Sukses

Berapakah Lama Waktu Istirahat di Pertandingan Sepak Bola?

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga pemainan dengan jumlah pemain 11 orang dalam satu tim. Sepak bola menjadi olahraga favorit di dunia, terbukti lebih dari 250 juta orang memainkannya.

Di Indonesia, cabang olahraga sepak bola berada di bawah naungan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Kini ditangani Shin Tae-yong, Timnas Indonesia mengikut beberapa kejuaraan internasional seperti Asian Games, Piala AFF, dan SEA Games.

Pertandingan sepak bola tentu saja memiliki aturan yang berlaku, seperti halnya durasi permainan, waktu istirahat hingga pergantian pemain.

Di dalam permainan sepak bola, pemain diizinkan untuk meggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Berbeda dengan penjaga gawang, ia diperbolehkan untuk memainkan bola dengan kaki dan tangan selama berada di daerah gawang.

Olahraga yang dilakukan secara beregu ini dimainkan dalam dua babak, yaitu 2x45 menit dengan waktu istirahat 15 menit.

Lalu, apa itu istirahat 15 menit di antara dua babak dalam permainan sepak bola? Perlu diketahui, istirahat dalam permainan sepak bola adalah waktu jeda pada paruh waktu.

Wasit akan menghentikan pertandingan untuk istirahat. Umumnya, periode ini digunakan untuk mengatur ulang strategi sebuah tim melalui arahan pelatih. Selain itu, pemain juga bisa melakukan peregangan dan pemulihan tenaga.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Durasi Permainan Sepak Bola

Durasi permainan sepak bola umumnya berlangsung selama 2x45 menit dengan waktu jeda yang diberikan selama 15 menit.

Namun, ada kalanya kedudukan pertandingan seimbang selama waktu yang telah ditetapkan. Maka pertandingan akan diberi tambah waktu selama 2x15 menit.

Jika salah satu tim belum berhasil mencetak gol pada tambahan waktu dan skor tetap seri, maka perlu diadakan tendangan penalti untuk kedua tim tersebut.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, tujuan utama dari permainan sepak bola adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan.

Bagi tim yang berhasil mencetak gol paling banyak, ialah yang akan memenangkan pertandingan tersebut.

3 dari 4 halaman

Sejarah Perkembangan Sepak bola Modern

Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris pada abad ke-19, tepatnya pada tahun 1863. Jauh sebelum itu, sebenarnya sepak bola telah berkembang di Inggris dan menjadi olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat setempat.

Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII Semester 1, permainan sepak bola pada beberapa kompetisi telah menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365.

Raja James I dari Skotlandia mendukung larangan tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu pada tahun 1815, perkembangan besar telah merubah pandangan masyarakat terhadap sepak bola. Permainan ini mulai terkenal di lingkungan sekolah hingga universitas.

Kemunculan sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863. Saat itu terdapat 11 sekolah dan klub berkumpul untuk merumuskan aturan untuk permainan sepak bola.

Bersamaan dengan perkembangan zaman, sepak bola yang awalnya dianggap menimbulkan kekerasan, kini berhasil menghiasi dunia olahraga di Inggris.

Permainan sepak bola mulai meluas hingga ke benua Eropa, August Hermann dan Konrad Konch adalah orang yang berhasil memperkenalkan olahraga ini, terutama di Jerman pada tahun 1874.

4 dari 4 halaman

Induk Organisasi Sepak Bola Internasional

Organisasi yang mengatur dan mengembangkan permainan sepak bola di seluruh dunia adalah Federation Internationale de Football Association (FIFA). Olahraga ini tidak hanya menjadi induk sepak bola konvensional, melainkan juga futsal dan sepak bola pantai.

FIFA didirikan pada 21 Mei 1904 oleh tujuh asosiasi sepak bola nasional, yaitu Belgia, Denmark, Prancis, Belanda, Spanyol, Swedia dan Swiss. FIFA bermarkas di Zurich, Swiss dan saat ini telah memiliki 211 anggota asosiasi.

Induk organisasi sepak bola internasional ini tentu saja menjadi organisasi olahraga paling bergengsi di dunia. Namun, apakah kamu tahu bahwa organisasi sepak bola pertama di dunia bukanlah FIFA.

Organisasi sepak bola pertama di dunia adalah English Football Association (FA). Organisasi ini didirikan pada 26 Oktober 1863. Aturan pertama dalam permainan sepak bola modern diatur oleh FA.

FA didirikan dengan maksud dan tujuan, yaitu untuk mengontrol semua aspek permainan sepak bola dan bertanggung jawab terhadap pertandingan nasional di Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.