Sukses

12 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Fungsi Otak dan Mood

Ini manfaat cokelat untuk tubuh yang jarang orang ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Cokelat merupakan camilan yang menjadi favorit banyak orang. Cokelat digemari banyak orang karena memiliki rasa yang manis dan lembut di mulut. Cokelat merupakan olahan biji kakao yang dipanggang, digiling, lalu dibentuk menjadi cair, pasta, atau dalam bentuk balok. 

Selain rasanya yang manis dan enak, ternyata cokelat memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati seseorang yang sedang buruk. Cokelat tidak jarang dikonsumsi ketika seseorang sedang merasa sedih, kesal ataupun marah. Biasanya, seseorang akan merasa suasana hatinya menjadi lebih baik setelah mengonsumsi cokelat.

Dalam satu batang dark chocolate atau cokelat hitam mengandung antioksidan, vitamin, serta mineral yang baik bagi tubuh. Selain itu, cokelat mengandung zat flanoval yang ampuh untuk mencegah paparan radikal bebas. Sebenarnya, masih banyak manfaat cokelat untuk kesehatan apabila dikonsumsi secara benar.

Berikut ini penjelasan mengenai manfaat cokelat yang jarang diketahui, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (16/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tingkatkan Fungsi Otak dan Cegah Penyakit Jantung

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat cokelat yang pertama yaitu dapat meningkatkan fungsi otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cokelat panas membantu meningkatkan aliran darah ke bagian otak di tempat yang dibutuhkan. Ekstrak kakao, yang disebut lavado, dapat mengurangi atau mencegah kerusakan pada jalur saraf yang ditemukan pada pasien dengan penyakit Alzheimer. Ekstrak ini bisa membantu memperlambat gejala seperti penurunan kognitif. Ilmuwan dari Harvard Medical School juga menyarankan untuk minum dua cangkir cokelat panas sehari karena dapat membantu menjaga otak tetap sehat dan mengurangi penurunan daya ingat pada orang tua.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat cokelat yang selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung hingga sepertiga. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa tingkat konsumsi cokelat yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan risiko gangguan kardiometabolik yang lebih rendah.

3 dari 7 halaman

Kurangi Kolesterol dan Cegah Stroke

3. Mengurangi Kolesterol

Manfaat cokelat yang berikutnya yaitu dapat mengurangi kolesterol. Dalam The Journal of Nutrition, menunjukkan bahwa konsumsi cokelat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL), atau juga biasa dikenal sebagai "kolesterol jahat." Konsumsi cokelat batangan secara teratur yang mengandung sterol dan flavanols, sebagai bagian dari diet rendah lemak, dapat mendukung kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol dan meningkatkan tekanan darah.

4. Mencegah Stroke

Manfaat cokelat untuk kesehatan yang lainya yaitu dapat mencegah stroke. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang makan satu porsi cokelat memiliki kemungkinan 22 persen lebih kecil untuk mengalami stroke daripada mereka yang tidak. Sedangkan orang-orang yang mengonsumsi sekitar dua ons cokelat dalam seminggu memiliki 46 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena stroke.

4 dari 7 halaman

Tingkatkan Kebugaran Tubuh dan Aliran Darah

5. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Manfaat cokelat untuk kesehatan yang lainya yaitu meningkatkan kebugaran tubuh. Menurut Jurnal International Society of Sports Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan ketersediaan oksigen selama pelatihan kebugaran. Hal ini karena cokelat mengandung zat flavonol yang dikenal sebagai epicatechins, yang dapat meningkatkan pelepasan oksida nitrat dalam tubuh.

6. Meningkatkan Aliran Darah dan Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat cokelat untuk kesehatan yang lainya yaitu meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Kandungan flavanol dalam cokelat hitam dapat merangsang endotelium, lapisan arteri, untuk menghasilkan nitric oxide. Salah satu fungsi nitric oxide adalah mengirim sinyal ke arteri untuk lebih rileks, yang menurunkan resistensi terhadap aliran darah sehingga mengurangi tekanan darah.

5 dari 7 halaman

Baik untuk Janin dan Melindungi Kulit dari Matahari

7. Baik untuk Perkembangan Janin

Manfaat cokelat untuk kesehatan yang lainya yaitu baik untuk perkembangan janin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi sekitar 30 g cokelat setiap hari selama kehamilan dapat memberikan manfaat pada pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya.

8. Dapat Melindungi Kulit dari Matahari

Ternyata, cokelat juga mengandung senyawa bioaktif yang juga bagus untuk kulit Anda. Flavonol yang terdapat di dalam cokelat dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit dan meningkatkan kepadatan dan hidrasi kulit. Jadi jika Anda ingin memiliki kulit yang terlindung ketika di bawah sinar matahari, mengonsumsi cokelat bisa menjadi alternatif selain melakukan perawatan wajah.

6 dari 7 halaman

Tingkatkan Mood dan Menghambat Penuaan

9. Meningkatkan Mood

Manfaat cokelat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Cokelat telah dikenal mampu memperbaiki mood atau suasana hati. Khasiat ini diperoleh dari beberapa kandungan cokelat yang memiliki efek antidepresan. Komponen feniletilamin pada cokelat dikenal dapat meningkatkan mood seseorang. Selain itu, magnesium memiliki peran untuk menjaga keseimbangan mood agar tetap stabil.

10. Menghambat Penuaan

Manfaat cokelat untuk kesehatan yang lainya yaitu dapa menghambat penuaan. Tingginya kadar antioksidan yang dimiliki cokelat dapat membantu menghambat penuaan yang terjadi sejalan dengan usia. Penuaan ini bisa tampak dari luar (keriput dan kulit kendur) atau yang tidak tampak, seperti penuaan pada sel-sel tubuh. Kandungan mangan yang tinggi dalam kakao juga berperan dalam produksi kolagen, yaitu protein yang dihasilkan agar menjaga kulit tampak muda dan sehat.

7 dari 7 halaman

Bantu Turunkan Berat Badan dan Hambat Pertumbuhan Kanker

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Cokelat hitam ternyata dapat membantu Anda menurunkan berat badan jika dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai. Menurut peneliti, cokelat dapat memicu pelepasan hormon yang mengontrol nafsu makan sehingga Anda lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Dalam pencernaan, cokelat dapat berperilaku seperti prebiotik, yaitu sejenis serat yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Makin banyak bakteri baik dalam tubuh, maka metabolisme dan penyerapan nutrisi akan meningkat.

12. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat cokelat untuk kesehatan yang lainya yaitu dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan antioksidan dalam cokelat diyakini dapat mencegah kerusakan sel yang menjadi salah satu penyebab penyakit kanker. Sebuah studi menyebutkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi cokelat dapat menurunkan risiko terkena kanker. Namun, studi mengenai efek antikanker pada cokelat ini masih terbatas dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.