Sukses

35 Kata-Kata Hikmah Islami yang Menyentuh Hati, Penuh Makna

Berbagai kata-kata hikmah Islami ini sangat bermakna dalam dan menyentuh hati.

Liputan6.com, Jakarta Dalam menjalani kehidupan, setiap orang selalu diliputi suka maupun duka karena itu membaca kata-kata hikmah Islami bisa dilakukan. Kadang seseorang berada di titik bahagia, tapi kadang juga seseorang ada di titik terendah kehidupannya. Namun Allah SWT tidak akan memberi sebuah cobaan di luar kemampuan hambanya, selalu ada hikmah dibalik semua cobaan tersebut.

Selalu memetik hikmah dari setiap jalan kehidupan, bisa membuat seseorang merasa bersyukur dengan apa yang sudah diberikan Allah SWT kepadanya. Dengan mensyukuri segala nikmat-Nya, membuat seseorang menjadi lebih ikhlas dan bahagia menjalani hidup yang hanya sementara ini.

Kata-kata hikmah Islami kadang terlontar sebagai sebuah nasihat agar manusia senantiasa sabar dan bersyukur. Kata-kata hikmah Islami bahkan mampu menjadi seseorang mampu menjalani kehidupan meski sedang dirundung masalah.

Apabila Anda salah satu orang yang mungkin sedang di titik terbawah kehidupan, maka kata-kata hikmah Islami cocok untuk menjadi sebuah motivasi Anda. Setidaknya kata-kata hikmah Islami tersebut juga akan membuka mata Anda agar lebih bersyukur.

Berikut ini rangkaian kata-kata hikmah Islami yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (4/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Kata-Kata Hikmah Islami yang Menyentuh Hati

1. " Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." (Jalaludin Rumi)

2. " Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." (QS At Taubah 40)

3. " Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati." (Ali bin Husein)

4. " Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." (QS. At Taubah 40)

5. " Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu." (Ali bin Abi Thalib)

3 dari 8 halaman

Kata-Kata Hikmah Islami Sarat Makna

6. " Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." (Abu Hamid Al Ghazali)

7. " Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

8. " Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." (Ali bin Abi Thalib)

9. " Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." (QS. Al Insyirah 5)

10. " Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." (Ali bin Abi Thalib)

4 dari 8 halaman

Kata-Kata Hikmah Islami yang Membuat Bahagia

11. " Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (QS. Ali Imran: 139)

12. " Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." (HR. Ahmad)

13. " Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati." (Ali bin Husein)

14. " Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." (Jalaludin Rumi)

15. " Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah 21)

5 dari 8 halaman

Kata-Kata Hikmah Islami Agar Bangkit dari Keterpurukan

16. " Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." (Abu Hamid Al Ghazali)

17. " Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar." (Nabi Muhammad SAW)

18. " Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." Abu Hamid Al Ghazali

19. " Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." Ali bin Abi Thalib

20. " Kalau impianmu tak bisa membuatmu takut, mungkin karena impianmu tak cukup besar." (Muhammad Ali)

6 dari 8 halaman

Kata-Kata Hikmah Islami untuk Lebih Baik di Masa Depan

21. " Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

22. " Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar Rad : 11)

23. " Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian." (Habib Ali Zainal Abidin)

24. " Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." (QS. Asy-Syuura : 43)

25. " Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup." (Aa Gym)

7 dari 8 halaman

Kata-Kata Hikmah Islami yang Membuat Semangat

26. " Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS. Al-Baqarah: 286)

27. " Perempuan itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang." (Ali bin Abi Thalib)

28. " Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu." (Imam Asy Syafii)

29. " Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan." (Salim A. Fillah)

30. " Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan." (Salim A. Fillah)

8 dari 8 halaman

Kata-Kata Hikmah Islami yang Selanjutnya

31. "Hiduplah sebagaimana semaumu, tetapi ingat, bahwa engkau akan mati. Dan cintailah siapa yang engkau sukai, namun ingat, engkau akan berpisah dengannya. Dan berbuatlah seperti yang engkau kehendaki, namun ingat, engkau pasti akan menerima balasannya nanti." (Imam Ghazali)

32. "Pemikiran hanya akan menjadi besar dan dapat hidup di antara kita, jika diperjuangkan dengan sebuah pengorbanan yang penuh totalitas." (Abu Rusyidan)

33. "Renungkanlah diri anda, masa lalu, masa kini, dan masa depan anda. Karena pengetahuan yang paling berharga adalah pengetahuan tentang dirinya. Siapa yang berhasil mengenal sifat dirinya, maka dia berpotensi mengenal sifat Tuhannya." (M. Quraish Shihab)

34. "Setiap perjuangan pasti ada tantangan. Jika tidak berani menghadapi tantangan, jangan berjuang. Namun hidup sendiri pun adalah perjuangan." (Abdurrahman Navis)

35. "Tuhan memberiku sindrom Parkinson ini untuk menunjukan kalau Aku bukanlah “Yang Terhebat”. Melainkan hanya Dia (Tuhan)." (Muhammad Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini