Sukses

Cara Aktifkan Tema Windows 10 Ke Versi Dark Mode untuk Lindungi Mata

Tema dark mode bisa melindungi mata dari cahaya layar

Liputan6.com, Jakarta Windows menjadi sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan. Berbagai pekerjaan telah dimudahkan dengan penggunaan komputer. Mulai dari pengetikan, pencarian informasi, hingga pengolahan data dalam bentuk apapun. Penggunaan komputer makin tak dapat lepas dari kehidupan sehari-hari. 

Salah satu masalah yang dihadapi bagi orang yang bekerja dengan komputer adalah cahaya layarnya yang dapat memengaruhi kesehatan mata. Cahaya komputer dapat mengurangi fungsi mata dan efek radiasinya yang juga merugikan. Salah satu cara mensiasati masalah ini adalah penggunakan mode gelap pada sistem operasi komputer.

Windows 10 kini telah mendukung kemampuan mode gelap atau dark mode ini. Pengaturan mode gelap ini mulai muncul pada Oktober 2018 silam. Dengan kemampuan ini pengguna Windows dapat mengaktifkan tema dark mode yang lebih ramah di mata sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan baik.

Bagi Anda yang sering bekerja menggunakan komputer, penting untuk mengaktifkan mode gelap ini. Berikut cara mengaktifkan tema dark mode pada Windows 10 yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara mengganti tema Windows 10 ke versi Dark Mode

Setelah pembaruan ditayangkan pada bulan April 2019, pengguna akan dapat menikmati tidak hanya tema gelap Windows yang lengkap tetapi juga tema terang yang lengkap. Tema dapat dengan mudah beralih dari aplikasi Pengaturan.

Untuk mengaktifkan dark mode, buka Settings > Personalization > Colors. Gulir ke bawah dan pilih opsi “Dark” di bawah bagian “Choose your app mode”. Aplikasi Pengaturan otomatis akan langsung menjadi gelap, seperti banyak aplikasi lainnya.

Anda bisa menentukan perpaduan warna untuk taskbar, start menu dan elemen lainnya. Ini memungkinkan Anda untuk memilih tema yang berbeda untuk Windows yang menyertakan shell Windows seperti taskbar, action center, dan lainnya. Anda juga dapat mengustomisasi tema Windows sesuka Anda.

3 dari 5 halaman

Cara atur otomatis dark mode ke light mode sesuai waktu tertentu

Meskipun Windows 10 memungkinkan penggunanya memilih antara tema gelap dan terang, cara ini mungkin sedikit kurang efektif bagi Anda yang menginginkan penggantian otomatis tema. Anda perlu mengganti secara manual tema yang diinginkan. Memang, itu hanya membutuhkan beberapa klik, tetapi ada cara yang lebih efisien.

Auto-Night Mode adalah aplikasi kecil yang bisa membantu. Ini adalah aplikasi open-source gratis yang cukup mudah digunakan setelah Anda menginstalnya. Menjalankan aplikasi ini memang meminta peringatan Windows SmartScreen tetapi aplikasinya tidak berbahaya. Cukup klik More info dan kemudian klik Run anyway untuk melanjutkan instalasi.

Ini memungkinkan mengatur waktu kapan Windows harus berada pada dark mode dan kapan harus menggunakan light mode. Ini bisa sangat berguna jika Anda cenderung menggunakan perangkat Windows 10 di lingkungan gelap di malam hari. Jika diizinkan menggunakan lokasi, aplikasi dapat secara otomatis menentukan waktu matahari terbit dan terbenam untuk lokasi dan mengubah tema yang sesuai.

4 dari 5 halaman

Cara Aktifkan Tema Gelap di Microsoft Office

Microsoft Office ternyata juga berisi tema gelap yang tidak diaktifkan secara default dan harus diaktifkan secara manual. Untuk memilih tema gelap, buka aplikasi Office seperti Word atau Excel dan buka File> Options. Pada tab "General" lihat bagian “Personalize your copy of Microsoft Office” dan atur drop-down “Office Theme” di sana ke opsi “Black”.

Anda juga dapat memilih opsi “Dark Gray.” Tema ini menggunakan abu-abu gelap yang lebih terang, yang mungkin Anda sukai jika tema Hitam terlalu gelap untuk Anda. Anda dapat memilih “Office Background” yang berbeda dari sini juga. Misalnya, jika Anda lebih suka tidak melihat desain di balik ribbon bar Office, klik kotak "Office Background" dan pilih "No Background."

Pilihan tema ini berlaku untuk semua aplikasi Office. Jadi, jika Anda mengatur opsi ini di Word dan kemudian membuka Excel, Excel juga akan otomatis menggunakan tema gelap ini. Pengaturan ini berfungsi pada Office 365, Office 2016, dan Office 2013. mode gelam ini juga berfungsi pada semua versi Windows, termasuk Windows 7, 8, atau 10.

Namun, tema gelap saat ini tidak tersedia untuk Office di Mac. Mereka bahkan memengaruhi aplikasi Office pada PC Windows lainjika Anda masuk ke dalamnya dengan akun Microsoft yang sama.

5 dari 5 halaman

Aktifkan Tema Gelap untuk Aplikasi Windows Desktop

Windows memang memiliki tema gelap bawaan untuk sistemnya, tetapi mungkin ini tidak berlaku pada software lain seperti Notepad atau Firefox. Ada cara lain agar tampilan aplikasi ini menjadi gelap yaitu dengan mengaktifkan tema kontras tinggi.

Untuk mengaktifkannya, buka Settings > Ease of Access > High Contrast. Di sebelah kanan, aktifkan opsi “Turn on High Contrast” dan atur dropdown “Choose a Theme” ke pengaturan High Contrast Black”. Klik "Apply" untuk menyimpan pengaturan.

Mengatur tema kontras tinggi ini membuat sebagian besar aplikasi desktop menampilkan latar belakang yang gelap. Namun, mereka tidak terlihat terlalu bagus. Tema kontras tinggi adalah fitur aksesibilitas yang dirancang untuk meningkatkan kontras, sehingga layar lebih mudah dibaca dan dipahami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.