Sukses

Perbedaan Gaya dan Gerak, Ketahui Pengertian dan Contoh di Keseharian

Perbedaan gaya dan gerak terletak pada pengertian dan contohnya.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti pernah melakukan aktivitas seperti mendorong meja, membuka pintu, menendang bola, mengayuh sepeda dan lain sebagainya. Tanpa kita sadari bahwa segala sesuatu aktivitas tersebut ternyata berkaitan dengan gaya dan gerak.

Dalam ilmu fisika, gaya dapat menyebabkan suatu benda dengan massa berubah baik itu gerakan, arah, dan kontraksi geometris. Singkatnya, gaya akan menyebabkan benda dengan massa akan mengubah kecepatan tertentu termasuk pindah ke tempat lain, mempercepat gerakan dan merusak.

Perbedaan gaya dan gerak sangat beragam. Namun sebelum memahami perbedaan gaya dan gerak, Anda terlebih dahulu harus mengetahui pengertian dari gaya dan gerak.

Berikut rangkuman tentang pengertian, perbedaan, serta contoh gaya dan gerak pada kehidupan sehari-hari oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (31/03/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Gaya dan Gerak

1.  Gaya

Gaya merupakan dorongan atau tarikan yang menyebabkan benda bergerak. Beberapa faktor yang mempengaruhi gerak pada benda yaitu gaya grafitasi bumi, tarikan dan dorongan yang terjadi. Gaya memiliki beberapa macam dalam kehidupan sehari-hari diantaranya gaya otot, gaya gesek, gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya listrik.

Lebih jelasnya bahwa jika kita menarik atau mendorong benda hingga bergerak, kita telah memberikan  gaya terhadap benda tersebut. Besar kecilnya gaya dapat diukur menggunakan alat yang bernama nerasa pegas atau dinamometer.

Dalam hal ini gaya adalah dorongan atau tarikan. Contoh gerakan dorongan adalah memukul bola poingpong, menutup pintu, dan menendang bola. Sedangkan untuk contoh gerakan tarikan adalah menarik mobil-mobilan, membuka pintu, dan menarik gerobak.

2.  Gerak

Gerak adalah perpindahan tempat, perubahan percepatan suatu benda karena adanya gaya. Sebuah benda dikatakan bergerak jika mengalami perubahan kedudukan dari titik acuan. Titik acuan merupakan suatu titik untuk memulai pengukuran perubahan kedua benda. Gerak sendiri memiliki 3 jenis yaitu gerak lurus, gerak parabola dan gerak melingkar.

Gerak lurus adalah Gerakan sebuah benda yang lintasannya berbentuk lurus. Gerak Parabola adalah gerakan suatu benda yang memiliki lintasan parabola. Sedangkan gerak melingkar adalah gerak benda yang lintasannya berbentuk melingkar

3 dari 4 halaman

Perbedaan Gaya dan Gerak

Dari penjelasan sebelumnya, ada perbedaan gaya dan gerak yang bisa Anda temukan, diantaranya adalah.

1. Perbedaan gaya dan gerak yang pertama adalah gaya dapat menyebabkan terjadinya gerakan, sedangkan gerak disebabkan oleh adanya gaya.

2. Perbedaan gaya dan gerak selanjutnya yakni gaya dapat memengaruhi bentuk benda dari dorongan atau tarikannya, sedangkan gerak tidak memengaruhi bentuk benda.

3. Pernedaan gaya dan gaerak berikutnya adalah gerakan benda dapat disebabkan oleh adanya gaya, sedangkan benda yang bergerak belum tentu memiliki gaya.

4. Perbedaan gaya dan gerak keempat yaitu gaya adalah sesuatu yang tidak bisa dilihat namun dapat dirasakan, berbeda dengan gerak yang bisa dilihat.

5. Perbedaan gaya dan gerak yang terakhir adalah gerak dipengaruhi oleh gaya, sedangkan gaya tidak harus dipengaruhi gerak.

4 dari 4 halaman

Contoh gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari

Setelah memahami pengertian hingga perbedaan dari gaya dan gerak, Anda harus perlu tau bahwa dalam kehidupan sehari-haru yang kita jalani saat ini ternyata memerlukan adanya gaya dan gerak. Berikut contoh gaya dan gerah disekitar kita.

1. Contoh Gaya

a. Meja atau kursi dapat berpindah tempat jika kita dorong atau tarik.

b. Timba yang ditarik dengan sebuah katrol yang bergerak. Jadi tanpa gaya tidak akan ada gerakan.

c. Saat bola ditendang, berarti bola dikenai gaya. Akibatnya bola bergerak. Gaya yang mengenai bola adalah gaya otot yaitu otot kaki.

d. Bola yang dilempar mendatar di udara bergerak mula-mula mendatar, kemudian akan bergerak turun dan jatuh. Gerakan bola mendatar disebabkan karena adanya gaya dorong dari otot tangan. Kemudian bola bergerak turun dan jatuh, karena adanya gaya gravitasi bumi. Gaya gravitasi bumi adalah gaya tarik bumi. Gaya gravitasi bumi mampu menarik benda di muka bumi, sehingga benda-benda yang bergerak di udara selalu jatuh di bumi.

e. Mobil bergerak tanpa didorong. Mobil dapat bergerak karena mesin. Adanya gaya mesin, mobil, sepeda motor dapat melaju. Mesin dapat bergerak karena mempunyai bahan bakar sebagai sumber energi. Bahan bakar dapat berupa bensin, solar.

f. Gaya Membuat Benda Bergerak Menjadi Diam Contoh benda yang bergerak adalah sepeda yang dikayuh, sepeda motor yang sedang bergerak, kelereng yang menggelinding dan sebagainya . Bendabenda yang bergerak tersebut dapat berhenti atau diam jika diberi gaya. Sepeda yang bergerak akan berhenti jika direm. Sepeda motor yang sedang bergerak akan berhenti jika direm.

2. Contoh Gerak

a. Mobil yang berjalan dengan kecepatan tetap

b. Seorang yang berjalan dengan kecepatan tetap

c. Kelereng yang menggelinding pada permukaan licin

d. Kereta yang melaju di rel dengan kecepatan tetap

e. Air di sungai dengan kecepatan tetap

f. Bola yang jatuh bebas

g. Mobil yang direm mendadak

h. Mobil yang dipercepat dengan menginjak gas

i. Air yang jatuh dari air terjunPenerjun payung yang mendarat

Itu tadi pembelajaran mengenai pengertian, perbedaan gaya dan gerak, hingga contohnya dalah kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat membuat kita lebih paham akan gaya dan gerak yang ternyata ada disekeliling kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini