Sukses

6 Doa Nabi Sulaiman yang Selalu Dikabulkan Allah, Terdapat di Dalam Al-Quran

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan Allah terdapat dalam Al-Quran.

Liputan6.com, Jakarta Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan Allah perlu dikenali oleh umat Islam. Pasalnya, doa nabi Sulaiman terkenal sebagai bentuk permohanan rezeki yang berlimpah dari Allah SWT. Nabi Sulaiman AS memang terkenal dengan kekayaannya. 

Dalam doanya, nabi Sulaiman memohon ampunan atas segala dosa dan memohon agar diberi kerajaan yang tidak akan dimiliki oleh siapa pun setelahnya. Hal ini menunjukkan keinginan Nabi Sulaiman untuk memperoleh kebaikan yang abadi di akhirat, bukan hanya kesenangan dunia semata.

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan Allah terdapat dalam Al-Quran. Doa-doa ini terdapat pada surat An-Naml, Sad, dan lain sebagainya. Kamu bisa menghafalkan dan melafalkan doa ini sesuai dengan situasi ataupun kondisi yang sedang kamu hadapi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/6/2023) tentang doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan Allah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Doa Agar Diberikan Kekayaan

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan berkaitan dengan kekayaan. Doa ini dilafalkan nabi Sulaiman dalam mengharapkan kekayaan dan rezeki yang lancar. Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan terdapat dalam Surat Sad ayat 35. Doa ini menunjukkan kerendahan hati dan kesadaran bahwa hanya Allah SWT yang memiliki segala kekuasaan dan memberikan karunia.

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan tulisan Arab:

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan Latin:

Qaala rabbiighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba’dii innaka anta alwahhaabu

Arti doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan:

"Ia berkata: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan (kekayaan) yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi”. (Shaad: 35)

3 dari 7 halaman

2. Doa untuk Selalu Bersyukur

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan tulisan Arab:

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan Latin:

Fatabassma dho khi kammin kowliha wa ko la rabbi ‘aw zi’ ii ‘an ‘asykura ni’matakal-latii ‘an’amta ‘alayya wa’alaa waalidaya wa’an ‘a’mala shaalihan tardhaahu wa’adkhilnii birahmatika fii ‘ibaadikash-shaalihiina.

Arti doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan:

“Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkan aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada orangtuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu yang saleh.”

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan ini berisikan rasa syukur, di mana nabi Sulaiman menyadari nikmat-nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada dirinya dan orangtuanya. Doa nabi Sulaiman ini terdapat pada surat an-Naml ayat 19. Dalam doanya, Nabi Sulaiman memohon agar diberikan ilham untuk selalu bersyukur atas nikmat-Nya dan mengerjakan kebajikan yang diridhai oleh Allah SWT. Hal ini menunjukkan bahwa Nabi Sulaiman tidak hanya bersyukur secara verbal, tetapi juga berusaha untuk mengerjakan kebajikan sebagai wujud syukur dan penghormatan kepada Allah SWT.

4 dari 7 halaman

3. Doa Agar Kaya dengan Harta yang Halal

Berikut nabi sulaiman yang dapat kamu praktikkan sehari-hari:

Allaahumma aghniniy bihalaalika ‘an haroomika wa aghniniy bifadhlika ‘amman siwaak

Artinya:

"Ya Allah kayakanlah aku dengan harta halal darimu, yang jauh dari harta haram, sebagai anugerah darimu, bukan dari selain engkau."

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan berikutnya yaitu agar mendapatkan harta yang halal. Doa ini dikaulkan oleh Allah SWT, di mana terbukti sampai sekarang belum ada yang menandingi kekayaan nabi Sulaiman AS.

5 dari 7 halaman

4. Doa Agar Dilebihkan Nikmat

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan tulisan Arab:

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ وَسُلَيْمٰنَ عِلْمًاۗ وَقَالَا الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan Latin:

Alhamdulillahilladzii faddhalanaa 'alaa katsiiri min 'ibaadihil mu’miniin.

Arti doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan:

“Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hamba-Nya yang beriman."

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan Allah SWT ini terdapat pada surat an-Naml ayat 15. Doa ini merupakan ungkapan syukur dan penghargaan kepada Allah SWT atas keistimewaan yang diberikan-Nya kepada Nabi Sulaiman dan kaumnya yang beriman.

Dalam doanya, Nabi Sulaiman menyadari bahwa Allah SWT telah memberikan keistimewaan kepada mereka yang tidak dimiliki oleh kebanyakan hamba-Nya yang beriman. Hal ini menunjukkan rasa syukur dan kesadaran Nabi Sulaiman atas keistimewaan yang diberikan-Nya, serta memberikan pengajaran bagi kita untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita.

6 dari 7 halaman

5. Doa untuk Berserah diri kepada Allah SWT

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan tulisan Arab:

إِنَّهُ مِن سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ * أَلاَّ تَعْلُوا عَلَيَّ وَأْتُونِي مُسْلِمِين

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan Latin:

Innahu min sulaimana wa innahu bismillahir-rahmanir-rahim alla ta'lu 'alayya wa`tuni muslimin.

Arti doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan:

“Sesungguhnya surat itu dari Sulaiman dan sesungguhnya isinya: 'Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadap-Ku dan datanglah kepada-Ku sebagai orang-orang yang berserah diri.'"

Ini doa nabi Sulaiman menjinakkan hewan seperti semut, jin hingga menundukkan wanita, yang diabadikan dalam Al-Qur’an surat an-Naml ayat 30-31. Doa ini adalah surat yang ditujukan kepada ratu Balqis. Surat ini berisi ajakan untuk berserah diri kepada Allah SWT dan tidak bersikap sombong terhadap-Nya. Dalam surat tersebut, Nabi Sulaiman menegaskan bahwa hanya dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang, manusia dapat memperoleh rahmat dan keberkahan.

7 dari 7 halaman

6. Doa Menjinakkan Semut

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan tulisan Arab:

حَتّٰىٓ اِذَآ اَتَوْا عَلٰى وَادِ النَّمْلِۙ قَالَتْ نَمْلَةٌ يّٰٓاَيُّهَا النَّمْلُ ادْخُلُوْا مَسٰكِنَكُمْۚ لَا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمٰنُ وَجُنُوْدُهٗۙ وَهُمْ لَا يَشْعُرُوْنَ

Doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan Latin:

Hatta idzaa ataw 'alaa waadi an-naml, qaalat namlatun: yaa ayyuhannamlu udhkhulu masakinakum, laa yahthimannakum Sulaimaanu wa junuuduho, wahum laa yash'uruun

Artinya doa nabi Sulaiman yang selalu dikabulkan:

“Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, “Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari.”

Ini penegasan doa nabi Sulaiman menjinakkan semut, yang diabadikan dalam surat an-Naml ayat 18. Dalam Al-Qur’an Surat An-Naml ayat 18 ini menunjukkan betapa Nabi Sulaiman sangat memahami bahasa binatang dan dapat berkomunikasi dengan mereka. Ketika Nabi Sulaiman beserta pasukannya melewati lembah semut, seekor semut memberitahu teman-temannya untuk masuk ke sarang mereka agar tidak terinjak oleh Sulaiman dan pasukannya. Hal ini menunjukkan bahwa setiap makhluk hidup memiliki kecerdasan dan bahasa yang mereka gunakan untuk berkomunikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.