Sukses

Pengertian Tempo pada Lagu, Jenis-Jenis, Karakteristik, dan Cara Menghitungnya

Pengertian tempo lagu secara umum adalah tanda yang wajib digunakan untuk menunjukkan cepat atau lambatnya sebuah lagu yang harus dinyanyikan.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian tempo lagu secara umum adalah tanda yang wajib digunakan untuk menunjukkan cepat atau lambatnya sebuah lagu yang harus dinyanyikan. Dalam sebuah lagu terdapat tempo yang menghasilakn tinggi rendah nada di dalamnya.

Tempo yang lebih tinggi berarti lagu yang lebih cepat, sedangkan tempo yang lebih rendah berarti lagu yang lebih lambat.  Tempo digunakan untuk mengukur detak per menit, seberapa cepat, sedang atau lambat suatu musik dimainkan atau dinyanyikan.

Tempo merupakan komponen penting dalam bermusik. Jika tempo tidak tepat maka seorang penyanyi bisa saja akan menyanyi lebih cepat dari iringan musiknya atau sebaliknya. Hal ini justru membuat sebuah lagu menjadi tidak berirama. Tanda tempo biasanya digunakan oleh seorang komposer atau pencipta lagu. Tempo umumnya ditulis dalam notasi balok dan angka dalam hitungan beat per minute (BPM). Notasi ini terletak di atas sebelah kiri lagu, baik pada lagu notasi angka.

Untuk lebih rinci, berikut ini penjelasan mengenai pengertian tempo menurut para ahli beserta jenis-jenis, karakteristik, dan cara menghitungnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (24/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Tempo Menurut Para Ahli

Secara umum, pengertian tempo adalah kecepatan lagu. Tempo dapat digambarkan dengan angka atau dengan kata-kata. Dengan angka, ini dijelaskan dalam BPM atau "beats per minute", yakni pengaturan yang dapat ditemukan di metronom digital apa pun. 120 BPM adalah pengaturan yang cukup standar dan banyak lagu populer berada dalam kisaran 100-120 BPM.

Sementara itu, dalam musik klasik, tempo biasanya lebih banyak digambarkan dengan kata-kata daripada angka. Ada seperangkat istilah standar Italia yang digunakan dalam musik klasik. Mulai dari Presto hingga Adagio. Namun ada pendapat lain mengenai pengertian tempo menurut para ahli, diantaranya:

Soeharto

Pengertian tempo adalah tanda cepat dan lambatnya beat atau ketukan suatu musik sehingga bisa dipahami bahwa fungsi tempo adalah mengatur cepat lambatnya suatu komposisi musik dimainkan dalam waktu per menit.

Menurut Kamus Musik Pono Bonoe

Di dalam kamus tersebut disebutkan bahwa pengertian tempo adalah waktu dan kecepatan yang diperlukan dalam suatu musik, yang memiliki ukuran dan langkah tertentu sehingga setiap komposisi memiliki temponya sendiri, baik cepat, lambat maupun sedang.

Allen Winold

Pengertian tempo merupakan kecepatan beat yang terdapat dalam suatu komposisi musik. Penjelasan tersebut dia terangkan dalam bukunya yang berjudul 'Introduction To Music'.

3 dari 5 halaman

Karakteristik Tempo

Ada beberapa karakteristik tempo pada lagu, diantaranya:

1. Ditulis pada Komposisi

Tempo pada lagu atau komposisi umumnya ditulis sebelum lagu tersebut dimainkan. Umumnya berada di bagian atas teks komposisi musik di mana ia menjelaskan jenis tempo apa yang sebaiknya dimainkan. Tidak ada batasan mengenai penulisan tempo, bisa ditulis di not balok maupun not angka.

2. Menggunakan Metronomoe

Untuk mengukur kecepatan pada tempo, umumnya digunakan alat khusus untuk menghitung berapa ketukan yang dilakukan dalam satu menit. Tempo adalah beat atau kecepatan dari suatu komposisi maka penyebutan alat tersebut dengan M.M, akronim dari metronome malzel.

3. Penyebutan yang Berbeda

Ada tiga jenis penyebutan tempo dalam dunia musik, yakni dengan menggunakan BPM atau beat per minute, menggunakan cara Italia, dan terakhir penyebutan dengan menggunakan cara modern.

4 dari 5 halaman

Jenis-jenis Tempo

Ada beberapa jenis tanda tempo yang digunakan dalam musik, yakni tempo lambat (slow tempos), tempo sedang (moderat tempos), dan tempo cepat (fast tempos). Lagu dengan tanda tempo cepat akan dinyanyikan dengan gembira dan bersemangat. Lagu dengan tanda tempo sedang bersifat lebih gembira dan megah. Sementara lagu dengan tanda tempo lambat digunakan untuk menyanyikan lagu sedih, syahdu, dan romantis. Berikut penjelasannya:

Tanda Tempo Lambat

1. Largo: Sangat lambat, luhur, dan agung (44-48 ketuk/menit).

2. Adagio: Sangat lambat dengan penuh perasaan (54-58 ketuk/menit).

3. Grave: Sangat lambat dan sedih (40-44 ketuk/menit).

4. Lento: Sangat lambat, melandai (50-54 ketuk/menit).

Tanda Tempo Sedang

1. Andante: Sedang, kecepatan seperti orang berjalan (69-76 ketuk/menit).

2. Andantino: Lebih lambat dari Andante (76-84 ketuk/menit).

3. Moderato: Sedang (92-104 ketuk/menit).

4. Allegro Moderato: Lebih cepat dari moderato (di atas 104 lebih sedikit).

Tanda Tempo Cepat

1. Allegro: Cepat (126-138 ketuk/menit).

2. Allegreto: Agak cepat (104-112 ketuk/menit).

3. Presto: Cepat sekali, Tergesa-gesa (176-192 ketuk/menit).

4. Vivace: Cepat, tangkas (152-168 ketuk/menit).

Tanda Tempo Perubahan

1. Rit = Rittenuto: Makin lama makin lambat.

2. Ritard = Ritardando: Makin lambat, tapi perlahan-lahan.

3. a.t = A Tempo: Tempo harus kembali ke tempo semula setelah beberapa kali mengalami perubahan.

5 dari 5 halaman

Cara Menghitung Tempo pada Lagu yang Tepat

Berikut ini cara menghitung tempo pada lagu dengan tepat yang dapat Anda coba, yaitu:

1. Saat Membaca

Dalam lembaran musik, biasanya tempo dapat ditemukan di bagian kanan atas halaman, tepat di bawah judul. Tempo hampir selalu ditulis dalam bahasa Italia daripada BPM. Akan tetapi, sebagian besar metronom akan memiliki pengaturan yang dapat diterjemahkan.

2. Saat Mendengarkan

Cara menghitung tempo akan sangat mudah ketika mendengarkan sebuah lagu. Cukup dengan tepuk atau ketuk kaki dan perhatikan seberapa cepat bunyi itu akan melaju. Untuk menerjemahkannya ke dalam BPM, detikers dapat menggunakan aplikasi metronom atau situs web dengan fitur "ketuk". Komputer akan menerjemahkannya ke dalam nomor BPM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini