Sukses

Cara Membuat Daftar Isi Makalah di Word Supaya Rapi, Mudah dan Cepat

Beberapa cara membuat daftar isi makalah di microsoft word untuk Anda dengan mudah dan praktis, sehingga Anda tak perlu lagi membuat titik-titik sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat daftar isi makalah memang sekilas terlihat rumit karena harus mengatur baris sedemikian rupa agar terlihat rapi, namun sesungguhnya langkah untuk membuatnya tidak sulit jika kita mau mencoba.

Daftar isi merupakan penyajian sistematik dalam sebuah karya tulis, misalnya makalah atau skripsi, dan berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam mencari judul dan subjudul yang diinginkan. Untuk makalah atau karya tulis ilmiah, daftar isi dibuat secara rapi dengan format yang sedikit formal dan dibubuhi titik-titik.

Dalam cara membuat daftar isi makalah agar rapi bisa menggunakan cara otomatis pada Microsoft Word dengan cara yang terbilang mudah dan cepat. Berikut cara membuat daftar isi makalah yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (21/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat daftar Isi Makalah di Microsoft Word

1. Mengatur Heading

Cara membuat daftar isi makalah di microsoft word yang pertama adalah mengatur heading terlebih dahulu. Apalagi bila laporan yang disusun memiliki banyak sub bab dan poin penting. Berikut cara membuat daftar isi makalahnya:

a. Blok kata atau kalimat yang ingin Anda buat sebagai daftar isi.

b. Atur Heading dengan fitur Style, terletak di bagian tab Home bagian pojok kanan atas.

c. Pilih Heading 1 untuk bagian utama dan Heading 2 untuk sub bagian. Lakukan cara ini secara terus menerus sampai sub bagian selesai.

d. Pada pop up menu Styles, setelah pilih Heading bisa pilih tanda panah di sampingnya lalu klik Options. Muncul pop up baru untuk mengatur jenis font, ukuran, ketebalan, jarak kalimat, dan sebagainya. Aturlah sesuai keinginan Anda.

2.  Memasukkan Daftar Isi

Cara membuat daftar isi makalah di microsoft word yang selanjutnya adalah dengan memasukkan daftar isi. Apabila tahap heading sudah selesai, kini Anda berlanjut ke halaman kosong yang akan dijadikan sebagai daftar isi. Berikut langkah memasukkannya :

a. Masuk pada menu References di bagian atas, berdampingan dengan Home dan lainnya.

b. Kemudian pilih menu Table of Contents.

c. Anda bisa memilih antara membuat daftar isi secara otomatis atau manual.

d. Opsi pertama dan kedua adalah Tabel Otomatis (Automatic Table 1 dan Automatic Table 2), pilihan ketiga dengan Manual Table.

e. Tambahkan atau mengubah rincian dengan cara klik pada bagian daftar isi. Kemudian klik Update Table di pojok kiri atas, maka angka halaman juga ikut otomatis terisi.

f.  Sedangkan opsi ketiga merupakan Tabel Manual (Manual Table). Pada opsi ini Anda tidak perlu mengatur Heading seperti contoh di atas.

g. Jika Anda membuat perubahan pada dokumen daftar isi tipe manual, perbarui daftar isi dengan mengklik bagian daftar isi tersebut, lalu ketikkan kalimat apa yang diinginkan.

3. Melakukan Pembaruan Tabel

Cara membuat daftar isi makalah di microsoft word yang selanjutnya adalah melakukan pembaruan tabel. Anda bisa mendapatkan kemudahan selanjutnya dalam memperbarui tabel. Jika ada beberapa perubahan yang diterapkan pada dokumen, seperti halaman atau judul sub bab, sehingga diperlukan adanya perubahan juga pada daftar isi.

Anda dapat memilih tombol Update Table di pojok kiri atas. Anda bisa menentukan akan memperbaharui nomor halaman saja atau mengupdate tabel secara keseluruhan.

4. Membuat Daftar Isi Manual

Langkah membuat daftar isi manual ini biasanya dipakai jika tugas Microsoft Word tidak memiliki sub bagian, dan tidak terlalu panjang. Berikut langkah mudahnya :

a. Mengatur Right Tab (blok)

1) Langkah pertama aturlah right tab terlebih dahulu. Guna menampilkan ikon right tab, Anda harus menampilkan Ruler pada tab View.

2) Setelah Ruler ditampilkan, Anda baru bisa melihat ikon Tab ini, di pojok kiri atas, tepatnya di bawah ikon Paste. Klik ikon Tab tersebut hingga terpilih Right Tab.

3) Selanjutnya Anda bisa mengatur posisi Right Tab tersebut melalui ruler yang telah ditampilkan, di bagian atas dokumen. Dengan begitu, Anda bisa meletakkan nomor halaman dengan rapi dari sini.

4) Setelah itu, Anda bisa double click pada Tab pojok kiri atas, atur untuk membuat batas titik-titik daftar isi akan berhenti atau mengatur panjangnya titik-titik daftar isi.

5) Lalu buat sekali lagi sebagai letak penomorannya.

b. Memasukkan daftar isi (blok)

1) Anda tinggal memasukkan isi dari daftar isi laporan Microsoft word. Setelah memasukkan judul bagian, tekan tombol Tab pada keyboard untuk memunculkan titik-titik secara otomatis.

2) Terakhir, Anda cukup memasukkan nomor halaman yang sesuai dengan letak judul bagian tersebut.

Itulah beberapa cara membuat daftar isi makalah otomatis di microsoft word yang mudah dan praktis. Begitu sederhana untuk diterapkan sebagai cara untuk Anda merapikan tampilan halaman daftar isi tanpa merepotkan diri lagi membuat titik-titik sendiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.