Sukses

15 Tempat Wisata di Bandung yang Murah, Mulai Kota hingga Alam Memukau

Tempat wisata di Bandung yang murah ini cocok dikunjungi buat yang ingin liburan dengan dana terbatas.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Bandung yang murah bisa kamu pilih dan menjadi alternatif untuk liburan. Walaupun Bandung merupakan salah satu wilayah metropolitan di Indonesia, namun ada tempat wisata di Bandung yang murah.

Ketersediaan tempat wisata di Bandung yang murah membuat wisatawan tidak bingung ketika ingin menghabiskan waktu libur di sini. Terlebih bagi kamu para pelancong yang tidak ingin merogoh kocek lebih dalam saat liburan.

Tempat wisata di Bandung yang murah bisa kamu temui dan nikmati ketika singgah. Mulai dari tempat wisata kota hingga alam bisa kamu jumpai di tempat wisata Bandung yang murah.

Berikut referensi tempat wisata di Bandung yang murah yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kota Bandung yang Gratis

Gedung Sate

Tempat wisata di Bandung yang murah pertama adalah Gedung Sate. Karena bangunannya yang ikonik dan bersejarah, Gedung Sate telah menjadi salah satu tujuan objek wisata di Bandung. Taman di sekeliling Gedung Sate merupakan lokasi favorit untuk wisatawan berswafoto.

Untuk dapat menikmati kemegahan Gedung Sate dari luar, kamu tak perlu merogoh kocek sepeserpun alias gratis. Kamu dapat berfoto dan menikmati hiruk pikuk kota Bandung yang indah.

Alun-alun Bandung

Tempat wisata di Bandung yang murah berikutnya adalah Alun-alun Bandung. Berkunjung ke Alun-alun Bandung sudah menjadi kewajiban ketika berkunjung ke sini. Tempat ini telah menjadi objek wisata yang populer di Bandung. Tak ada tarif tertentu untuk menikmati tempat wisata di Bandung yang murah ini. Kamu dapat menikmati sore di Alun-alun Bandung ditemani dengan kuliner yang bisa kamu beli di sekitar tempat wisata di Bandung yang murah ini.

Babakan Siliwangi

Tempat wisata di Bandung yang murah berikutnya adalah Babakan Siliwangi. Babakan Siliwangi adalah ruang terbuka hijau di jantung kota Bandung. Tempat ini sudah menjadi area sabuk hijau sejak zaman Belanda. Hutan kota ini nggak kalah cantiknya dengan Central Park, New York.

 

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kota Bandung yang Murah

Jalan Braga

Jalan Braga menjadi salah satu maskot Bandung sebagai Paris van Java. Di sisi kanan kiri Jalan Braga terdapat kompleks bangunan yang masih mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda dengan kesan kemegahannya.

Di sini kamu dapat merasakan kemegahan Kota Bandung dari bangunan-bangunan tempo dulunya. Hingga saat ini kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sama seperti tempat wisata di Bandung yang murah, Jalan Braga gratis untuk diakses pengunjung.

Jalan Asia Afrika

Jalan bernilai sejarah tinggi ini tertata apik dan memiliki sederet instalasi public art yang bisa dijadikan spot foto keren.

Taman Film

Ada berbagai macam taman di Bandung. Taman-taman tersebut dibangun dengan masing-masing tema yang unik. Salah satu taman yang bisa kamu kunjungi saat di Bandung adalah Taman Film. Taman ini terletak di Jalan Layang Pasupati.

Taman Film menawarkan area terbuka untuk menonton film bersama warga kota lainnya. Sensasinya seperti nonton film tancep di zaman dulu, tetapi dengan nuansa yang lebih modern.

4 dari 6 halaman

Wisata Alam di Bandung yang Murah

Curug Maribaya

Tempat wisata di Bandung yang Murah berikutnya adalah Curug Maribaya. Curug Maribaya dikenal sebagai air terjun yang kental akan mitos dan hal mistis di dalamnya. Namun tak perlu khawatir, lokasi ini tetap menyimpan pesona alam yang luar biasa indahnya.

Selama kamu berhati-hati, tidak akan terjadi masalah saat mengunjunginya. Untuk menikmati pemandangan air terjun ini, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp 3.000 untuk dapat masuk ke tempat wisata di Bandung yang murah ini.

Puncak Ciumbuleuit

Puncak Ciumbuleuit atau yang juga dikenal dengan Punclut merupakan salah satu wisata Bandung yang patut dikunjungi saat berada di Bandung. Tak jauh dari pusat kota, kamu dapat menyaksikan indahnya Kota Bandung dari ketinggian. Tempat ini juga gratis untuk dikunjungi dan selalu indah baik siang atau malam hari.

Beberapa tempat makan pun tersedia di wilayah ini. Di sini kamu juga bisa menemukan kuliner-kuliner khas Sunda yang siap menemani waktumu menikmati keindahan kota Bandung dari ketinggian.

Tebing Keraton

Tempat wisata di Bandung yang murah berikutnya adalah Tebing Keraton. Tebing Karaton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Tebing ini cocok untuk menikmati pemandangan sunrise maupun sunset. Di sini kamu bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa dari ketinggian.

 

5 dari 6 halaman

Wisata Alam di Bandung

Taman Hutan Raya Djuanda

Tempat wisata di Bandung yang murah lainnya adalah Taman Hutan Raya Djuanda. Di taman hutan ini kamu bisa menghilangkan penat. Di tempat itu wisatawan bisa mengunjungi objek wisata bersejarah, seperti gua Belanda dan Jepang. Konon gua ini digunakan sebagai markas militer, penjara bahkan tempat penyimpanan senjata perang.

Dalam wisata di sini kamu akan diajak untuk mengenal flora. Pasalnya, Taman Hutan Raya tercatat memiliki tidak kurang dari 2. 500 jenis tanaman, yang terdiri dari 40 jenis familia serta 112 spesies.

Harga tiket Taman Hutan Raya Juanda ini adalah Rp 12 ribu saja. Dengan suhu udara yang selalu sejuk dan suasana yang tenang, tentunya Taman Hutan Raya cocok dijadikan tempat berkumpul, bersantai dan bercengkrama bersama keluarga.

Curug Malela

Curug Malela merupakan tempat wisata di Bandung yang murah. Tempat wisata ini terletak di Desa Cicadas, Gunung Halu. Air terjun ini mengalir dalam lima jalur, yang menghasilkan pemandangan megah dan memikat. Air terjun ini masih satu rangkaian dengan Curug Katumiri, Manglid, Ngebul, Sumpel, Palisir, dan Pameungpeuk.

Curug Cimahi

Curug Cimahi yang juga dikenal dengan nama Curug Pelangi kini semakin cantik dengan hiasan lampu warna-warni yang tersembunyi di balik aliran air. Jadinya seperti pelangi yang mengalir dari tebing.

6 dari 6 halaman

Wisata Museum di Bandung yang Murah

Museum Konferensi Asia Afrika

Tempat wisata di Bandung yang murah selanjutnya adalah Museum Konferensi Asia Afrika. Museum Konferensi Asia Afrika merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada tanggal 18 sampai dengan 24 April 1955. Museum ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan Gedung Merdeka.

Secara keseluruhan Gedung Merdeka memiliki dua bangunan utama, yang pertama disebut Gedung Merdeka sebagai tempat sidang utama, sedangkan yang berada di samping Gedung Merdeka adalah Museum Konferensi Asia Afrika.

Untuk dapat merasakan euforia Konferensi Asia Afrika ini, kamu cukup datang ke Jalan Asia Afrika No. 65. Kota Bandung. Kamu tak perlu merogoh kocek sepeserpun karena museum ini menggratiskan para pengunjungnya untuk masuk.

Museum Sri Baduga

Satu lagi museum yang patut dikunjungi saat di Bandung adalah Museum Sri Baduga. Museum Sri Baduga memiliki koleksi benda-benda bersejarah seperti berbagai jenis koleksi Geologika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika/Heraldika, Filologika, Keramik, Seni Rupa dan Teknologi.

Museum Sri Baduga berada di Jalan BKR No.185 (Lingkar Selatan) Kota Bandung. Harga tiket masuk museum ini juga amat murah meriah yaitu Rp 2.500 untuk orang dewasa dan Rp 1.500 bagi anak-anak.

Museum Geologi Bandung

Tempat wisata di Bandung yang murah berikutnya adalah Museum Geologi. Museum ini terletak tidak jauh dari Gedung sate. Untuk dapat masuk ke museum ini, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 2 ribu untuk pelajar, Rp 3 ribu untuk warga lokal, dan Rp 10 ribu untuk wisatawan asing.

Di museum ini kamu dapat melihat berbagai ruang peragaan yang menampilkan kondisi geologi Indonesia tiap zamannya, fosil, flora-fauna dan sejarah terbentuknya kota Bandung, serta sumber daya geologi dan pemanfaatannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.