Sukses

11 Macam Tumbuhan Paku dan Klasifikasinya, Lengkap Penjelasan

Pahami bahwa macam tumbuhan paku disebut sebagai kormofita berspora.

Liputan6.com, Jakarta Macam tumbuhan paku yang perlu diketahui ada lebih kurang sebelas. Dari kesebelas macam tumbuhan paku tersebut, dikelompokkan atau diklasifikasikan dalam beberapa bagian. Tumbuhan ini terkenal bisa hidup meskipun hanya berupa tunas yang ditanam.

Sebelum itu, pahami macam tumbuhan paku disebut sebagai kormofita berspora. Hal ini disebabkan karena cara reproduksi macam tumbuhan paku adalah aseksualnya dengan spora. Macam tumbuhan paku dikenal tak pernah menghasilkan biji untuk berkembang biak.

Macam tumbuhan ini disebut sebagai Tracheophyta atau tumbuhan berpembuluh karena memiliki pembuluh pengangkut. Tumbuhan paku masuk dalam divisi kingdom plantae yang anggotanya memiliki akar, batang, daun sejati, dan pembuluh pengangkut.

Agar lebih memahami tentang macam tumbuhan paku dan klasifikasinya dari berbagai sumber, Senin (6/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam Tumbuhan Paku dan Klasifikasinya

1. Macam Tumbuhan Paku Lycopodiinae (Paku Kawat)

Macam tumbuhan paku dan klasifikasinya yang kawat biasanya berdaun kecil dengan susunan spiral. Sesuai dengan Namanya, batang ciri-ciri tumbuhan paku ini berbatang seperti kawat. Umumnya macam tumbuhan paku ini hidup di darat dan sporangiumnya muncul di ketiak daun membentuk strobilus.

2. Macam Tumbuhan Paku Psilophytinae (Paku Purba)

Macam tumbuhan paku dan klasifikasinya ini terancam punah. Hal ini disebabkan karena pada masa sekarang hanya ditemukan tumbuhan paku jenis ini dalm bentuk fosil. Ciri-ciri macam tumbuhan paku ini memiliki daun yang kecil bahkan kadang tidak berdaun. Spesies dari tumbuhan ini yang masih tersisa adalah Psilotum.

3. Macam Tumbuhan Paku Filicinae (Paku Sejati)

Macam tumbuhan paku dan klasifikasinya yang sejati ini dapat dilihat dari daun yang berukuran besar, sporangium terdapat pada sporofil, dan daun mudanya menggulung. Macam tumbuhan paku ini juga disebut sebagai pakis. Berdasarkan tempat hidupnya, habitat tumbuhan paku ini dibagi menjadi 3, yaitu tumbuhan yang menempel pada tumbuhan lain, tumbuhan yang tumbuh di perairan, dan tumbuhan yang hidup di tanah.

4. Macam Tumbuhan Paku Equisetinae (Paku Ekor Kuda)

Ciri-ciri macam tumbuhan paku ekor kuda memiliki daun tunggal dengan ukuran kecil dan tersusun secraa spiral. Batangnya berwarna hijau dan beruas. Macam tumbuhan paku dan klasifikasinya ini memiliki letang sporangiumnya berada di strobilus.

5. Macam Tumbuhan Paku Makrofil

Macam tumbuhan paku dan klasifikasinya berdasar ukuran yang adalah makrofil. Tumbuhan paku makrofil adalah tanaman paku dengan daun sangat lebar. Ciri-cirinya yaitu daun bercabang dan ada tulang daun, serta punya bentuk daun yang ukurannya besar. Jenis tumbuhan paku berdaun makrofil juga telah memiliki diferensiasi sel untuk proses kembangbiaknya, juga terdapat tangkai pada daunnya.

6. Macam Tumbuhan Paku porofil

Macam tumbuhan paku dan klasifikasinya berdasar fungsi adalah sporofil. Tumbuhan paku berdaun sporofil berfungsi sebagai penghasil spora yang disimpan didalam kotak spora yang disebut sporangium.

Kumpulan sporangium yang disebut sorus ini ada pada daun sporofil dan terletak di bagian bawah daun dan berupa bintik-bintik berwarna kuning, cokelat, atau cokelat kehitaman. Selain itu, terdapat membran tipis yang fungsinya untuk melindungi sorus-sorus yang masih muda dan disebut indisium.

7. Macam Tumbuhan Paku Mikrofil

Macam tumbuhan paku dan klasifikasinya berdasarkan ukuran adalah mikrofil. Tumbuhan paku dengan daun mikrofil tersebut punya daun yang kecil. Tumbuhan paku mikrofil juga punya ciri-ciri tidak memiliki tulang pada struktur daunnya. Macam tumbuhan paku ini juga tidak memiliki diferensiasi sel untuk proses kembangbiak. Kemudian, jenis tumbuhan paku ini memiliki bentuk daun seperti sisik atau rambut, serta pada struktur daunnya tidak ada tangkai

8. Macam Tumbuhan Paku Tropofil

Macam tumbuhan paku dan klasifikasinya berdasar fungsi berikutnya yaitu tropofil. Daun tropofil merupakan contoh tumbuhan paku yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis atau proses pembuatan makanan.

Fungsi daun pada macam tumbuhan paku ini yaitu untuk membantu menyerap air yang salurannya melalui stomata sehingga dapat terbentuk proses fotosintesis dengan sempurna.

9. Macam Tumbuhan Paku Homospora

Macam tumbuhan paku dan klasifikasinya ini menghasilkan satu jenis spora dengan bentuk dan ukuran yang sama. Paku homospora disebut juga berumah satu karena spora akan tumbuh menjadi protalium pembentuk anteridium maupun arkegonium.

10. Macam Tumbuhan Paku Heterospora

Macam tumbuhan paku dan klasifikasinya ini menghasilkan dua jenis spora dengan ukuran yang berbeda. Macam tumbuhan paku heterospora disebut juga berumah dua. Spora yang berukuran besar atau makrospora berkelamin betina yang akan tumbuh menjadi makroprotalium pembentuk arkegonium. Spora yang berukuran kecil atau mikrospora berkelamin jantan akan tumbuh menjadi mikroprotalium pembentuk anteridium. 

11. Macam Tumbuhan Paku Peralihan

Macam tumbuhan paku dan klasifikasinya ini menghasilkan spora berukuran sama, tetapi dengan jenis berbeda seperti berkelamin jantan atau betina. Spora dapat tumbuh menjadi protalium yang akan membentuk salah satu alat kelamin. Macam tumbuhan paku peralihan termasuk berumah dua.

3 dari 4 halaman

Struktur Macam Tumbuhan Paku

1. Pembuluh angkut

Memiliki sistem pembuluh angkut baik pada akar, batang, dan daun. Macam tumbuhan paku secara anatomi sudah memiliki pembuluh angkut, yaitu xilem yang berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari akar menuju daun untuk proses fotosintesis, dan floem yang berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.

2. Akar

Akar macam tumbuhan paku umumnya mempunyai akar adventif. Akarnya tumbuh secara horizontal di permukaan tanah atau di bawah tanah. Paku epifit rimpang memanjat pada cabang atau batang pohon. Akar yang keluar pertama tidak dominan melainkan disusul oleh akar lain yang semuanya muncul dari batang.

3. Batang

Batang macam tumbuhan paku bercabang-cabang menggarpu (dikotom) atau jika membentuk cabang-cabang ke samping, cabang-cabang baru tidak pernah keluar dari ketiak daun. Batang Pteridophyta terdapat banyak daun yang dapat tumbuh terus hingga waktu lama. Batang spesies paku kebanyakan berada di bawah tanah atau merayap.

4. Daun

Daun merupakan bagian yang paling menonjol dari sebatang paku. Secara umum, macam tumbuhan paku dikenal dengan daunnya tumbuh dari tunas yang menggulung dan memiliki rambut halus. Tangkai ental (daun) disebut tangkai (stipe) untuk membedakan dengan tangkai yang dimiliki oleh tumbuhan lain.

Tangkai paku-pakuan biasanya bersisik atau berbulu datar atau memanjang. Bentuk dan warna sisik atau bulu berguna untuk membedakan berbagai macam paku. Bagian pipih ental dinamakan lamina, ada yang berbentuk tunggal atau terbagi menjadi beberapa atau banyak anak daun yang terpisah.

5. Sorus

Sorus merupakan bagian macam tumbuhan paku yang terletak di permukaan bawah daun paku dan bagian dari kelompok sporangia. Sorus terbuka dan spora haploid keluar, setelah germinasi, spora berkembang menjadi gametofit yang ukurannya hanya beberapa milimeter dan umumnya biseksual. Sporofit paku sangat bervariasi dalam struktur dan ukuran.

6. Reproduksi

Macam tumbuhan paku tidak menghasilkan bunga dan buah, melainkan spora untuk berkembang biak. Tumbuhan paku dapat bereproduksi secara vegetatif dengan pembentukan gemmae dan reproduksi generatif dengan peleburan gamet jantan dan gamet betina. Reproduksi vege yakni dengan stolon yang menghasilkan gemma (tunas). Gemma adalah anakan pada tulang daun atau kaki daun yang mengandung spora.

Sementara reproduksi generatif yakni pembentukan sel kelamin jantan dan betina oleh alat–alat kelamin (gametogonium). Gametogonium jantan (anteredium) menghasilkan spermatozoid dan gametogonium betina menghasilkan sel telur (ovum) seperti halnya tumbuhan lumut, tumbuhan paku mengalami metagenesis (pergiliran keturunan).

7. Tempat hidup

Berdasarkan tempat hidupnya, macam tumbuhan paku ditemukan tersebar luas mulai daerah tropis hingga dekat kutub utara dan selatan. Persebaran tersebut mulai dari hutan primer, hutan sekunder, alam terbuka, dataran tinggi maupun dataran rendah, lingkungan yang basah, lembab, rindang, kebun tanaman, hingga pinggir jalan paku dapat dijumpai.

8. Bentuk

Macam tumbuhan paku dapat berbentuk pohon yang biasanya tidak bercabang, semak, epifit, tumbuhan merambat, mengapung di air, hidrofit, atau berupa terna dengan rimpang yang menjalar di tanah atau humus.

 

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Macam Tumbuhan Paku

1. Sebagian besar tumbuhan paku hidup di kawasan tropis basah

2. Secara umum, tumbuhan paku dikenal dengan daunnya tumbuh dari tunas yang menggulung dan memiliki rambut halus.

3. Dapat bereproduksi secara vegetatif dengan pembentukan gemmae dan reproduksi generatif dengan peleburan gamet jantan dan gamet betina.

4. Tidak menghasilkan bunga dan buah, melainkan spora untuk berkembang biak.

5. Memiliki sistem pembuluh angkut baik pada akar, batang, dan daun. Tumbuhan paku secara anatomi sudah memiliki pembuluh angkut, yaitu xilem yang berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari akar menuju daun untuk proses fotosintesis, dan floem yang berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.

6. Tumbuhan paku dapat berbentuk pohon yang biasanya tidak bercabang, semak, epifit, tumbuhan merambat, mengapung di air, hidrofit, atau berupa terna dengan rimpang yang menjalar di tanah atau humus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini