Sukses

Doa Ketika Turun Hujan Lengkap Beserta Artinya, Agar Terlindung dari Mara Bahaya

Selain agar mendapat berkah, membaca doa turun hujan dilakukan untuk mencegah sesuatu negatif terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Ketika hujan turun, seringkali menjadikan seseorang galau mendadak. Entah teringat masa lalu di kala hujan, atau rintikan hujan yang membuat suasana semakin sendu. Padahal, saat hujan ada banyak berkah yang turun ke bumi.

Sehingga, seseorang patut merasa senang ketika turun hujan. Terutama untuk para umat Islam. Tanpa disadari, tak terhitung seberapa banyak nikmat dan berkah yang diberikan Allah SWT. Salah satu keberkahan Allah yang bisa dirasakan adalah turunnya hujan.

Fenomena alam ini adalah hal yang patut disyukuri. Melalui hujan, setiap makhluk di bumi bisa mendapatkan air sebagai sumber kehidupan. Maka dari itu, penting bagi seseorang untuk membaca doa turun hujan dan mengerjakan beberapa amalan baik.

Selain agar mendapat berkah, membaca doa turun hujan dilakukan untuk mencegah sesuatu negatif terjadi bersamaan dengan rintik deras airnya seperti banjir, tanah longsor, sungai yang meluap, dan masih banyak lagi bencana yang dapat datang bersamaan dengan turunnya hujan.

Berikut doa hujan turun lengkap beserta artinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (18/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Doa Turun Hujan yang Bermanfaat

Doa ketika turun hujan merupakan amalan yang dianjurkan untuk dibaca. Dalam agama Islam, ada banyak sekali bentuk doa yang bisa dipanjatkan oleh seorang muslim saat turun hujan. Diriwayatkan dalam hadis Bukhari nomor 1032, dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu 'anha mengatakan:

Allahumma shoyyiban nafi'an.

Artinya: Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat.

 

 

3 dari 6 halaman

Doa Ketika Turun Hujan Lebat

Kemudian yang kedua yaitu doa turun hujan lebat. Di musim hujan seperti ini, tak jarang pula disambut dengan hujan lebat. Agar terhindar dari mara bahaya, baiknya membaca doa ketika turun hujan lebat. Berdasarkan hadis riwayat Bukhari, inilah doa ketika turun hujan lebat yang pernah dibaca Rasulullah SAW:

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.

4 dari 6 halaman

Doa Ketika Hujan dan Petir

Tak hanya lebat, hujan juga biasanya turun disertai dengan petir yang mungkin bisa berbahaya bagi seseorang. Bahkan dalam mengatasi hal ini, ada beberapa doa baik yang bisa dilakukan. Diriwayatkan di dalam hadis Imam Malik, Nabi Muhammad SAW membaca doa turun hujan diawali atau disertai petir seperti berikut ini:

Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: Maha suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.

Sama seperti angin, petir juga menjadi sebuah rahmat dari Allah SWT dan juga kebesaran Allah SWT. Namun petir juga menjadi azab bagi manusia di muka bumi ini. Maka dari itu, hendaknya kamu berdoa pada Allah SWT untuk meminta perlindungan serta kebaikan atas petir yang datang bersama hujan.

5 dari 6 halaman

Doa Ketika Hujan dengan Angin Kencang

Angin seringkali datang bersama hujan. Bahkan ketika hujan lebat, angin pun terasa kencang hingga membuat benda di sekitar berterbangan. Membaca doa ketika hujan dengan angin kencang, dapat menjadi sebuah bentuk meminta perlindungan pada Allah SWT.

Dalam salah satu hadis Imam Muslim meriwayatkan bahwa, saat hujan disertai angin kencang Rasulullah SAW membaca sebuah doa angin kencang berikut ini:

Allahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: "Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."

Selain itu ada pula hadis lainnya, yaitu dari Sayyidina Abu Hurairah ra. Rasulullah berkata:

"Aku mendengar Nabi SAW bersabda: "Angin adalah bagian dari pemberian Allah, bisa membawa rahmat dan juga bisa membawa azab. Jika kalian melihatnya, jangan mencelanya, mohonlah kepada Allah kebaikannya dan berlindunglah kepada Allah dari keburukannya."

6 dari 6 halaman

Doa Saat Hujan Reda

Lalu ketika hujan reda, baiknya kamu tetap membaca doa. Bukan tanpa alasan, hal itu menjadi bentuk rasa syukur manusia karena Allah SWT telah memberikan rahmat-Nya melalui tetesan air hujan yang membasahi Bumi.

Doa setelah hujan reda ini diriwayatkan dalam hadis riwayat Al Bukhari nomor 1038 dan Muslim nomor 240, Rasulullah bersabda:

Muthirnaa bi Fadh-Lillaahi Wa Rohmatihi.

Artinya: Kita diberi hujan karena karunia dan Rahmat Allah.

Nah itulah beberapa doa saat turun hujan yang bisa menjadi sebuah doa perlindungan ataupun bentuk rasa syukur kita pada Allah SWT. Apapun yang turun di dunia ini semua kehendak dari Allah, dan itu menjadi sebuah hal yang terbaik bagi mahkhluknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.