Sukses

Protokol adalah Standar yang Mengatur Suatu Hal, Ini Penjelasan Selengkapnya

Protokol adalah aturan atau standar yang mengatur suatu hal.

Liputan6.com, Jakarta Protokol adalah aturan atau standar yang mengatur suatu hal. Protokol ini dapat diartikan dalam berbagai aspek bidang tertentu, bisa diartikan dalam sudut pandang ilmu kesehatan, pilitik, maupun dalam jaringan komputer.

Dalam pengertiannya secara luas,  protokol adalah kebiasaan-kebiasaan dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan formalitas, tata urutan dan etiket diplomatik. Aturan-aturan protokoler ini menjadi acuan institusi pemerintahan dan berlaku secara universal. 

Protokol sering digunakan sebagai acuan dalam memegang teguh aturan yang telah dibuat oleh seorang pemimpin. Sistem aturan tersebut harus diterapkan oleh setiap orang yang terlibat.

Untuk lebih rinci mengenai pengertian protokol dalam setiap bidang kehidupan, berikut ini ulasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (1/7/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Protokol Secara Umum

Secara umum, pengertian protokol adalah prosedur resmi atau sistem aturan yang mengatur urusan negara atau acara diplomatik. Secara estimologis istilah protokol berasal dari bahasa Inggris protocol, bahasa Prancis protocole, bahasa Latin protocoll(um), dan bahasa Yunani protocollon.

Pada awalnya, istilah protokol memiliki arti halaman pertama yang terdapat pada sebuah manuskrip atau naskah. Namun seiring dengan perkembangan zaman, pengertian protokol juga berkembang luas. Protokol lantas dikenal sebagai keseluruhan naskah yang isinya terdiri dari catatan, dokumen persetujuan, perjanjian, dan lain-lain dalam lingkup secara nasional maupun internasional.

Namun dengan berjalannya waktu, pengertian protokol bergeser lagi menjadi kebiasaan-kebiasaan dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan formalitas, tata urutan, dan etiket diplomatik. Aturan-aturan protokoler ini menjadi acuan institusi pemerintahan dan berlaku secara universal.

3 dari 5 halaman

Protokol dalam Politik Internasional

Dalam politik internasional, pengertian protokol adalah etiket diplomasi dan urusan kenegaraan. Ini juga dapat merujuk pada perjanjian internasional yang melengkapi atau mengubah perjanjian. Protokol adalah suatu aturan yang menjelaskan bagaimana suatu kegiatan harus dilaksanakan, khususnya dalam bidang diplomasi.

Dalam layanan diplomatik dan bidang pemerintahan, protokol upaya seringkali menjadi pedoman tidak tertulis. Protokol menentukan perilaku yang pantas dan diterima secara umum dalam masalah kenegaraan dan diplomasi, seperti menunjukkan rasa hormat yang sesuai kepada kepala negara, peringkat diplomat dalam urutan kronologis akreditasi mereka di pengadilan, dan sebagainya.

Protokol biasanya digambarkan sebagai seperangkat aturan kesopanan internasional. Aturan yang mapan dan dihormati waktu ini telah mempermudah bangsa dan orang untuk hidup dan bekerja bersama. Bagian dari protokol selalu merupakan pengakuan akan kedudukan hierarkis semua yang hadir. Aturan protokoler didasarkan pada prinsip kesopanan mengutip Dr. P.M Forni atas nama Asosiasi Konsultan dan Pejabat Protokol Internasional.

Terdapat dua arti dari kata protokol. Dalam pengertian hukum, protokol didefinisikan sebagai perjanjian internasional yang melengkapi atau mengubah perjanjian. Dalam pengertian diplomatik, istilah tersebut mengacu pada seperangkat aturan, prosedur, konvensi dan upacara yang berkaitan dengan hubungan antar negara. Sementara secara umum, protokol mewakili sistem kesopanan internasional yang diakui dan diterima secara umum.

4 dari 5 halaman

Pengertian Protokol dalam Dunia Kesehatan

Dalam dunia kesehatan, terdapat juga istilah protokol medis atau protokol kesehatan. Pengertian protokol adalah aturan dan ketentuan yang perlu diikuti oleh segala pihak agar dapat beraktivitas secara aman dalam menghadapi setiap penyakit tak terkecuali ketika pandemi seperti ini. Protokol kesehatan dibentuk dengan tujuan agar masyarakat tetap dapat beraktivitas secara aman dan tidak membahayakan keamanan atau kesehatan orang lain.

Pentingnya penerapan protokol kesehatan ini dalam masyarakat sebagai langkah untuk menurunkan laju pertumbuhan virus yang sedang kita alami di seluruh dunia. Dalam protokol kesehatan tersebut, dipaparkan aturan-aturan yang perlu dilakukan oleh segala pihak yang berada di tempat atau fasilitas umum. Protokol kesehatan yang harus diterapkan bagi masyarakat adalah menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

 

5 dari 5 halaman

Pengertian Protokol dalam Jaringan Komunikasi

Dalam jaringan komunikasi, protokol adalah aturan yang ada dalam sebuah jaringan komputer yang harus ditaati oleh pihak pengirim dan penerima agar dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi meskipun memiliki sistem yang berbeda.

Teknologi protokol jaringan ini dapat diterapkan pada perangkat lunak, perangkat keras atau kombinasi dari keduanya. Protokol sangat berhubungan dengan teknologi informasi dan tidak bisa lepas dari aktivitas di internet. Salah satu keistimewaan protokol pada jaringan komputer adalah memungkinkan penerima maupun pengirim pesan terhubung dengan mudah pada satu media yang sama untuk saling bertukar informasi. Sehingga informasi yang diolah dan dikelola bisa diserahkan dan diterima dengan lancar.

Baik jaringan area lokal (LAN) maupun jaringan area luas (WAN) tidak dapat berfungsi seperti yang mereka lakukan hari ini tanpa menggunakan protokol jaringan. Untuk itu, protokol jaringan ini penting diterapkan dalam sebuah komputer  sebagai perlindungan diri dan memperlancar setiap kinerja dari sebuah software maupun hardware. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini