Sukses

Penyebab Prostat Usia Muda, Waspadai Riwayat Penyakit Keluarga

Keturunan, riwayat penyakit keluarga, dan gaya hidup merupakan penyebab prostat usia muda yang paling umum.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab prostat usia muda seolah tidak bisa terjadi. Padahal risikonya tetap ada meskipun lebih banyak pria usia 50 tahun ke atas yang mengalaminya. Gangguan prostat merupakan kondisi di mana terdapat kelainan pada organ prostat.

Keturunan, riwayat penyakit keluarga, dan gaya hidup merupakan penyebab prostat usia muda yang paling umum. Nah, penyakit prostat yang paling sering menyerang pria adalah Benign Prostatic Hyperplasia atau biasa disingkat sebagai BPH.

Menurut data, 50 persen laki-laki akan mengalami BPH pada usia 50 tahun atau lebih. Sementara pada usia 85 tahun, jumlah persentase tersebut akan naik hingga 90 persen. Di sini pentingnya mengetahui penyebab prostat usia muda, agar gangguan prostat bisa dicegah dan tak dialami di kemudian hari.

Berikut Liputan6.com ulas penyebab prostat usia muda dari berbagai sumber, Rabu (7/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Prostat

Prostat merupakan kelenjar pada sistem reproduksi pria yang membungkus saluran kemih atau uretra. Ukuran prostat normalnya sebesar biji kenari dan akan semakin besar seiring bertambahnya usia. Jika prostat terlalu besar atau mengalami masalah, maka dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Kelenjar prostat ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat. Ketika pria mencapai usia pubertas, kelenjar prostat mulai membuat cairan mani.

Menurut data WHO, kanker prostat adalah kasus kanker paling umum urutan kedua pada pria. Di Indonesia sendiri, kanker prostat menempati urutan ke-5 sebagai jenis kanker terbanyak, pria usia 70 hingga 79 tahun merupakan kelompok terbanyak yang menderia penyakit ini.

Tak cuma kanker prostat yang patut diwaspadai. Akan tetapi, ada pembengkakan kelenjar prostat yang mengakibatkan penyempitan saluran kemih dan peradangan ataupun pembengkakan pada kelenjar prostat. Ketiga masalah prostat tersebut berisiko terjadi di usia muda bagi pria.

3 dari 6 halaman

Penyebab Prostat Usia Muda yang Benign Prostatic Hyperplastia (BPH)

Penyebab prostat usia muda ini adalah pembesaran kelenjar prostat yang mengakibatkan penyempitan pada saluran kemih. Kondisi tersebutlah yang bisa menjadi penyebab prostat usia muda, terutama Benign Prostatic Hyperplastia yang membuat adanya penebalan di otot kandung kemih.

BPH semakin lama akan membuat dinding kandung kemih akan melemah. Hal ini bisa membuat penderita prostat kesulitan saat buang air kecil. Selain itu, perubahan testosteron menjadi dehidrostestosteron atau DHT pada sel prostat bisa menjadi penyebab prostat usia muda dengan memicu masuknya DHT pada inti sel prostat sehingga bisa menyebabkan inskripsi pada RNA.

Hal ini pun bisa mempengaruhi pembentukan protein sehingga sel prostat akan bertambah banyak. Meskipun begitu penyebab prostat usia muda ini secara pasti belum benar-benar diketahi. Akan tetapi, penyebab prostat usia muda seperti pembesaran prostat jinak ini bisa diakibatkan perubahan kadar hormon seksual akibat dari proses penuaan.

4 dari 6 halaman

Penyebab Prostat Usia Muda yang Peradangan

Peradangan prostat atau bisa disebut pula dengan istilah prostatis. Kondisi ini merupakan peradangan ataupun pembengkakan pada kelenjar prostat. Penyebab prostat usia muda yang peradangan lebih rentan dialami pria berusia 30 hingga 50 tahun.

Penyebab prostat usia muda satu ini adalah infeksi bakteri pada saluran kemih ataupun dari penyakit seksual menular lainnya. Bakteri yang bisa menjadi penyebab prostat usia muda yang peradangan adalah escherichia coli, klebsiella, entrobakteri, streptokokkus, psuedomonas serta stafilokokkus.

Penyebab prostat usia muda satu ini patut diwaspadai. Hal ini karena bahaya dari peradangan prostat cukup fatal dan bisa mengakibatkan sakit yang cukup menyiksa bagi si penderita. Ketika mengalami, penderita harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis karena kehidupan seksual bagi pasangan suami istri bisa terganggu.

5 dari 6 halaman

Penyebab Prostat Usia Muda yang Kanker

Penyakit prostat usia muda yang perlu diwaspadai ialah kanker prostat. Penyebab prostat usia muda yang kanker adalah akibat dari perubahan DNA ataupun pertumbuhan sel secara abnormal yang ada pada kelenjar prostat. Beberapa faktor pun bisa meningkatkan resiko penyebab prostat usia muda ini, seperti faktor usia, riwayat keluarga dan juga faktor obesitas atau kesehatan.

Bahaya dari kanker prostat terjadi bila sel-sel kanker menyebar ke luar organ prostat. Tentu saja ini akan berdampak pada kesehatan organ lain dan cukup berbahaya. Sama seperti kanker lain, apabila bisa terdeteksi memiliki kanker prostat sejak dini, maka penyakit ini bisa disembuhkan.

Meski biasanya penyakit kanker prostat akan menyerang pria yang berusia diatas 45 tahun, laki-laki yang masih muda patut mewaspadainya juga. Penyebab prostat usia muda yang kanker rentan terjadi karena riwayat keluarga atau keturunan.

6 dari 6 halaman

Penyebab Prostat Usia Muda Lainnya

1. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari

Faktor penyebab prostat usia muda lainnya adalah makanan. Mengonsumsi makanan dengan kalsium tinggi terlalu sering dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat. Selain itu, sering mengonsumsi jenis makanan seperti daging merah atau produk susu tinggi lemak dapat pula menjadi penyebab prostat usia muda.

2. Lokasi dan ras

Kasus kanker prostat ini banyak ditemui dan banyak menimpa orang-orang di belahan Amerika Utara, Eropa Barat Laut, Australia dan Kepulauan Karibia. Jadi, faktor penyebab prostat usia muda ini juga dipengaruhi oleh lokasi dan ras seseorang.

3. Riwayat kesehatan keluarga dan perubahan gen

Jika ada keluarga laki-laki yang menderita kanker prostat atau wanita yang menderita kanker payudara, risiko untuk terkena kanker prostat akan meningkat. Sedangkan perubahan gen yang diwariskan dapat juga meningkatkan risiko tersebut.

4. Kelebihan berat badan meningkatkan risiko seorang laki-laki terkena kanker prostat

5. Paparan bahan kimiawi dan merokok

6. Penyakit menular seksual, seperti gonorea atau klamidia bisa meningkatkan risiko terkenan kanker prostat

7. Bagi pria yang menjalani prosedur vasektomi memiliki risiko kanker prostat lebih tinggi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini