Sukses

10 Tempat Wisata di Bontang, dari Pulau hingga Pesisir Pantai

Bontang punya destinasi menarik untuk rekreasi.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Bontang bisa masuk ke daftar destinasi liburan di Kalimantan Timur. Provinsi Kalimantan Timur merupakan provinsi yang dipilih sebagai ibu kota baru Indonesia, tepatnya di Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

Provinsi Kalimantan Timur menawarkan destinasi wisata menarik. Salah satu yang tak boleh terlewat untuk dikunjungi adalah tempat wisata di Bontang.

Bontang merupakan sebuah kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur dan Kutai Kartanegara. Tempat wisata di Bontang cukup beragam, mulai dari taman bermain, pulau, hingga keindahan alam lainnya.

Tempat wisata di Bontang dimanfaatkan masyarakat untuk bersantai menghabiskan waktu. Tempat wisata di Bontang ini juga menjadi andalan rekresi warga Kalimantan Timur. Pesona keindahan tempat wisata di Bontang juga sudah terkenal.

Berikut 10 tempat wisata di Bontang yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat wisata di Bontang Cocok untuk Diving

Pulau Segajah

Pulau Segajah merupakan pulau kecil yang berada di Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang. Pulau seluas 2 hektar ini memiliki perairan yang indah dengan kenanekaragaman biota laut.

Di pulau Segajah, kamu bisa melakukan aktivitas diving dan snorkling. Pasir pantainya yang putih bersih juga membuat pulau ini cocok dijadikan tempat bersantai.

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah merupakan destinasi favorit di Bontang, Kalimantan Timur. Pulau ini cukup ikonik dengan ragam keistimewaannya. Pulau ini terkenal akan pesona baharinya yang indah. Di sini kamu bisa melakukan penyelaman dan menyaksikan keindahan bawah laut yang memesona.

Nama Beras Basah, menurut cerita rakyat setempat berasal dari kisah kapal milik Kesultanan Kutai yang membawa beras, kemudian karam di wilayah ini.

3 dari 6 halaman

Tempat wisata di Bontang; Desa Terapung

Pulau Selangan

Pulau Selangan merupakan perkampungan terapung yang berada di Kota Bontang. Di sini tinggal penduduk yang sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan budidaya rumput laut. Pulau Selangan mulai menjadi destinasi wisata karena panorama tengah lautnya yang indah. Posisinya yang berdekatan dengan hutan mangrove juga memberi daya tarik tersendiri bagi pulau ini.

Pulau Tihi- tihi

Selain pulau Selangan, kamu juga bisa menemukan desa terapung lainnya yaitu pulay Tihi-tihi. Pulau Tihi-Tihi berada tak jauh dari Pulau Selangan. Seperti halnya perkampungan atas air di Pulau Selangan, di Tihi-tihi, perkampungan ini terpisah dari daratan. Di sini kamu bisa menyaksikan warga melakukan budidaya rumput laut.

4 dari 6 halaman

Tempat wisata di Bontang; Wahana Bermain

Kenari Waterpark

Kenari Waterpark berlokasi di Api-Api, Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Tempat ini menjadi tujuan favorit rekreasi warga Bontang dan sekitarnya. Di sini terdapat kolam renang untuk anak dan dewasa, wahana bermain seperti waterboom, flying fox, kolam arus, dan masih banyak lagi. Kenari Waterpark cocok menjadi tempat rekreasi keluarga.

Lembah Permai Adventure Park

Lembah Permai Adventure Park berada di jalan Arif Rahman Hakim KM 3, Belimbing, Bontang Barat, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Tempat ini merupakan objek wisata keluarga dengan beragam fasilitas. Di sini pengunjung bisa menikmati wahana seperti flying fox, kolam renang, mobil gowes, perahu kano, dan sepeda tandem. 

5 dari 6 halaman

Tempat wisata di Bontang

Bontang Mangrove Park

Bontang Mangrove Park berlokasi di Jl. Cut Nyak Dien, Bontang Baru, Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Taman hitan mangrove ini mulai dibuka pada 2018 lalu. Bontang Mangrove Park dibangun dengan konsep Conservation, Education and Adventure.

Di sini pengunjung bisa mengenal berbagai jenis vegetasi mangrove, menaiki menara pandang, mengamati burung, hingga bersantai di gazebo yang telah disediakan.

Teluk Kadere

Teluk Kadere bisa menjadi alternatif wisata untuk melepas penat. Pesisir yang berada di Bontang Lestari, Bontang Selatan, Kota Bontang ini memiliki panorama teluk dan latar belakang perbukitan yang indah. Di sekitar Teluk Kadere terdapat pula spot-spot memancing yang bisa dimanfaatkan. Teluk Kadere sangat cocok untuk menikmati sunset di sore hari yang tenang.

6 dari 6 halaman

Tempat wisata di Bontang Lainnya

Bontang Kuala

Bontang Kuala merupakan kawasan perkampungan nelayan yang memiliki daya tarik wisata. Sebagai destinasi wisata, perkampungan nelayan Bontang Kuala sangat tertata rapi. Bontang Kuala juga merupakan titik keberangkatan untuk menyeberang ke Pulau Beras Basah dan Pulau Segajah.

Di sini pengunjung bisa menyusuri perkampungan melewati jalan yang terbuat dari kayu. Suasana di Bontang Kuala masih asri dan alami. Di Bontang Kuala pengunjung juga bisa bersantai di kafe melihat keindahan desa yang berbaur dengan laut.

Taman Tanjung Laut

Taman Tanjung Laut berada di jalan Jendral Soedirman No.69, Tj. Laut, Bontang Selatan. Taman ini merupakan ruang terbuka publik yang dibuat untuk membangun kota Bontang sebagai smart city. Terdapat beragam fasilitas di taman ini seperti gazebo untuk bersantai, taman bermain dan wifi gratis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini