Sukses

6 Manfaat Pepaya untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Manfaat pepaya untuk wajah dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat pepaya untuk wajah dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Pepaya tinggi akan kandungan vitamin A, B, dan C. Selain itu, enzim proteolitiknya, seperti papain dan chymopapain juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Kandungan nutrisi yang melimpah ini menjadikan buah pepaya cocok dijadikan bahan perawatan kulit. Pepaya matang bisa dijadikan masker wajah alami dan umumnya cocok untuk semua jenis kulit. Dengan perpaduan bahan alami lainnya, masker pepaya ini bisa menyehatkan kulit wajah. 

Manfaat pepaya untuk wajah dan cara menggunakannya harus kamu kenali. Hal ini tentunya agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Selain itu, kamu juga harus melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung terlalu lama, banyak minum air putih, tidak merokok, dan mengonsumsi banyak sayur dan buah yang kaya akan antioksidan sebagai cara menjaga kecantikan wajah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/6/2020) tentang manfaat pepaya untuk wajah

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Pepaya untuk Wajah

Mencerahkan dan Meregenerasi Kulit

Manfaat pepaya untuk wajah bisa didapatkan dari berbagai produk kecantikan. Beberapa produk sabun bahkan terbuat dari ekstrak buah pepaya. Hal ini karena manfaat pepaya untuk wajah dapat mencerahkan dan meregenerasi kulit.

Hal ini berkaitan dengan buah pepaya yang mengandung vitamin C tinggi, membuatnya sering dijadikan bahan baku untuk membuat sabun pencerah wajah. Seperti dilansir Liputan6.com dari KlikDokter, vitamin C memiliki berbagai manfaat untuk wajah, yaitu untuk merangsang produksi kolagen yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit, memberikan efek antioksidan yang melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet, membantu pertumbuhan sel kulit baru dan membentuk kulit yang lebih cerah, dan juga dapat mengencangkan pori-pori dan mengurangi sekresi sebum.

Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A dan E yang kolaborasinya dengan vitamin C dapat membantu kelancaran proses regenerasi kulit, sehingga bisa mengurangi sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan mencegah kekusaman pada kulit wajah.

Melembutkan Kulit

Manfaat pepaya untuk wajah berikutnya adalah untuk melembutkan kulit. Setelah proses pengelupasan kulit selesai, biasanya kulit menjadi lebih kering. Kamu bisa mengaplikasikan losion yang mengandung ekstrak buah pepaya secara rutin agar permukaan kulit menjadi lebih lembap dan lembut

Untuk melembutkan kulit, kamu juga bisa mencoba menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak pepaya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Pepaya untuk Wajah

Mencegah Peradangan pada Kulit

Manfaat pepaya untuk wajah selanjutnya adalah untuk mencegah peradangan. Enzim proteolitik (pengurai protein) chymopapain dan papain dalam pepaya dapat mempercepat proses penyembuhan serta mencegah timbulnya infeksi lanjutan di area kulit yang terbakar matahari, misalnya setelah berjemur di pantai. Sabun atau losion berbahan pepaya bisa digunakan.

Saat menggunakan sabun pepaya untuk mandi, biasanya kulit yang sudah telanjur menggelap akan mengelupas secara bertahap, lalu warnanya kembali seperti semula. Kondisi ini dipicu oleh kombinasi kandungan enzim papain beserta asam alfa hidroksi (AHA). Keduanya bertindak sebagai eksfolian untuk melarutkan protein tak aktif sekaligus membuang sel kulit mati.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, oleskan juga pelembap yang mengandung enzim papain.

Baik untuk Eksem dan Psoriasis

Manfaat pepaya untuk wajah berikutnya adalah untuk memelihara kondisi kulit yang eksem dan psoriasis. Penderita eksem dan psoriasis dapat mengandalkan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak pepaya agar kulit tak terlampau kering. Bahkan, kulit-kulit mati yang masih menempel juga bisa dihilangkan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Pepaya untuk Wajah

Mengurangi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Selain sabun atau losion yang mengandung ekstrak pepaya oranye, kamu juga bisa memanfaatkan pepaya hijau untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Manfaat pepaya untuk wajah satu ini tentunya sangat penting untuk kecantikan.

Buah pepaya hijau dapat dihancurkan menjadi bubur, lalu kamu dapat mengoleskannya di bawah mata. Diamkan selama beberapa waktu dan lakukan secara rutin untuk memudarkan lingkaran gelap tersebut.

Menyamarkan Garis-garis Halus pada Wajah

Tak cuma dagingnya yang bermanfaat, kulit pepaya juga bermanfaat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Manfaat pepaya untuk wajah dari kulitnya ini adalah untuk menyamarkan garis-garis halus.

Beberapa penelitian bahkan mengklaim bahwa efektivitasnya sama kuat dengan tretinoin. Enzim di dalam kulit pepaya dipercaya dapat menyamarkan kerutan serta bintik-bintik penuaan.

5 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Pepaya untuk Wajah

Masker pepaya dan lemon untuk kulit berjerawat

Lemon memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Vitamin C dalam air lemon membersihkan kulit yang menyumbat pori-pori. Vitamin C juga membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari dan photoaging.

Potong 1/2 cangkir pepaya matang menjadi potongan-potongan kecil dan hancurkan. Tambahkan 1 sendok teh madu, air lemon dan aduk hingga rata. Oleskan pada wajah hingga merata dan diamkan mengering selama 10-15 menit. Bilas dengan air dingin. Gunakan masker ini 3 hingga 4 kali sehari.

Masker pepaya dan madu untuk kulit kering

Selain manfaat antimikroba dan terapeutiknya, madu memiliki sifat menghidrasi untuk kulit. Mencampurkannya dengan pepaya sebagai masker wajah menjaga kulit lembut, kenyal, dan halus.

Potong 1/2 cangkir pepaya matang menjadi potongan-potongan kecil dan hancurkan. Tambahkan 2 sendok teh susu murni dan 1 sendok makan madu ke pepaya yang telah dihaluskan. Aduk rata hingga membentuk pasta halus. Oleskan masker ini di seluruh wajah dan leher, hindari bagian mata. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Gunakan masker ini 1-2 kali seminggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.