Sukses

8 Penyebab Pencemaran Udara, Solusi, dan Pengertiannya Menurut Ahli

Penyebab pencemaran udara berkaitan dengan ulah manusia dan alam.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak sekali penyebab pencemaran udara yang selama ini kerap diabaikan. Padahal pencemaran udara ini memiliki dampak cukup signifikan bagi kehidupan dan lingkungan. Mulai dari memperburuk kualitas udara dan mengganggu kesehatan.

Menurut para ahli, pencemaran udara merupakan kondisi ketika komposisi udara sudah terkontaminasi bahan-bahan kimia. Dampak buruknya adalah pada atmosfer bumi. Maka dari itu penting mengetahui penyebab pencemaran udara agar pencegahan bisa lebih dini dilakukan. 

Kebanyakan penyebab pencemaran udara berkaitan dengan aktivitas manusia. Mulai dari penggunaan kendaraan bermotor, listrik, pertanian, rumah tangga, dan masih banyak lagi lainnya. Meski begitu tetap ada penyebab pencemaran udara yang dipengaruhi alam, seperti erupsi gunung berapi.

Berikut Liputan6.com ulas penyebab pencemaran udara dari berbagai sumber, Jumat (30/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pencemaran Udara

Chambers

Pencemaran udara yaitu bertambahnya bahan atau substrat fisik atau kimia ke dalam lingkungan udara normal dalam jumlah tertentu,.

Sehingga dapat dideteksi oleh manusia atau yang dapat dihitung dan diukur, serta dapat memberikan efek pada manusia, binatang, vegetasi, dan material.

Kumar

Pencemaran udara yakni adanya bahan polutan di atmosfer dalam konsentrasi tertentu yang mengganggu keseimbangan dinamik atmosfer dan mempunyai efek pada manusia dan lingkungannya.

Corman

Pencemaran udara ialah salah satu kondisi dimana terdapat bahan kontamina di atmosfer karena perbuatan manusia.

Hal ini untuk membedakan dengan pencemaran udara alamiah dan pencemaran udara di tempat kerja.

Wisnu Arya

Pencemaran udara merupakan berbagai campuran dari berbagai macam gas yang tidak tetap sehingga gas-gas tersebut mengganggu kehidupan.

Dalam hal ini udara juga adalah atmosfer yang berada di sekeliling bumi yang fungsinya sangat penting bagi mahluk hidup.

Parker

Pencemaran udara adalah suatu perubahan atmosfer karena masuknya bahan kontaminan alami atau buatan ke dalam atmosfer tersebut.

Mukono

Pencemaran udara sebagai bertambahnya bahan atau substrat fisik atau kimia ke dalam lingkungan udara normal yang mencapai sejumlah tertentu, sehingga dapat di deteksi oleh manusia (yang dapat dihitung dan diukur) serta dapat memberikan efek pada manusia, binatang, vegetasi dan material.

Wardhana

Pencemaran udara yaitu adanya bahan-bahan atau zat-zat asing di dalam udara yang menyebabkan terjadinya perubahan susunan komposisi udara dari susunan atau keadaan normalnya.

3 dari 7 halaman

Pencemaran Udara

Soemarno

Pencemaran udara yakni masuknya zat pencemar (gas beracun dan aerosol) ke dalam atmosfer sehingga melampaui batas ambangnya dan mengganggu kehidupan, hewan, dan tumbuhan.

Keputusan Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup No.KEP-03/MENKLH/II/1991

Pencemaran udara ialah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam udara oleh kegiatan manusia atau proses alam, sehingga kualitas udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Seinfeld dan Pandis

Pencemaran udara merupakan sebuah kondisi atmosfer ketika suatu substansi konsentrasi pencemar melebihi batas konsentrasi udara ambien normal yang menyebabkan dampak terukur pada manusia, hewan tumbuhan dan material.

Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor 1407 tahun 2002 tentang Pedoman Pengendalian Dampak Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukkannya zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam udara oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan atau mempengaruhi kesehatan manusia.

Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 Tentang Pengendalian Pencemaran Udara

Pencemaran udara sebagai masuknya atau dimasukkannya zat, energi, dari komponen lain ke dalam udara ambien oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara ambien tidak dapat memenuhi fungsinya.

Undang-Undang No. 23 Tahun 2007 Tentang Pencemaran Lingkungan

Pencemaran udara yaitu sebuah pencemaran yang disebabkan oleh aktivitas manusia seperti pencemaran yang berasal dari pabrik, kendaraan bermotor, pembakaran sampah, sisa pertanian, dan peristiwa alam seperti kebakaran hutan, letusan gunung api yang mengeluarkan debu, gas, dan awan panas.

4 dari 7 halaman

Penyebab Pencemaran Udara

Penambangan

Penambangan termasuk penyebab pencemaran udara yang masih sering diabaikan. Padahal penambangan dilakukan dengan mengekstraksi mineral di bawah bumi dengan alat besar. Ketika proses ini terjadi, biasanya debu dan bahan-bahan kimia akan dilepaskan di udara.

Hal inilah yang menyebabkan pencemaran udara. Jika prosesnya dilakukan secara besar-besaran, maka pencemaran udaranya juga bisa terjadi demikian besarnya. Tak heran jika banyak pekerja pertambangan yang memiliki masalah dengan pernapasannya.

Pertanian

Proses pembakaran lahan adalah penyebab pencemaran udara di bidang pertanian. Jika dilakukan dengan kadar yang tepat memang akan sangat bermanfaat bagi pertanian. Hal ini tidak berlaku jika pembakaran dilakukan besar-besaran sampai tak terkontrol.

Apalagi kegiatan pertanian erat kaitannya dengan amonia. Amonia adalah salah satu gas paling berbahaya bagi atmosfer. Belum lagi ketika banyak petani yang menggunakan pupuk kimia. Sudah pasti kegiatan pembakaran lahan menjadi sangat berbahaya dilakukan.

Listrik

Penggunaan listrik berlebihan adalah bagian dari penyebab pencemaran udara. Hal ini disebabkan karena produksi listrik di Indonesia masih mengandalkan batu bara. Ketika listrik diproduksi, maka limbah batu bara akan dilepaskan ke udara persis seperti pabrik-pabrik pada umumnya.

Pembakaran pembakit listrik terjadi secara tidak sempurna dan menyebabkan diluapkannya gas-gas berbahaya. Mulai dari gas sulfur dioksida, nitrogen oksida, karbon dioksida, dan partikulat. Gas-gas inilah yang nantinya akan menyebabkan pemanasan global dan membahayakan lingkungan.

5 dari 7 halaman

Penyebab Pencemaran Udara

Asap Pabrik

Asap pabrik termasuk penyebab pencemaran udara yang harus diwaspadai. Apalagi asap pabrik pasti dikeluarkan dalam jumlah dan kuantitas yang banyak. Hal inilah yang menjadikan asap pabrik disebut mencemari udara dan lingkungan.

Biasanya, asap pabrik dibuang melalui cerobong asap yang sangat besar. Pencemaran udara dari asap pabrik tidak main-main karena asap pabrik disebut penyumbang terbesar gas karbon di udara. Selain mengganggu lingkungan sekitar, asap ini ikut meningkatkan risiko pemanasan global.

Limbah Rumah Tangga

Limbah rumah tangga disebut pula sebagai salah satu penyebab pencemaran udara. Mulai dari limbah plastik, kertas, dan lain sebagainya. Limbah ini pada akhirnya akan dibakar dan pada tahap inilah pencemaran udara terjadi.

Tak hanya pembakaran limbah sampah, tetapi mengecat rumah dan penggunaan beberapa alat rumah tangga juga termasuk penyebab pencemaran udara. Membakar limbah memang terbilang efektif mengurai sampah, tetapi faktanya bisa memicu pencemaran udara juga.

6 dari 7 halaman

Penyebab Pencemaran Udara

Kendarakan Bermotor

Penggunaan kendarakan bermotor merupakan penyebab pencemaran udara yang paling utama mengingat penggunanya terus meningkat. Apalagi di wilayah perkotaan. Hal inilah yang menjadikan perkotaan memiliki indeks udara lebih buruk daripada daerah pedesaan.

Suasana kota kerap identik dengan banyaknya kendaraan bermotor yang lalu lalang. Asap kendaraan bermotor menjadi penyumbang terbesar bagi penyebab pencemaran udara. Kondisi ini persis seperti yang terjadi di ibu kota Indonesia, yakni kota Jakarta.

Asap Rokok

Banyak perokok yang acuh dengan asapnya. Meski asap rokok tidak sebanyak asap kendaraan bermotor, tetapi sudah layak disebut pencemaran. Apalagi asap rokok mengandung zat yang membahayakan pernapasan siapa saja yang menghirupnya.

Hal inilah yang menjadikan banyak orang tidak merokok tetapi mengalami masalah kesehatan seperti perokok aktif. Masalah kesehatan ini dipengaruhi asap rokok. Untuk bisa mengatasi masalah ini, pastikan merokok di tempat khusus bukan di tempat umum. Pencemaran udara bisa ditekan dengan metode merokok yang demikian.

Gunung Berapi

Gunung berapi adalah penyebab pencemaran udara yang alami. pencemaran udara yang terjadi tak bisa dikendalikan manusia sama sekali.

Tepatnya ketika gunung berapi mengalami erupsi dan menyemburkan abu vulkanik. Abu ini biasanya akan mengandung timah, tembaga, seng, krom besi, dan silika.

7 dari 7 halaman

Solusi Pencemaran Udara

Jalan Kaki dan Bersepeda

Beraktivitas dengan jalan kaki atau bersepeda merupakan pilihan yang tepat untuk mengurangi efek buruk pencemaran udara. Hal ini dikarenakan polusi udara banyak yang berasal dari asap kendaraan bermotor.

Asap kendaraan bermotor mengandung sulfur dioksida yang merupakan 1 dari 6 polutan penyebab pencemaran udara. Oleh sebab itu, dengan beraktivitas berjalan kaki atau bersepeda, Anda akan membantu mengurangi efek buruk pencemaran udara.

Berhenti Merokok Salah satu penyebab pencemaran udara yaitu asap rokok. Gas residu dari asap rokok tidak hanya mencemari udara, tetapi juga dapat menempel di sekitar Anda. Oleh sebab itu, lebih baik hentikan kebiasaan merokok agar udara sekitar Anda tidak tercemar.

Menanam

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi efek buruk pencemaran udara yaitu dengan menanam tanaman penangkal polusi. Selain bermanfaat untuk menangkal polusi, dengan menanam tanaman, maka lingkungan sekitar Anda akan lebih sejuk dan asri.

Anda dapat memanfaatkan tanaman-tanaman seperti krisan, dracaena, lidah buaya, bambu, lidah mertua, lili, sirih gading, sri rejeki, pakis dan spider plant.

Tanaman-tanaman tersebut dapat menyaring zat berbahaya dari polusi melalui pori-porinya. Tentu saja tanaman-tanaman tersebut sangat membantu dalam menangkal polusi di udara.

Tidak Membakar Sampah

Kebiasaan membakar sampah dapat menyebabkan pencemaran udara sekitar. Beberapa orang melakukan pembakaran sampah karena dinilai dapat menghilangkan tumpukan sampah dengan cepat. Tetapi kebiasaan tersebut dapat memicu pencemaran udara.

Hal ini dikarenakan menurut US Environmental Protection Agency, karbon monoksida dan formaldehilda yang merupakan dua zat utama hasil pembakaran paling banyak memicu polusi. Tak hanya itu, kedua zat tersebut juga dapat menyebabkan penyakit pernapasan.

Hemat Listrik

Beberapa orang mungkin belum mengetahui mengapa menghemat listrik dapat membantu mengurangi pencemaran udara. Hal ini dikarenakan, untuk menghasilkan tenaga listrik, setiap pembangkit membutuhkan bahan bakar minyak atau batu bara.

Proses tersebut kemudian berdampak pada pelepasan ozon dan sulfur dioksida di permukaan tanah, menguap dan kemudian mencemari udara. Oleh sebab itu, kurangi pemakaian listrik sebagai langkah mengurangi pencemaran udara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini