Sukses

Berapa Jumlah Pemain Sepak Bola? Pahami Juga Teknik Dasar Bermainnya

Jumlah pemain sepak bola adalah 11 orang dalam satu regu atau tim.

Liputan6.com, Jakarta Berapa jumlah pemain sepak bola? Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang dilakukan secara beregu. Olahraga ini menjadi olahraga favorit masyarakat di seluruh penjuru dunia yang dilakukan dalam dua babak. Satu babak dalam sepak bola memakan durasi selama 45 menit. Dalam bermain sepak bola diperlukan kerja sama dan koordinasi antar pemain di dalamnya.

Jumlah pemain sepak bola adalah 11 orang dalam satu regu atau tim. Setiap pemain memiliki tugas dan perannya masing-masing. Beberapa pemain sepak bola di antaranya kiper, penyerang, gelandang, dan lainnya. Mereka akan melawan regu lain dengan jumlah pemain yang sama. Berbagai posisi dan taktik yang jitu diperlukan untuk memenangkan permainan ini.

Permainan sepak bola juga memiliki ketentuan dan peraturan seperti permainan lainnya. Tujuannya agar permainan berjalan secara lancar dan tertib. Di dalam permainan sepak bola juga terdapat wasit yang mengatur jalannya permainan.

Berikut informasi mengenai berapa jumlah pemain sepak bola hingga ketentuan permainannya yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (13/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permainan Sepak Bola

Sepak bola merupakan olahraga menyepak bola dengan kaki yang diperebutkan antara pemain-pemain di dalamnya. Tidak hanya dimainkan oleh laki-laki, perempuan juga dapat memainkannya. Tujuan dari permainan ini adalah memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar lawan tidak bisa memasukkan bola. Dalam permainannya seluruh pemain diperkenankan untuk menggunakan seluruh tubuhnya kecuali tangan dan lengan. Penjaga gawang lah yang diperbolehkan menggunakan tangan dan lengan saat bermain sepak bola.

Berapa jumlah pemain sepak bola? Mengutip buku Olahraga dan Rekreasi Setara Paket B Tingkatan III Modul Tema 1, terdapat sejarah panjang yang menyebutkan ada berbagai nama untuk menyebut sepak bola. Pada zaman Cina Kuno, sepak bola disebut dengan tanchu. Sedangkan pada zaman Romawi sepak bola disebut dengan haspartun. Hingga akhirnya pada 26 Oktober 1863 badan yang disebut dengan “English Football Assosiation”.

Seiring berjalannya waktu federasi sepak bola internasional “FIFA” didirikan pada tanggal 21 Mei 1904.Di Indonesia sendiri pada tanggal 19 April 1930 juga didirikan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta. Permainan ini dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut.

3 dari 4 halaman

Berapa Jumlah Pemain Sepak Bola?

Berapa jumlah pemain sepak bola? Sepak bola masuk dalam olahraga beregu yang dimainkan oleh 11 orang. 11 pemain ini akan melawan regu lain dengan jumlah yang sama. Menurut John Devaney (1994) pemain sepak bola dibagi menjadi empat kelompok dasar, yaitu penjaga gawang, pemain belakang, pemain depan, dan gelandang. Setiap pemain memiliki posisi masing-masing yang berperan penting dalam kemenangan regunya. Berikut pemain-pemain sepak bola beserta tugasnya.

1. Pemain Depan

Pemain depan disebut juga sebagai penyerang. Seperti namanya pemain ini menempati posisi di depan dalam permainan sepak bola. Seorang penyerang dituntut untuk dapat memasukkan bola ke gawang lawan dengan memiliki tendangan yang keras dan terarah ke gawang lawan. Terdapat dua jenis penyerang yaitu penyerang tengah dan penyerang sayap.

2. Pemain Tengah

Pemain tengah disebut juga dengan gelandang yang menempati posisi di tengah-tengah antara pemain depan dan pemain belakang. Pemain tengah memiliki peran membantu penyerang untuk dapat mencetak gold an membantu pertahanan. Pemain tengah dibagi menjadi beberapa posisi, yaitu gelandang sayap, gelandang bertahan, gelandang menyerang, dan gelandang tengah.

3. Pemain Belakang

Pemain belakang disebut juga dengan pemain back yang berada di belakang penyerang dan gelandang.  Pemain ini bertugas untuk mempertahankan gawang dari serangan lawan. Namun, mereka juga dapat membantu dalam penyerangan. Pemain belakang dibagi menjadi beberapa posisi, yaitu wing back, stopper, dan sweeper.

4. Penjaga gawang

Penjaga gawang atau yang biasa disebut dengan kipper ini menempati posisi di depan gawang. Pemain ini memiliki tugas untuk melindungi gawang agar tidak kemasukan bola dari lawan. Kipper juga menjadi satu-satunya pemain yang boleh menggunakan lengan dan tanggannya saat bermain sepak bola.

4 dari 4 halaman

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Pertanyaan berapa jumlah pemain sepak bola sudah dapat kita jawab dengan mudah. Selanjutnya, permainan sepak bola juga memiliki berbagai teknik dasar yang harus dikuasai setiap pemainnya. Teknik ini memiliki peran yang penting untuk memenangkan permainan. Rangkaian latihan yang dilakukan juga akan meningkatkan keterampilan dalam menguasai teknik-tekik ini. Berikut beberapa teknik dasar permainan sepak bola.

Menendang (kicking), dapat dilakukan dengan semua bagian kaki. Akan tetapi untuk menghasilkan tendangan yang baik biasanya menggunakan punggung kaki, kaki bagian dalam, sisi kaki luar, punggung kaki dalam, dan punggung kaki luar.

Mengontol bola (stopping), pemain harus mampu mengontrol atau menghentikan bola. Selain itu, pemain juga harus mampu menerima bola dengan penguasaan yang baik.

Menggiring bola (dribbling), teknik ini memliki tujuan untuk dapat membawa bola melewati lawan sehingga dapat memasukkan bola ke gawang lawan. Pemain juga dapat menggiring bola untuk selanjutnya dioper ke pemain lainnya.

Menyundul bola (heading), menyundul bola memiliki tujuan untuk memberikan bola ke pemain lainnya untuk menghindarkan dari daerah berbahaya. Menyundul bola dapat dilakukan dengan berdiri, berlari, dan melompat.

Merebut bola (tackling), teknik yang digunakan untuk merampas bola dari lawan. Tujuannya agar serangan lawan dapat dipatahkan.

Lemparan ke dalam (throw-in), teknik untuk melemparkan bola agar kembali lagi ke dalam lapangan.

Gerak tipu, teknik yang digunakan untuk mengganggu atau menghilangkan keseimbangan lawan dengan tetap memperhatikan keseimbangan diri sendiri.

Teknik penjaga gawang (goal keeping), teknik khusus untuk penjaga gawang dalam mempertahankan gawangnya agar lawan tidak dapat memasukkan bola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.