yaitu) api yang sangat panas.

3 dari 4 halaman

Isi Kandungan Surat Al-Qoriah

Surat Al-Qoriah artinya hari kiamat tentu perlu kamu pahami isi kandungannya. Berikut isi kandungan surat Al-Qoriah artinya:

1. Isi Kandungan Surat Al-Qoriah Ayat 1-3

Isi kandungan surat Al-Qoriah ayat 1-3 yaitu pemberitahuan akan datangnya hari kiamat, dan pertanyaan apakah hari kiamat itu. Pertanyaan bukan berarti ketidaktahuan Allah SWT, melainkan untuk menarik perhatian siapa saja yang mendengarkan.

2. Isi Kandungan Surat Al-Qoriah Ayat 4-5

Isi kandungan surat Al-Qoriah ayat 4-5 menjelaskan peristiwa yang terjadi pada hari kiamat. Keadaan manusia sangat panik, ketakutan dan kebingungan. Mereka berlarian tak tentu arah sehingga mereka digambarkan seperti anai-anai yang bertebaran.

Di antara para mufassir ada yang menjelaskan makna anai-anai adalah laron-laron yaitu binatang yang terbang tak tentu arah, ia hanya terbang apakah ia akan selamat atau celaka. Ada yang memaknai anai-anai dengan binatang atau serangga kecil yang sering bertebarang mengelilingi lampu.

Sementara itu, gunung-gunung digambarkan seperti bulu yang berhamburan. Gunung adalah sesuatu yang bermateri berat dan bulu adalah sesuatu yang sangat ringan. Bisa dibayangkan kedahsyatan kiamat pada saat itu sehingga gunung diibaratkan seperti bulu yang dihambur-hamburkan sehingga menjadikan manusia menjadi kebingungan.

Kita biasa memikirkan, ada satu gunung berapi mengalami erupsi, sudah menjadikan manusia kebingungan, mencari perlindungan dan tempat yuang aman, mereka mengungsi dan meninggalkan harta bendanya. Apa lagi ketika gunung-gunung berapai semua berhamburan, mengeluarkan llahar panas tentu akan menjadikan situasi yang tidak menentu.

4 dari 4 halaman

3. Isi Kandungan Surat Al-Qoriah Ayat 6-9

Isi kandungan surat Al-Qoriah ayat 6-9 menjelaskan adanya dua golongan manusia, yaitu golongan orang-orang yang mempunyai timbangan kebaikannya lebih berat dan orang-orang yang mempunyai timbangan kebaikannya ringan. Setelah hari kiamat ada yang disebut dengan yaumul ba'ast yang artinya hari dibangkitkannya manusia dari kubur.

Arti ba'ast adalah bangkit, sedangkan yaumul mahsyar yaitu dikumpulkannya manusia di padang mahsyar setelah itu manusia menerima catatan amalnya selama di dunia. Dengan catatan amal itu manusia dihisab atau amalannya dihitung dan dimizan atau ditimbang semua selama mereka hidup di dunia.

Setelah itu manusia mendapatkan balasan atas seluruh perbuatannya di dunia pada saat yaumul jaza', maka orang yang memiliki timbangan amal kebaikan lebih banyak akan mendapatkan kehormatan dengan dimasukkannya ke dalam surga. Sebaliknya, orang yang memiliki timbangan amal kebaikan sedikit akan dimasukkan ke dalam Neraka Hawiyah.

4. Isi Kandungan Surat Al-Qoriah Ayat 10-11

Isi kandungan surat Al-Qoriah ayat 10-11 menjelaskan tentang neraka Hawiyah. Hawiyah artinya yang turun. Maka orang yang memiliki amal kebaikan yang sedikit akan dimasukkan Allah SWT ke dalam neraka Hawiyah, yaitu sebuah tempat dengan api yang panas dan bergejolak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.