Sukses

10 Tempat Wisata di Sukoharjo, Nikmati Alam yang Indah

Sukoharjo merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki sejuta pesona dan panorama alam menakjubkan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Sukoharjo bisa kamu jadikan alternatif liburan ketika singgah ke wilayah Jawa Tengah. Sukoharjo merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki sejuta pesona dan panorama alam menakjubkan.

Namun, tak banyak orang yang mengetahui tempat wisata di Sukoharjo karena keindahan alamnya masih banyak yang tersembunyi. Selain wisata alam, tempat wisata di Sukoharjo juga ada situs budaya, situs bersejarah, hingga spot foto kekinian. 

Jika kamu memiliki rencana ke Jawa Tengah dan sekitarnya, sempatkan untuk mempir ke Sukoharjo. Kamu akan disuguhkan deretan tempat wisata di Sukoharjo yang keren dan memukau sehingga dapat membuat momen liburan kamu berksesan.

Berikut tempat wisata di Sukoharjo yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam di Sukoharjo

Gunung Sepikul

Gunung Sepikul merupakan salah satu tempat wisata di Sukoharjo bernuansa alam yang bisa kamu kunjungi. Bagi kamu yang suka trekking ataupun ingin menikmati indahnya pemandangan alam, Gunung Sepikul wajib dikunjungi ketika ke Sukoharjo.

Tempat wisata alam ini terletak di daerah Tiyran, Bulu, Kabupaten sukoharjo, Jawa Tengah. Berkunjung ke sini kamu akan disuguhkan indahnya pemandangan alam dan udara sejuk khas daerah dataran tinggi.

Walaupun namanya gunung, namun sejatinya tempat wisata ini berupa bukit. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan untuk melewati medan pendakian hingga ke puncak.

Telaga Biru Sukoharjo

Telaga Biru merupakan tempat wisata di Sukoharjo yang berbatasan dengan Gunung Kidul. Tempat wisata alam ini banyak diminati oleh wisatawan, terlebih kalangan anak muda.

Tempat wisata di Sukoharjo ini menawarkan daya tarik berupa area perairan berbentuk telaga yang berliku-liku. Karena bentuk aliran yang berliku-liku inilah, menjadikan destinasi wisata ini terlihat unik dan eksotis.

Telaga Biru Sukoharjo ini terletak di Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sekoharjo, Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Jawa Tengah. Di sini kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam dari ketinggan, mandi, bahkan hanya sekedar bermain air.

Gunung Taruwongso

Tempat wisata alam di Sukoharjo berikutnya adalah Gunung Taruwongso. Di sini kamu bisa menikmati keindahan alam Sukoharjo dari ketinggian. Walaupun tidak terlalu tinggi, namun pemandangan cukup untuk membuat kamu terpesona.

Untuk mencapai puncak gunung ini, kamu tidak perlu trekking. Pasalnya, sudah ada jalan yang bisa kamu lewati dengan kendaraan untuk sampai ke puncaknya. Dari sini kamu bisa menyaksikan pemandangan Kota Sukoharjo dari kejahuan.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Peninggalan Sejarah di Sukoharjo

Petilasan Keraton Kartasura

Petilasan Keraton Kartasura merupakan tempat wisata di Sukoharjo bernuansa peninggalan sejarah. Tempat wisata yang terletak di daerah Ngadirejo ini merupakan peninggalan sisa-sia keraton Kartosuro.

Peninggalannya memang hanya berupa sisa-sisa saja. Hal ini dikarenakan sudah banyak barang-barang yang hilang dan berubah fungsi menjadi pemukiman penduduk. Namun, di sini kamu masih bisa menyaksikan peninggalan keraton berupa tembok bata yang melingkari kompleks dalam keraton.

Berkunjung ke tempat wisata di Sukoharjo ini kamu akan menemukan beberapa peninggalan dari keraton yang berdiri pada 1680 hingga 1742.

Petilasan Keraton Kerajaan Pajang

Selain sisa peninggalan keraton Kartosuro, kamu juga bisa melihat bukti sejarah peninggalan kerajaan Pajang yang masih terletak di sekitar kawasan Kartasura.

Di sini kamu bisa menemukan banyak sekali benda-benda yang berhubungan erat dengan pajang atau dengan Jaka Tingkir. Benda tersebut baik berupa lukisan maupun benda-benda lain yang dianggap memiliki hubungan erat dengan Jaka Tingkir.

Sembari melihat-lihat, kamu bisa berbicara dengan Juru Kuncen di petilasan tersebut mengenai sejarah perkembangan pajang dari awal berdirinya hingga akhir kemundurannya.

Museum Pesanggrahan Langenharjo

Tempat wisata di Sukoharjo bernuansa peninggalan sejarah berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Pesanggrahan Langenharjo. Museum peninggalan sejarah ini terlatak di Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

Lokasi museum ini terletak di kawasan hijau yang cukup luas, dengan dikelilingi taman yang sejuk. Bangunannya berdiri dari beberapa ruangan dan pendopo khas gaya klasik masa lalu.

Bukan hanya menampilkan peninggalan sejarah masa Pakubuwono IX, melainkan juga terdapat pemandian air panas alami. Pemanidan ini menjadi nilai tambah bagi wisatwan yang berkunjung ke area museum ini.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Sukoharjo Lainnya

Dunia Air Pandawa

Jika ingin menghabiskan liburan bersama keluarga, kamu bisa mengajak sanak saudara ke Dunia Air Pandawa. Tempat wisata di Sukoharjo ini menawarkan berbagai macam wahana permainan air yang mirip seperti wahana permainan di Taman Wisata Jaya Ancol.

Mulai dari seluncuran hingga ombak buat bisa kamu temui dan nikmati di sini. Keunikan lain yang bisa kamu temui di tempat wisata ini adalah adanya patung wajah Pandawa berukuran sangat besar.

Tempat wisata wahana bermain air ini terletak di Komplek Pandawa Jalan Cemara Raya, Gedangan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Di hari biasa tempat wisata ini mulai beroperasi mulai pukul 12 siang hingga 6 sore. Sedangkan hari libur dan akhir pekan beroperasi mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore.

Masjid Agung Baiturrahmah

Bagi kamu yang suka mengunjungi tempat wisata bernuansa religi, di Sukoharjo kamu bisa berkunjung ke Masjid Agung Baiturrahmah. Masjid ini berada di tengah Kota Sukoharjo dan memiliki berbagai daya tarik selain sebagai tempat beribadah.

Masjid ini memiliki daya tarik berupa desain arsitektur yang sangat instagramable. Bangunan mewah berwana putih dengan menara yang menjulang tinggi dipadukan dengan kubah hijau mengkilat.

Selain itu, setiap detail arsitekturnya sangat istimewa dan unik sehingga bisa dijadikan objek foto yang menarik. Bukan hanya itu, masjid ini juga memiliki halaman dan taman yang luas dan sejuk sehingga bisa digunakan sebagai lokasi bersantai sejenak.

 

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Sukoharjo Lainnya

Dam Colo

Potensi obyek wisata di Sukoharjo Dam Colo bisa menjadi destinasi utama, tepatnya Jembatan Bendung Colo, Jetis, Pengkol, Nguter, Sukoharjo. Dam ini memiliki struktur bangunan yang unik, terutama area di bawahnya yang menuju aliran air.

Lokasinya yang berada di sebuah perbukitan nan hijau menjadi salah satu yang menarik wisatawan. Selain itu, aliran air dari dam yang memiliki kotak-kotak pijakan sangat unik untuk dijadikan latar belakang untuk berswafoto. Kamu bisa berfoto di area tersebut pada saat aliran air kecil, sehingga bisa merasakan keindahan kawasan dam tersebut.

Transformers Park

Bagi kamu pecinta film Holywood transformer, maka wajib mengunjungi tempat wisata di Sukoharjo yang satu ini. Transformers Park terletak di Jasatirta, Banaran, Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo merupakan destinasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan.

Transformers Park merupakan objek wisata yang menyediakan berbagai wahana modern di dalam kawasan bernuansa dunia transformer. Ada sekumpulan berbagai jenis mobil tua dan unik yang mencuri perhatian. Terlebih lagi warna mereka yang cenderung sama, yaitu kuning dan karatan.

Hal inilah yang menambah kesan alami dari pembuangan kendaraan bermotor tersebut. Bagi kamu yang menyukai fotografi, bisa banget ke sini untuk berswafoto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.