Sukses

Bacaan Doa Naik Kendaraan Majreha, Lengkap dengan Doa Lainnya

Bacaan doa doa naik kendaraan majreha, beserta dengan bacaan doa naik kendaraan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Saat hendak melakukan perjalanan laut, seorang Muslim dianjurkan untuk membaca doa naik kendaraan majreha. Doa naik kendaraan majreha ini memiliki tujuan utama untuk memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT selama dalam perjalanan laut. Doa naik kendaraan majreha ini diambil dari ayat Al-Qur'an, tepatnya dalam Surah Hud ayat 41.

Membaca doa naik kendaraan majreha menjadi salah satu bentuk ibadah dan tanda kepasrahan umat Muslim kepada Allah SWT. Dengan mengucapkan doa ini sebelum berlayar, mereka berharap agar Allah SWT memberikan perlindungan, kelancaran, dan keselamatan dalam perjalanan laut yang mereka lakukan.

Selain doa naik kendaraan majreha, terdapat pula doa-doa lain yang dianjurkan saat naik kendaraan, seperti doa naik kendaraan darat dan udara. Doa-doa ini menjadi sarana bagi umat Muslim untuk selalu mengingat dan bergantung kepada Allah SWT dalam setiap perjalanan mereka.

lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (12/6/2023). Bacaan doa doa naik kendaraan majreha, beserta dengan bacaan doa naik kendaraan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan doa naik kendaraan majreha

Doa naik kendaraan majreha adalah doa yang dianjurkan bagi umat Muslim saat akan berlayar menggunakan kendaraan laut. Doa ini dapat membantu memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT selama dalam perjalanan laut.

Saat hendak melakukan perjalanan, seorang Muslim dianjurkan untuk membaca doa naik kendaraan untuk memohon keselamatan dari Allah SWT. Terdapat berbagai doa yang dapat dibaca saat naik kendaraan, termasuk doa naik kendaraan majreha yang khusus digunakan saat berlayar menggunakan kendaraan laut.

Berikut ini adalah doa naik kendaraan majreha yang dianjurkan agar umat Muslim diberi perlindungan dan keselamatan saat akan berlayar:

بِسۡمِ ٱللَّهِ مَجۡر۪ٮٰهَا وَمُرۡسَٮٰهَآ‌ۚ إِنَّ رَبِّى لَغَفُورٌ۬ رَّحِيمٌ۬

“Bismillahi majreha wa mursaha inna rabbi lagafururrahim.”

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, kapal ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Hud: 41)

Selain doa naik kendaraan majreha, terdapat beberapa doa lainnya yang bisa diamalkan oleh umat Muslim saat akan melakukan perjalanan menggunakan berbagai jenis kendaraan. Doa-doa ini dimaksudkan untuk memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT. 

 
3 dari 3 halaman

Doa Naik Kendaraan Lainnya

Selain doa naik kendaraan majreha yang khusus untuk berlayar menggunakan kendaraan laut, umat Muslim juga dianjurkan untuk membaca doa naik kendaraan umum saat akan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan darat, udara, atau pun lainnya. Berikut ini adalah beberapa doa naik kendaraan yang umum diamalkan:

Doa Naik Kendaraan Darat:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَـٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

"Alhamdulillahilladzi sakkhara lana hadza wa ma kunna lahu muqrinin wa inna ila rabbina lamunqalibun."

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini sedangkan sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya dan kepada Allah jualah kami akan kembali."

Doa Naik Kendaraan Udara:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيْعِ سَخَطِكَ

"Allahumma inni a'udzubika min zawaal ni'matika wa tahawwuli 'afiyatika wa fujaa'ati niqmatika wa jami'i sakhatika."

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu, berubahnya kesehatan-Mu, datangnya bencana-Mu, dan seluruh kemurkaan-Mu."

Doa Naik Kendaraan Umum:

بِسْمِ اللَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَـٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

"Bismillah, Alhamdulillah, Subhanalladzi sakkhara lana hadza wa ma kunna lahu muqrinin wa inna ila rabbina lamunqalibun."

Artinya: "Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan kepada Tuhan kami kami akan kembali."

Doa-doa ini dapat diamalkan oleh umat Muslim untuk memohon perlindungan dan keselamatan Allah SWT saat melakukan perjalanan dengan berbagai jenis kendaraan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.