Sukses

Viral Sapi Terjepit di Selokan Sempit Ini Dikira Mati, Ternyata Masih Hidup

Sapi yang terlihat mati karena terjepit di selokan, rupanya masih hidup dengan mengedipkan mata.

Liputan6.com, Jakarta Hari Raya Idul Adha diramaikan dengan pemotongan hewan kurban di berbagai daerah. Cerita di balik pemotongan hewan kurban pun banyak beredar di media sosial. Beberapa di antaranya yang banyak terjadi yaitu aksi sapi kabur ketika akan disembelih. Bahkan, ada yang sampai mengamuk di jalanan.

Berlari karena ketakutan, sapi pun kadang tidak melihat jalanan yang ada di depannya. Alhasil, tidak sedikit sapi kurban yang terperosok ke selokan. Seperti yang terjadi dalam video viral yang diunggah oleh laman TikTok @nabil_zainudin.

Terlihat dalam video, sekumpulan pria menemukan sapi yang terperosot ke dalam selokan. Tidak diketahui bagaimana jatuhnya, namun sapi tersebut dalam posisi terlentang dengan dua kaki yang menekuk. Sapi itu juga tampak sangat kotor karena terkena air selokan. Diketahui, sapi ini ditemukan satu minggu sebelum hari raya kurban.

"Masih terlalu dini untuk menyembunyikan pengorbanan minggu depan," tulis pemilik akun dalam keterangan video, dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @nabil_zainudin, Jumat (30/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terjepit selokan sempit dikira sudah mati

Dalam video yang diunggah akun TikTok @nabil_zainudin terlihat segerombolan pria menemukan seekor sapi yang terjebak di gorong-gorong sempit. Sapi besar tersebut ditemukan dalam kondisi terbaring di selokan yang hanya selebar badannya. Awalnya, sapi itu terlihat sangat kaku sehingga dikira sudah mati.

Namun saat kamera menyorot matanya, ternyata masih terbuka lebar dan sempat berkedip. Sapi itu rupanya masih hidup. Hewan herbivora itu diduga tidak bisa bergerak karena ukuran selokan yang cukup sempit, sehingga tubuhnya pun terhimpit. Karena itu, sapi tak bisa menyelamatkan diri.

Sang perekam pun bertanya-tanya bagaimana sapi itu bisa terjerembap ke dalam selokan. Dalam video selanjutnya, pemilik akun memperlihatkan selokan yang di mana sapi sudah tidak ada di sana. Dikatakannya, sapi tersebut sudah berhasil dievakuasi menggunakan alat berat. Namun, tidak diketahui kapan sapi dikeluarkan dari selokan itu.

"Sudah dikeluarkan menggunakan backhoe (alat berat), tetapi tidak ada catatan waktu kapan sapi itu diangkat," tulis pemilik akun dalam keterangan video.

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video viral itu pun menarik perhatian warganet hingga ditonton lebih dari 18,3 juta kali. Mereka juga meresponnya dengan beragam komentar. Banyak yang kasihan kepada sapi tersebut. Namun, ada pula yang berkelakar mengaitkannya dengan penyembelihan sapi di momen Idul Adha. Seperti, sapi itu disebut sedang bersembunyi karena takut disembelih.

"Sapi: walapun tidak nyaman tapi aku merasa aman menjelang hari kamis," tulis akun @callmeughtea_v.

"Kasian sapinya," tulis akun @nrwina14.

"Takut dikurbanin, diduga seekor sapi ngumpet tapi ketauan," tulis akun @helvan31.

"Udah ngumpet duluan sebelum lebaran haji," tulis akun @11novemberrrrrrrrrr.

"Sapinya lagi sembunyi itu takut dikurbanin," tulis akun @keturunan_raje.

4 dari 4 halaman

Tonton video viralnya berikut ini:

@nabil_zainudin

Awal nauuu nyorok raya korban minggu depan🙃

♬ original sound - NABIL_ZAINUDIN - NABIL_ZAINUDIN

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.