Sukses

7 Dampak Buruk Memakai High Heels bagi Kesehatan, Jangan Anggap Sepele

Penggunaan high heels atau sepatu hak tinggi terlalu lama dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan.

Liputan6.com, Jakarta Sepatu hak tinggi atau high heels merupakan salah satu alas kaki favorit sebagian perempuan. High heels dipercaya dapat menjadikan kaki tampil cantik dan menambah tinggi badan.

Tidak hanya untuk ke pesta, high heels kerap menjadi salah satu aksesori utama untuk pergi ke kantor atau hanya bersantai sekaligus. Namun, bagi kamu yang memiliki kebiasaan memakai high heels terlalu sering perlu berhati-hati.

Penggunaan high heels terlalu lama dapat menyebabkan gangguan pada berbagai organ tubuh. Ada beberapa dampak buruk memakai high heels bagi kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/1/2020). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Nyeri Sendi

Dampak buruk memakai high heels bagi kesehatan yang pertama adalah nyeri sendi. Nyeri sendi kerap dirasakan bagi pengguna high heels terlebih pada area kaki dan punggung.

Pengguna high heels akan berisiko mengalami hallux valgus atau penonjolan tulang ibu jari. Gangguan ini akan menyebabkan rasa nyeri, kemerahan, dan lecet pada penonjolan tulang, khususnya saat memakai sepatu.

Selain itu, nyeri punggung akibat penggunaan high heels disebabkan karena seluruh tekanan tubuh terkonsentrasi di bagian belakang. Hal ini menyebabkan sirkulasi darah rendah di sekitar daerah tersebut kurang lancar dan rasa sakit menjepit di bagian belakang dan pinggul.

3 dari 8 halaman

Penyakit Tulang Belakang

Dampak buruk memakai high heels lainnya dapat berpengaruh pada tulang belakang. Hal ini dikarenakan keselarasan tulang belakang berubah saat memakai high heels.

Memakai high heels terlalu lama dapat menyebabkan tulang belakang bergerak secara tidak wajar dan menyebabkan penekanan pada otot daerah lumbar. Kondisi ini akan menyebabkan timbulnya rasa sakit, mati rasa, sakit pada punggung bagian bawah, dan kesemutan ketika menggunakannya.

4 dari 8 halaman

Cedera Lutut

Tumpuan yang salah ketika menggunakan high heels akan menyebabkan berat badan lebih tertumpu pada bagian tengah lutut. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan risiko cedera lutut.

5 dari 8 halaman

Varises

Penggunaan high heels akan membuat pergerakan kaki menjadi terbatas. Hal ini dapat membatasi sirkulasi darah pada anggota tubuh bagian bawah.

Karena efisiensi aliran darah terganggu, maka dapat terjadi pelebaran pembuluh darah vena pada tungkai yang dikenal dengan varises. Dalam jangka panjang, varises dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri pada kaki yang terkena.

6 dari 8 halaman

Kuku Kaki Tumbuh ke Dalam

Pada sebuah studi membuktikan bahwa penyebab utama kuku tumbuh ke dalam adalah pemakaian high heels. Menghilangkan kuku yang mengalami pertumbuhan ke dalam akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Kamu harus segera ke dokter untuk mengatasi permasalahan ini.

7 dari 8 halaman

Tekanan pada Kaki

Kaki kamu berada pada posisi menukik ketika memakai high heels. Jepitan sepatu high heels biasanya berakhir dengan meninggalkan rasa sakit pada kaki. Tekanan pada kaki pun akan intens dan tidak terkendali.

8 dari 8 halaman

Berjalan Tidak Seimbang

Penggunaan high heels secara tidak langsung dapat mengubah postur tubuh. Hal ini dikarenakan tidak semua perempuan dapat menyeimbangkan dengan baik saat memakai high heels.

Kondisi ini dapat membuat proses berjalan menjadi sangat tidak nyaman bagi beberapa perempuan. Kecenderungan kehilangan keseimbangan bahkan risiko jatuh.

Kaki kamu juga berisiko keseleo pada area pergelangan kaki. Otot dan peradangan tendon juga dapat terjadi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.