Sukses

6 Cara Mencuci Brush Makeup, Berikut Tips Memilihnya

Jangan semabarangan mencuci brush makeup agar tidak cepat rusak.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga brush makeup agar selalu bersih mungkin jarang terpkirkan, dan pada akhirnya lebih memilih untuk membeli brush makeup yang baru. Padahal, cara mencuci brush makeup sangat mudah dan tidak perlu waktu lama. Hasilnya juga sangat efektif, selama dilakukan dengan benar.

Brush makeup kotor sebenarnya cukup wajar. Sebab brush makeup selalu bersinggungan langsung dengan berbagai jenis bahan makeup. Jika sering digunakan namun tidak segera dibersihkan, maka bukan tidak mungkin brush makeup tersebut akan menimbulkan berbagai permasalah kulit. Maka dari itu, ada baiknya mempraktikkan cara mencuci brush makeup setidaknya seminggu sekali.

Agar brush makeup terhindar dari kotoran yang berotensi membahayakan kesehatan kulit, maka berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber bagaimana cara mencuci brush makeup yang tepat dan efektif, Senin (12/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Basahi dengan Air Hangat

Cara mencuci brush makeup yang pertama dengan membasahi terlebih dahulu dengan air bersuhu hangat. Cukup basahi sedikit demi sedikit brush makeup tersebut dan jangan direndam. Cara mencuci brush makeup ini bisa menghilangkan kotoran dalam jumlah yang masih dalam kategori ringan.

Kemudian, ada baiknya untuk menghindari air menyentuh bagian dasar dari bulu-bulu brush makeup. Sebab, air bisa membuat lem menjadi rusak dan bulu pada brush makeup terlepas.

3 dari 8 halaman

2. Gunakan Sabun Lembut

Kemudian, cara mencuci brush makeup dengan memberi sabun di bagian bulu yang kotor. Pastikan untuk mencuci brush makeup dengan sabun yang teksturnya lembut. Sebenarnya banyak dijual di pasaran jenis sabun khusus brush makeup, akan tetapi bisa juga menggunakan sampo.

Cara aplikasinya cukup mudah, yaitu dengan oleskan sedikit sabun atau sampo ke ujung jari. Kemudian lakukan gerakan memijat pada daerah ujung bulu brush makeup, lalu sikat-sikat di telapak tangan. Pastikan jangan sampai sampo mengenai daerah dasar bulu agar tidak membuat lem menjadi rusak.

4 dari 8 halaman

3. Jangan Basahi Gagang Brush Makeup

Mengapa pada beberapa cara di atas sangat dilarang untuk membasahi atau mencelupkan brush makeup ke dalam air? Sebab bulu-bulu pada brush makeup biasanya direkatkan pada bagian gagangnya menggunakan lem. Itulah mengapa, agar bulu-bulu brush makeup tetap awet dan tidak sepat rusak, ada baiknya saat mencucinya jangan sampai membasahi gagang brush makeup atau bagian dasar bulu brush makeup.

5 dari 8 halaman

4. Bilas Brush Makeup Hingga Bersih

Setelah melewati beberapa cara mencuci brush makeup di atas, kemudian jangan lupa untuk membilas brush makeup menggunakan air mengalir hingga bersih. Hal ini berguna untuk mencegah adanya sisa-sisa sabun dan bahan kimia lain yang bisa membuat iritasi pada wajah.

Tapi tetap pastikan air tersebut tidak terlalu kencang agar bulu pada brush makeup tidak rusak karena tekanan air terlalu kencang. Pastikan juga air tidak membasahi bagian dasar bulu brush makeup agar tidak merusak lem yang merekat.

6 dari 8 halaman

5. Peras Air pada Brush Makeup

Setelah dibilas dengan air bersih, maka jangan lupa untuk memeras sisa air yang ada pada bulu brush makeup secara perlahan dengan jari. Cukup pijat-pijat lembut bulu brush makeup dengan ibu jari dan telunjuk. Pastikan saat memeras tidak sambal ditarik, agar bulu brush tidak ikut tercabut.

7 dari 8 halaman

6. Jangan Jemur di Bawah Matahari Langsung

Lalu, cara mencuci brush makeup yang terakhir adalah dengan mengeringkannya. Keringkan brush makeup dengan posisi bulu menghadap ke bawah supaya airnya tidak menetes dan membasahi gagang brush.

Selanjutnya, usahakan untuk menghindari proses pengeringan brush makeup di lokasi yang terkena matahari langsung supaya kualitas dari bulu brush makeup tersebut tetap terjaga. Cukup keringkan brush makeup di suhu ruangan dan memiliki sirkulasi udara yang bagus.

8 dari 8 halaman

Tips Memilih Brush Makeup

1. Pilih Bahan yang Lembut

Sangat banyak jenis brush makeup yang bagus, tapi belum tentu cocok dan nyaman digunakan. itulah mengapa, penting untuk mengenali bahan dasar yang digunakan pada brush. Pastikan jika brush yang digunakan memiliki bahan sintetis, karena brush ini terasa lembut dan tidak menyakiti kulit. Brush ini juga tidak menyerap produk makeup yang cair, sebab tidak terdapat pori-pori.

2. Beli Sesuai Kebutuhan

Cara memilih brush makeup selanjutnya dengan membeli sesuai kebutuhan. Sebab banyak sekali jenis brush makeup. Selain itu harganya juga bervariatif, jadi jangan sembarangan memilih dan membelinya. Selalu pertimbangkan dengan matang serta sesuaikan juga dengan kebutuhan produk makeup yang dimiliki.

3. Membeli Brush di Penjual Resmi

Lalu, cara memilih brush makeup yang terakhir dengan memastikan produk tersebut dibeli dari toko resminya. Mengapa begitu? Sebab hal ini untuk memastikan jika brush makeup yang dibeli bagus dan berkualitas. Biasanya pada beberapa toko resmi juga memberikan jaminan pelayanan yang bagus, sehingga konsumen tidak perlu khawatir jika mendapatkan barang palsu.

Nah, dengan memahami berbagai cara mencuci brush makeup dan bagaimana cara memilihnya, semoga dapat menjaga kesehatan kulit serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini