Sukses

6 Fakta Tersembunyi Barang Dijual di Supermarket, Rusak Tetap Ada Fungsinya

Cara mengelola barang di supermarket yang jarang diketahui pembeli.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang sudah sangat familiar dengan supermarket. Selain menyediakan beragam kebutuhan rumah tangga, supermarket juga memberikan kenyamanan kepada pembeli, tak heran jika supermarket selalu jadi pilihan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. 

Makin lengkap, beberapa supermarket juga ada yang sudah menjual bahan masakan mulai dari bahan pokok sampai bahan pelengkapnya. Supermarket tentunya tak kalah lengkap dari pasar tradisional.

Setiap barang atau kebutuhan masakan yang dijual tentunya ada masa kadaluarsanya. Tentunya pernah terlintas di pikiran pembeli, kemana barang tersebut akan didistribusikan ketika tidak habis sampai batas waktunya.

Pihak supermarket punya cara agar barang tersebut tidak dibuang percuma. Bagaimana pihak supermarket mengelola barang tersebut jarang diketahui pembeli meski sering datang ke supermarket.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside tentang rahasia tersembunyi barang yang dijual di supermarket, Rabu (14/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Barang Kadaluarsa

Setiap barang pasti ada tanggal kadaluarsanya, mulai dari makanan ringan, makanan basah, sampai makeup. Tidak dibuang secara percuma, Produk kedaluwarsa dikumpulkan di truk dan dibawa ke pusat pengumpulan, di mana produk tersebut didistribusikan untuk disumbangkan.

Hanya produk yang kedaluwarsa pada hari yang sama atau dalam kondisi baik yang digunakan. Untuk produk yang sudah tidak bisa lagi digunakan, produk kadaluwarsa harus dibuang ke tempat sampah.

3 dari 7 halaman

2. Buah dan Sayuran Rusak Tidak Dibuang Percuma

Meski sudah disimpan dengan baik, buah dan sayuran akan busuk jika disimpan terlalu lama. Setiap hari manajer supermarket untuuk bagian buah dan sayuran memeriksa semua barang segar dan mengganti yang rusak atau terlalu matang dengan produk yang lebih hijau.

Melansir dari Brightside, untuk buah dan sayur yang sudah busuk, dibuang setiap hari oleh supermarket, tetapi sebagian besar akhirnya diproses dan dikembalikan ke supermarket dalam bentuk koktail buah yang dijual per cangkir atau berat.

4 dari 7 halaman

3. Makeup yang Dijual di Supemarket

Selain menjual kebutuhan pokok, supermarket juga menjual makeup. Bagi kamu yang sering ke membeli makeup tentunya sudah mengetahui jika sebelum mantap membeli makeup yang sudah dipilih pasti ada tester-nya.

Selain barang baru, rupanya ada beberapa barang kadaluarsa yang juga ditaruh di meja untuk jadi pajangan. Oleh karenanya penting untuk memerhatikan tanggal kadaluarsa sebelum membeli.

5 dari 7 halaman

4. Pakaian di Supermaket

Supermarket yang lebih lengkap dan luas biasanya juga menjual pakaian. Supermarket biasanya punya produk sendiri yang kemudian dijual kepada pembeli. Melansir dari Brightside, pakaian dari toko-toko tersebut memiliki reputasi buruk, padahal seharusnya tidak demikian.

6 dari 7 halaman

5. Barang Obral dan Diskon

Supermarket tentunya sering mengobral bahkan memberi diskon untuk pelanggan. Tidak semua barang yang ada diskonnya, tentunya ada ketentuan tersendiri untuk barang seperti apa yang diobral dan didiskon.

Melansir dari Brightside, jika ingin membeli suatu produk tetapi tidak yakin apakah harganya akan turun di masa mendatang, lihat labelnya. Jika akhiran harga adalah "0,01", misalnya, $99,01. Meski tidak dipromosikan, bisa saja produk tersebut merupakan barang terakhir sebelum dikeluarkan dari rak.

7 dari 7 halaman

6. Barang Murah dan Barang Sering Diskon

Tidak hanya pembeli, karyawan supermarket tentunya juga tertarik dengan barang murah atau diskon. Barang murah atau diskon beberapa diantaranya akan cepat habis atau bahkan disisihkan oleh pekerja untuk dibayar dan dibawa pulang di akhir shift mereka.

Melansir dari Brightside, barang berupa dekorasi rumah, seprai, handuk, koper, sering diskon atau dijual dengan harga murah. Agar terjual dengan cepat, mereka harga yang lebih rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.