Sukses

10 Penyebab Kucing Tidak Nafsu Makan, Kenali dengan Tepat

Kenali penyebab kucing tidak nafsu makan.

Liputan6.com, Jakarta Kucing yang kehilangan nafsu makan bisa disebabkan banyak hal. Kucing yang tidak nafsu makan biasanya akan tampak lemas, pasif, dan tidak bersemangat. Perilaku kucing seperti ini kerap membuat pemiliki cemas.

Kucing yang tidak mau makan bisa membahayakan dirinya. Kucing yang tidak makan, dapat dengan cepat mengembangkan lipidosis hati. Kondisi ini berbahaya terutama bagi kucing yang gemuk. Penyakit ini sering disebut sebagai penyakit hati berlemak atau sindrom hati berlemak dan dapat berakibat fatal jika tidak ditangani.

Melihat perubahan kebiasaan makan kucing sejak awal bisa membuatmu lebih cepat menanggapi masalah yang ada. Kucing yang tidak nafsu makan bisa disebabkan oleh penyakit, stres, hingga makanan yang tidak cocok.

Berikut penyebab kucing tidak nafsu makan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(10/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyebab kucing tidak nafsu makan

Masalah pernapasan

Masalah pernapasan dapat memengaruhi indra penciuman atau kemampuan bernapas kucing. Ini juga secara tidak langsung menyebabkan hilangnya nafsu makan. Penyakit pernapasan bagian atas dapat menyumbat hidung dan mata kucing dengan kotoran yang menyebabkan hilangnya penglihatan dan penciuman sementara.

Penyakit saluran pernapasan bawah dapat memengaruhi paru-paru kucing sehingga menyebabkan kesulitan bernapas. Jika penyakit ini membuat kucing tidak bisa mencium makanannya, ia mungkin memutuskan tidak mau makan.

Masalah pencernaan

Masalah dengan perut kucing, usus, pankreas, atau bagian lain dari sistem pencernaannya dapat menyebabkan kucing berhenti makan. Kucing juga mungkin akan mengalami diare atau sakit perut. Masalah pencernaan pada kucing bisa berkisar pada refluks asam, tumor, ketidakseimbangan bakteri usus, parasit, penyakit iritasi usus besar, dan masalah lainnya.

3 dari 6 halaman

Penyebab kucing tidak nafsu makan

Penyakit lainnya

Kehilangan nafsu makan adalah salah satu indikator utama bahwa ada sesuatu yang salah. Sejumlah kondisi berbeda mungkin menjadi penyebab, termasuk infeksi, gagal ginjal, pankreatitis, masalah usus, dan kanker.

Masalah gigi

Gigi dan gusi yang sakit atau nyeri dapat menjadi penyebab kucing tidak nafsu makan. Kucing dapat mematahkan gigi, mengembangkan lesi resorptif pada gigi, peradangan gusi, abses gigi, dan mengalami masalah gigi lain yang menyebabkan nyeri mulut. Sama seperti manusia, kucing juga bisa kehilangan nafsu makan jika mulutnya sakit.

4 dari 6 halaman

Penyebab kucing tidak nafsu makan

Adanya benda asing di dalam perut

Beberapa kucing kerap menelan benda yang tak seharusnya mereka makan. Ini seperti bulu yang semuanya bisa tersangkut di perut atau usus. Benda asing yang menempel pada kucing kemudian disebut sebagai penghalang. Benda asing ini bisa menghalaingi makanan melewati saluran pencernaan.

Kondisi ini bisa membuat kucing muntah lalu kemungkinan besar berhenti makan. Beberapa benda asing dapat melewati sistem tubuh kucing, hanya menyebabkan muntah dan diare, juga kurang nafsu makan.

Vaksinasi

Kucing yang habis divaksinasi akan cenderung kurang nafsu makan. Ini memang rekasi negatif dari suntikan vaksin. Meskipun vaksin telah menjadi penyelamat hidup bagi jutaan hewan, vaksin menyebabkan efek samping pada beberapa hewan. Kehilangan nafsu makan adalah salah satu efek samping yang lebih umum yang biasanya bersifat sementara dan ringan.

5 dari 6 halaman

Penyebab kucing tidak nafsu makan

Bepergian dan lingkungan asing

Seperti manusia, kucing juga termasuk makhluk yang punya kebiasaan. Perubahan rutinitas atau lingkungan bisa mengakibatkan hilangnya nafsu makan. Selain itu, beberapa hewan mengalami mabuk perjalanan saat bepergian dengan mobil atau pesawat. Ini dapat menyebabkan mual dan penolakan untuk makan.

Stres

Hilangnya nafsu makan bukan hanya disebabkan masalah fisik. Terkadang kecemasan atau depresi bisa menjadi alasan kucing tidak mau makan. Stres menjadi salah satu penyebab kucing kehilangan nafsu makannya.

Pastikan untuk mengenali tanda-tanda kucing stres seperti grooming berlebihan dan terus mengeong tanpa sebab. Sering menggendong, mengajak bermain dan mengelus kucing bisa menurukan tingkat stres pada kucing.

6 dari 6 halaman

Penyebab kucing tidak nafsu makan

Rasa makanan

Kucing bisa makan satu rasa makanan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun dan kemudian tiba-tiba memutuskan mereka tidak ingin memakannya lagi. Ini biasanya murni preferensi tetapi terkadang produsen makanan mengubah rasa dan bahan tanpa tanda yang jelas pada kemasannya.

Kucing bisa kehilangan nafsu makan karena alasan ini. Ingatlah bahwa kucing pada umumnya membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan jenis makanan baru.

Bentuk dan tekstur makanan

Kucing juga bisa peka terhadap bentuk dan tekstur tertentu saat berhubungan dengan makanan. Beberapa kucing mungkin menyukai makanan bentuk segitiga, yang lain menyukai bentuk bulat, dan yang lainnya hanya akan makan makanan kering, renyah atau makanan basah kalengan.

Kucing juga bisa sangat sensitif terhadap makanan yang sudah tidak layak dikonsumsi. Jika kamu memberikan makanan kadaluwarsa atau busuk kepada kucing, ia mungkin tidak mau memakannya. Periksa tanggal kedaluwarsa pada makanan. Atau, setidaknya, hiruplah untuk melihat apakah baunya tengik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini