Sukses

12 Macam Usaha Rumahan yang Pasti Menguntungkan, Cocok untuk Sampingan

Macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan mayoritas hanya memerlukan modal kecil.

Liputan6.com, Jakarta Memulai berbagai macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan bukan hal yang sulit. Langkah awalnya, pahami apa saja kebutuhan pasar. Kemudian evaluasi diri, kira-kira macam usaha rumahan apa yang bisa ditekuni dan tidak memberatkan diri sendiri.

Bagi ibu rumah tangga, macam usaha rumahan cocok dijadikan fokus utama selain mengurus anak dan rumah. Hal ini berlaku bagi yang ingin mencari penghasilan sampingan juga, macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan bisa dijadikan pilihan.

Tak perlu khawatir mengenai modal. Macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan mayoritas hanya memerlukan modal kecil, sisanya mengandalkan keterampilan, keuletan, dan ketekunan. Berikut Liputan6.com ulas berbagai macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan dari berbagai sumber, Selasa (27/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam Usaha Rumahan yang Pasti Menguntungkan

1. Bisnis Kaos Pre-Order

Mengapa harus pre-order? Sebab metode macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan ini akan membantumu untuk tidak mengeluarkan biaya produksi kaos. Selain itu, kamu juga bisa mendapat kepastian mengenai siapa yang akan membeli produk kaos milikmu. Apalagi jika kamu memiliki ketrampilan dalam bidang desain, maka kamu tidak perlu menyewa tukang desain untuk produk kaos milikmu.

2. Jasa Pembuatan Bucket Bunga

Bisnis ini cukup unik namun menguntungkan, cocok dijadikan macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan. Kamu bisa membuka jasa pembuatan bucket bunga yang biasa digunakan ketika wisuda. Selain momen wisuda, bucket bunga ini bisa dijadikan kado ketika momen lain seperti ulang tahun.

3. Jasa Penitipan Binatang

Macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan modal kecil untung besar ini tidak kalah menggiurkan. Kamu bisa memanfaatkan pengetahuanmu tentang binatang dengan membuka penitipan binatang. Biasanya, macam usaha rumahan yang pasti menguntungkandengan penitipan binatang akan ramai di saat libur sekolah dan saat libur panjang di hari besar.

4. Cemilan dan Minuman

Bisnis yang tidak akan pernah mati adalah bisnis makanan dan minuman, setiap orang pasti membutuhkan dua hal ini. Makanan ringan dan minuman segar pun bisa menjadi pilihan kamu untuk berbisnis. Macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan dengan modal kecil hanya dengan uang Rp 50 ribu - 100 ribu saja, kamu bisa langsung menjadi pengusaha cemilan.

Caranya, dengan membeli makanan ringan di grosiran lalu dikemas sesuai dengan kreasi kamu. Selain itu, minuman segar seperti ice bubble atau jus juga bisa menjadi pilihan berbisnis. Kamu bisa memilih untuk membeli paket franchise atau membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang bisa kamu dapatkan di pasar dengan modal Rp 5 juta.

Jika per bungkus makanan ringan dijual dengan harga Rp 5.000, maka dalam sebulan kamu bisa langsung balik modal. Untuk minuman, jika dalam sehari kamu menjual 30 cup dengan harga Rp 6.000, maka dalam sebulan kamu bisa mengganti modal yang sudah dikeluarkan.

3 dari 4 halaman

Macam Usaha Rumahan yang Pasti Menguntungkan

5. Berternak Ikan Lele

Macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan yang menguntungkan berikutnya ialah berternak ikan lele. Usaha ini sangat cocok bagi yang memiliki pekarangan rumah yang lebar, sehingga Anda dapat memanfaatkan tanah ini untuk membuat kolam ikan.

Selain tidak perlu mengeluarkan banyak modal, memelihara ikan lele terbilang juga cukup mudah. Selain itu, berternak lele kini juga sangat menguntungkan, pasalnya hampir setiap warung makan kini membutuhkan pasokan ikan lele. Sehingga berternak lele menjadi salah satu macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan yang menguntungkan.

6. Handmade

Jika kamu punya keahlian merajut, atau sering bikin kerajinan tangan seperti tas lukis, menjahit, membuat buku edukatif anak, ini bisa dijadikan salah satu macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan yang mudah dan gampang. Banyak cerita kesuksesan sebuah usaha yang berawal dari hobi membuat kerajinan tangan ini.

Macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan dengan modal kecil ini merupakan bisnis kreatif yang memiliki peluang untuk bertahan karena produk yang dihasilkan tergolong unik, eksklusif. Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai kanal pemasaran. Asal tahu saja, bila produk yang kamu bikin tergolong menarik, orang enggak akan segan untuk membayar mahal.

7. Waralaba Makanan

Saat ini, ada banyak waralaba makanan yang bisa kamu pilih dan jadikan sebagai pilihan usaha. Macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan dengan modal kecil waralaba makanan, tidaklah harus membutuhkan sejumlah modal yang besar. Beberapa waralaba ini bahkan bisa dimiliki dengan kisaran harga Rp 5-10 juta saja. Kamu bisa menggunakan sejumlah sisa modal untuk menyewa tempat atau kebutuhan yang lainnya.

Caranya adalah pilih jenis waralaba yang banyak diminati dan selalu ramai pembeli, sehingga peluang kamu untuk mendapatkan keuntungan atau penghasilan tambahan menjadi semakin besar. Kamu juga bisa memadukan satu waralaba dengan waralaba lainnya, misalnya makanan dengan minuman, sehingga keuntungan yang didapatkan akan semakin maksimal.

8. Laundri

Macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan dengan modal kecil selanjutnya adalah Laundri. Dengan modal Rp 5-10 juta, kamu sudah bisa membuka usaha ini dalam skala yang cukup besar. Kamu bisa memulainya dengan membeli beberapa mesin cuci dan juga peralatan menyetrika dan mencuci lainnya. Dengan hal itu saja, sudah bisa menjalankan bisnis ini dengan mudah dan nyaman.

Potensi bisnis ini sangat besar, terutama jika memiliki lokasi yang strategis dan menjanjikan, seperti dekat wilayah yang banyak kos-kosan, kampus, sekolah, atau bahkan perkantoran. Bisnis laundri tidak pernah sepi, apalagi jika kamu bisa memberikan pelayanan yang baik dan juga pemasaran yang tepat untuk usaha tersebut.

4 dari 4 halaman

Macam Usaha Rumahan yang Pasti Menguntungkan

9. Cuci Sepatu

Macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan dengan modal kecil ini tidaklah jauh berbeda dengan bisnis laundri. Bedanya, kamu hanya perlu mengeluarkan modal kurang dari Rp 1 juta saja untuk membeli sikat sepatu, cairan pembersih sepatu, dan lainnya. Jika dalam satu hari kamu bisa mencuci 5 pasang sepatu dengan harga Rp 20.000 per pasang, maka dalam sebulan kamu bisa menghasilkan Rp 3 juta.

Bahkan, dalam 3 bulan kamu sudah bisa mempekerjakan satu karyawan untuk membantu kamu mencuci sepatu. Namun, kamu harus menentukan terlebih dahulu target konsumennya. Jangan sampai, bisnis kamu bangkrut karena pelanggan di lingkungan kamu memilih untuk mencuci sepatu sendiri.

10. Warung Kopi

Hampir setiap orang suka minum kopi. Apalagi di Indonesia di mana sudah dikenal di dunia sebagai salah satu produsen kopi berkualitas. Mulai presiden sampai mahasiswa, semua menyukai kopi. Macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan dengan modal kecil ini bisa kamu jajaki dengan membuka warung kopi sederhana. Konsep warung kopi ini bisa kamu eksplorasi sesuai target pasar yang dituju.

Apakah warung kopi sederhana dengan konsep lesehan ala angkringan di kota Jogja, atau ingin yang sedikit kekinian seperti warung kopi mi instan yang kini tengah hype itu. Tentu saja setiap jenis model warung kopi membutuhkan modal yang berbeda-beda. Di peluang usaha ini, kamu harus memiliki konsep yang kuat sehingga bisa bersaing dengan usaha-usaha warung kopi yang sudah ada.

Siapa tahu, macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan dengan modal kecil ala warkop milik kamu nanti akan diserbu oleh tetangga dan kenalan sebelum mereka pergi bekerja.

11. Dropshipper

Satu lagi macam usaha yang tidak boleh Anda lewatkan kesempatannya begitu saja, yaitu usaha dropship. Melalui usaha ini Anda bahkan tidak membutuhkan modal yang besar, cocok dijadikan macam usaha rumahan yang pasti menguntungkan dan aman. Pengiriman barang bisa dilakukan secara langsung dari produsen atau vendor ke pelanggan langsung tanpa perantara. Artinya, Anda tidak perlu susah payah untuk menyediakan stok atau mengirimkannya ke pelanggan.

12. Jual Pulsa Elektrik

Menjual pulsa elektrik adalah macam usaha rumahan yang pasti menguntungkandengan usaha modal kecil untung besar. Pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dan kebutuhan telepon serta internet.

Menjual pulsa elektrik hanya perlu menggunakan modal satu juta rupiah.  Waktu yang diperlukan untuk menjual pulsa juga cukup fleksibel. Hanya perlu melakukan deposito pulsa sesuai nominal modal. Pulsa elektrik juga tidak akan kadaluwarsa. Meski harus terjual lebih lama, penjual tidak akan mengalami kerugian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.