Sukses

Cara Mengubah File JPG ke PDF yang Mudah Secara Online dan Offline

Cara mengubah file JPG ke PDF bisa dilakukan di PC/laptop maupun di smartphone.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengubah file JPG ke PDF bisa dilakukan di PC/laptop maupun di smartphone. Mengubah file JPG ke PDF biasanya dilakukan agar file lebih tersusun rapi dan mudah dibaca. Hal ini juga kerap kali diperlukan saat kamu melamar kerja. File yang diminta biasanya dengan format PDF.

tidak perlu khawatir, karena sekarang ini sudah banyak fitur dan layanan yang membuatmu bisa dengan mudah mengubah file JPG menjadi PDF. Tidak hanya bisa dilakukan di PC/laptop saja, bahkan kamu bisa melakukannya langsung di smartphone.

Cara mengubah file JPG ke PDF tidak sulit diterapkan, kamu tinggal mengikuti beberapa langkah mudah. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan cara mengubah file JPG ke PDF dengan gratis di berbagai situs pilihanmu.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara mengubah file JPG ke PDF dari berbagai sumber, Rabu (17/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengubah File JPG ke PDF Secara Online di PC/Laptop

Cara mengubah file JPG ke PDF yang pertama bisa kamu terapkan secara online di PC/laptop. Tentunya layanan ini bisa kamu gunakan dengan Cuma-Cuma alias gratis. Berikut cara mengubah file JPG ke PDF yang pertama:

-  Buka website jpg2pdf.com

- Upload file JPG yang ingin kamu ubah menjadi PDF

- Selanjutnya, kamu tinggal menunggu proses konversi, yang biasanya sangat cepat

- Kemudian, klik link untuk mengunduh hasil konversi

Itulah salah satu cara mengubah file JPG ke PDF secara online yang tentunya sangat mudah untuk diterapkan. Kamu juga bisa menggunakan website lainnya yang juga tak kalah mudah dan menawarkan berbagai fitur, sesuai dengan keinginanmu.

3 dari 5 halaman

Cara Mengubah File JPG ke PDF Secara Offline di PC/Laptop

Cara mengubah file JPG ke PDF secara offline bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Hal ini terutama baerlaku bagi kamu yang menggunakan Windows 10 yang telah memiliki fitur bawaan untuk mengubah file JPG ke PDF.

Berikut cara mengubah file JPG ke PDF secara offline di PC atau laptop:

- Buka foto dengan format JPG yang ingin kamu ubah menjadi file PDF. Klik dua kali untuk membuka foto dengan aplikasi Photos bawaan dari Windows 10.

- Setelah aplikasi Photos terbuka, kamu tinggal klik opsi Print pada bagian kanan atas untuk mengubah file JPG ke PDF secara offline di PC atau laptop.

- Kamu tinggal mengubah dulu printer default menjadi Microsoft Print to PDF pada menu dropdown yang ada di bagian atas.

- Kamu juga bisa mengatur ukuran kertas, ukuran foto, dan margin halaman. Jika sudah, klik tombol Print.

- Terakhir, simpan file PDF pada folder yang diinginkan. Jangan lupa untuk mengisi File name dan selanjutnya, klik tombol Save untuk menyimpan.

4 dari 5 halaman

Cara Mengubah File JPG ke PDF Secara Online di Smartphone Android

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga bisa menerapkan cara mengubah file JPG ke PDF dari smartphone. Berikut cara mengubah file JPG ke PDF secara online di smartphone android:

- Buka situs Small PDF,  smallpdf.com/jpg-to-pdf di browser

- Lalu, klik opsi Choose file yang ada di bagian tengah layar untuk memilih file JPG yang ingin diubah. Kamu juga bisa drag and drop file JPG langsung dari file manager ke browser.

- Setelah diunggah kamu bisa langsung mengatur format file PDF yang diinginkan.

- Lalu, klik Create PDF Now. Kamu juga bisa memilih ukuran kertas, orientasi (portrait atau landscape), hingga ukuran margin.

- Tunggu hingga proses konversi selesai. Setelah itu kamu sudah bisa mengunduh file.

5 dari 5 halaman

Cara Mengubah File JPG ke PDF Secara Offline di Smartphone Android

Kamu juga bisa mengubah file JPG ke PDF secara offline di smartphone android. Cara mengubah file JPG ke pdf secara offline di smartphone ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Kamu tinggal memilih aplikasi di Google Play Store.

Berikut cara mengubah file JPG ke PDF dengan aplikasi ‘JPG to PDF Converter’ yang bisa kamu unduh di Google Play Store:

- Buka aplikasi, lalu pilih file JPG yang ingin diubah dengan klik opsi Files.

- Selanjutnya, Kamu juga bisa mengubah file–file JPG yang sudah dikumpulkan dalam satu folder dengan klik opsi Folder.

- Kamu bisa mengatur format sesuai yang diinginkan seperti ukuran kertas, orientasi, kompresi gambar, serta proteksi password untuk melindungi file PDF agar lebih aman.

- Lalu, tinggal klik Convert to, secara otomatis file JPG sudah diubah menjadi PDF dan disimpan di memori internal.

Itulah beberapa cara mengubah file JPG ke PDF yang bisa kamu terapkan secara online maupun offline. Kamu bisa menerapkan cara tersebut baik di PC/laptop, maupun di smartphone android kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.