Sukses

7 Manfaat Buah-buahan untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat buah-buahan untuk kecantikan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah-buahan untuk kecantikan tidak perlu dipertanyakan lagi. Sebagai bahan alami yang sehat, menggunakan buah-buahan sebagai perawatan kecantikan tentunya lebih aman. Apalagi, tidak sedikit juga produk kecantikan yang menggunakan buah-buahan sebagai bahan utamanya.

Baik perawatan dari dalam tubuh dengan konsumsi makanan sehat, maupun perawatan dari luar tubuh dengan menggunakan masker bisa dilakukan. Perawatan yang teratur dan cocok untuk kulit tentunya akan menentukan kecantikan wajahmu nantinya.

Manfaat buah-buahan untuk kecantikan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Berbagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan lain-lain dibutuhkan untuk merawat kecantikan kulit. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa kamu penuhi dengan memanfaatkan beberapa buah-buahan sehat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/2/2020) ragam manfaat buah-buahan untuk kecantikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Apel untuk Kelembapan Kulit

Manfaat buah-buahan untuk kecantikan yang pertama datang dari apel, yaitu untuk melembapkan kulit. Menurut artikel yang dilansir SFGate Healthy Eating, apel mengandung vitamin C dalam bentuk asam askorbat. Satu buah apel berukuran besar dapat memenuhi 14 persen kebutuhan vitamin C wanita dewasa.

Vitamin C yang terkandung pada apel dapat membantu kulit memproduksi kolagen, mempertahankan kelembapan dan kekenyalan kulit. Apel juga bisa digunakan sebagai pengganti moisturizer cream saat darurat.

Apel juga mengandung vitamin A dan tembaga. Tembaga diperlukan kulit untuk membentuk melanin yang bertugas melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Hancurkan apel dan oleskan pada kulit kamu untuk mendapatkan khasiatnya. Kamu juga bisa mengonsumsinya sebagai salah satu cara mendapatkan manfaat buah-buahan untuk kecantikan.

3 dari 8 halaman

Body Scrub dari Kulit Jeruk

Manfaat buah-buahan untuk kecantikan selanjutnya bisa didapatkan dari jeruk. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang kaya sehingga tidak heran buah ini menjadi pilihan banyak orang dalam memenuhi vitamin harian. Jeruk berkhasiat dalam menjaga kecantikan kulit. Kandungan vitamin C di dalamnya bisa memicu regenerasi sel kulit sehingga kulit terlihat cerah dan muda.

Selain itu, kulit jeruk juga dapat dimanfaatkan untuk membantu membersihkan sisa-sisa sel kulit mati dan kotoran yang menempel. Caranya mudah, basahkan kulit jeruk dan oleskan pada body scrub. Gosokkan pada kulit dan lihat hasilnya. Kulit akan terasa lebih lembut, terawat dan bebas dari sisa kulit mati yang membandel.

4 dari 8 halaman

Jambu Biji untuk Menyamarkan Kerutan

Wanita tidak akan percaya diri jika kerutan pada wajah sudah mulai terlihat. Kamu dapat menyamarkannya dengan perawatan kulit alami menggunakan jambu biji sebagai salah satu manfaat buah-buahan untuk kecantikan.

Jambu biji merupakan salah satu buah-buahan dengan kandungan anti radikal bebas yang tinggi. Hal inilah yang membantu untuk memperlambat proses penuaan pada wajah. Haluskan jambu biji dan jadikan masker pada wajah. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5 dari 8 halaman

Pisang untuk Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah-buahan untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mencegah penuaan dini dengan menggunakan pisang. Pisang bagus untuk kulit disebabkan oleh kandungan vitamin A, B, E, serta kalium yang tinggi di dalamnya.

Kashiatnya tidak hanya membuat kulit kencang tapi juga bisa menghilangkan flek hitam. Pisang bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi masker terlebih dahulu untuk mendapatkan kulit cantik.

6 dari 8 halaman

Pepaya yang Kaya Vitamin A

Buah pepaya adalah sumber vitamin A, vitamin C, dan likopen. Vitamin c dan likopen bertugas melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini. Misalnya keriput, flek, dan kulit kusam. Karena itulah pepaya dapat diterapkan sebagai salah satu manfaat buah-buahan untuk kecantikan.

Penelitian membuktikan kalau likopen juga ampuh untuk mengurangi ruam kemerahan yang terjadi akibat paparan sinar ultraviolet. Sementara penelitian lain menemukan bukti kalau konsumsi likopen dan vitamin C secara teratur selama 14 minggu bisa memudarkan kerutan pada wanita dewasa.

Sementara adanya enzim papain pada papaya bermanfaat untuk menangkal radikal bebas serta mencegah munculnya kerusakan pada kulit. Untuk bisa merasakan manfaat dari pepaya, kamu cukup memakannya langsung atau membuatnya jadi jus.

7 dari 8 halaman

Alpukat untuk Meregenerasi Kulit

Menurut Medical News Today, alpukat atau avokad termasuk salah satu buah dengan kandungan nutrisi kulit paling lengkap. Selain mengandung vitamin E, alpukat juga kaya vitamin A, lutein, dan zeaxanthin. Semuanya berperan besar dalam menjaga kulit dari radikal bebas dan faktor perusak lainnya.

Lemak tidak jenuh pada alpukat bisa membantu menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit, serta membuat kulit wajah terlihat awet muda. Kandungan lain dari alpukat, yakni vitamin E, akan menjaga kulit dari paparan sinar matahari dan meningkatkan proses regenerasi kulit.

8 dari 8 halaman

Nanas yang Kaya Antioksidan

Nanas menawarkan beragam manfaat karena adanya vitamin, mineral, serta antioksidan yang kaya, termasuk juga sebagai manfaat buah-buahan untuk kecantikan.

Buah nanas mengandung vitamin C cukup tinggi. Nutrisi ini diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen dan menjaga kesehatan sel kulit. Sementara itu, betakaroten yang ada di dalam buah nanas akan membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi, paparan sinar ultraviolet, dan usia.

Jika ingin mendapatkan kulit yang cerah dan bersinar, maka konsumsilah nanas setiap hari. Tidak ada salahnya juga jika menjadikan nanas sebagai masker wajah karena kandungan enzim di dalamnya dapat membuat kulit terasa lembut dan halus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.