Sukses

10 Wisata Di Lampung yang Penuh Pesona, Berasa Liburan di Maldives

Wisata di Lampung sangatlah beragam, mulai dari pantai, air terjun, dan taman nasional yang semuanya menyuguhkan panorama memesona

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Lampung sangatlah beragam dan sayang untuk dilewatkan jika kamu sedang berkunjung ke kota Tapis Berseri tersebut. Mulai dari pantai, air terjun, dan taman nasional yang semuanya menyuguhkan panorama memesona. 

Dengan pesona alamnya tersebut, Lampung sering kali disebut sebagai duplikat dari pulau Maldives. Keindahan alamnya dapat memikat wisatawan mulai dari turis mancanegara dan warga lokal.

Wisata di Lampung dapat menjadi salah satu destinasi wisata bagi kamu yang ingin melepas rasa penat. Tidak hanya pantai dan taman nasional, wisata di Lampung juga menawarkan destinasi pulau yang tak kalah menakjubkan serta menawan.

Berikut ini ulasan mengenai wisata di Lampung yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (6/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Lampung yang Penuh Pesona

1. Pulau Pahawang

Tempat wisata di Lampung yang pertama adalah Pulau Pahawang. Pulau Pahawang menawarkan pesona bawah laut nan indah yang belum banyak diketahui. Lokasinya berada di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Pulau dengan luas 1.084 hektar ini memiliki hutan bakau, pantai pasir putih, dan pemandangan bawah laut yang cantik. Pulau ini sangat cocok untuk berenang di pantai, banana boat, snorkeling, atau sekadar bersantai di pantai. Pengunjung akan dikenai biaya masuk pulau sebesar Rp 5.000 per orang, sewa perahu untuk snorkeling Rp 20.000 per perahu, sewa alat snorkeling Rp 50.000 per set, banana boat dan Rp30.000 per orang. Menginap di Pulau Pahawang bisa dengan menyewa homestay dengan harga kisaran Rp 600.000 per rumah untuk 10–15 orang.

2. Way Kambas

Tempat wisata di Lampung yang selanjutnya adalah Way Kambas. Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu taman nasional yang memiliki berbagai flora dan fauna. Lokasinya terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Tempat ini juga menjadi lokasi pelatihan, perlindungan, dan konservasi Gajah Sumatera. Di sini pengunjung dapat belajar dan berinteraksi langsung dengan para gajah. Way Kambas juga kerap dijadikan tempat penelitian satwa-satwa langka, baik dari peneliti nusantara maupun peneliti asing.

3. Pulau Balak

Pulau Balak juga termasuk wisata di Lampung yang sebaiknya tak dilewatkan. Ini adalah pantai berpasir putih dengan suasana yang sepi merupakan salah satu pulau kecil di Teluk Pidada, Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran. Di pulau ini terasa sepi dan damai karena tidak berpenghuni, namun terdapat penjaga. Ada juga penginapan bila pengunjung ingin bermalam atau mendirikan tenda sendiri di pantai. Serasa pulau pribadi, pengunjung bisa berenang di pantai, snorkeling, atau sekadar bersantai sambil menikmati camilan yang dibeli di warung sekitar atau membawanya dari rumah.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Lampung yang Penuh Pesona

4. Pantai Wartawan

Tempat wisata di Lampung yang selanjutnya adalah pantai Wartawan. Nama Pantai Wartawan yang unik berasal dari profesi sang pengelola yang awalnya dikelola oleh warga lokal yang berprofesi sebagai penulis berita. Pantai dengan pemandangan anak gunung Krakatau ini menjadi tujuan utama wisatawan yang datang. Uniknya, ada sumber air panas di pantai ini dengan suhu mencapai 80 derajat. Tak jauh dari sumber air panas, terdapat Bukit Botak yang instagramable, serta gua dan makam pendekar. Pengunjung juga dapat berfoto-foto ria dengan panorama sunset nan indah di pantai ini atau sekadar menikmati pemandangan sambil menyantap makanan dan minuman.

5. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih salah satu destinasi populer di Lampung dengan pasir pantai yang putih dan lembut bergandengan dengan air laut yang biru nan jernih, serta pemandangan pulau dengan pepohonan hijau. Pantai dengan bawah laut yang indah ini terletak di Rangai Tri Tunggal, Katibung, Kabupaten Lampung Selatan. Di pantai ini pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti foto-foto, berenang, snorkeling, surfing, dan naik perahu kano.

6. Puncak Mas

Tempat wisata di Lampung yang selanjutnya adalah Puncak Mas. Puncak Mas sangat cocok untuk wisata keluarga. Lokasinya berada di perbukitan Kota Tapis Berseri. Wisata Puncak Mas ini menjadi destinasi favorite muda-mudi dengan menyajikan pemandangan kota dari ketinggian, sangat cocok dikunjungi saat sore atau malam hari. Fasilitas di Puncak Mas mulai dari spot foto yang unik, mushola di pohon durian, café terbuka, wahana permainan sepeda gantung, sampai arena bermai anak.

7. Pantai Guci Batu Kapal

Pantai Guci Batu Kapal memiliki pasir pantai putih dan lembut. Lokasinya terletak di Jalan Pesisir Maja, Tengkujuh, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Pilihan wisata di Lampung ini memiliki keindahan yang menawan dengan batu-batu karang yang mirip dengan kapal di sisi pantai dan pesona matahari tenggelam. Di Pantai Guci Batu Kapal, pegunjung dapat berkemah dengan mendirikan tenda untuk bermalam, berenang, berfoto-foto, atau sekadar bersantai.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Lampung yang Penuh Pesona

8. Pantai Tanjung Setia

Tempat wisata di Lampung yang selanjutnya adalah pantai Tanjung Setia. Pantai Tanjung Setia berada di kawasan Krui yang terletak di pesisir barat, Lampung. Pantai ini menawarkan potensi pantai ciamik, yakni spot surfing yang mendunia, karena ombak cukup stabil dan tinggi mencapai 10 meter. Selain surfing, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lain seperti snorkeling, voli pantai, atau sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang jernih dan pesona sunset. Fasilitas yang tersedia di pantai ini seperti cottage, hotel, warung makan, toilet, kamar mandi, dan penyewaan alat surfing.

9. Kawah Suoh

Kawah Suoh merupakan kaldera gunung berapi yang masih aktif mirip dengan yellowstone di Amerika Serikat, dengan luas 128 km persegi dan geothermal cukup tinggi. Kawah Suoh menawarkan panorama alam yang menakjubkan dengan asap yang mengepul. Pengunjung akan mendapati danau asam dan dapat menyusuri danau dengan menyewa perahu yang muat untuk 12 orang. Setelah itu, pengunjung akan melewati pasir kuning, melewati sabana yang hijau dengan penuh ilalang. Kemudian akan mencapai keramikan, sebuah tempat berupa lantai endapan sulfur yang memiliki ketebalan hanya sekitar 20 cm. Pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat ini harus ditemani oleh pemandu.

10. Curup Gangsa

Tempat wisata di Lampung yang selanjutnya adalah Curup Gangsa. Siapa pun tahu untuk bisa mendapatkan surga, dibutuhkan perjalanan panjang, sulit dan menantang. Pun demikian kala Anda ingin bisa menyaksikan secuil potongan surga di Way Kanan bernama Curup Gangsa. Sesampainya di Curup Gangsa, Anda akan disuguhi menara air setinggi kurang lebih 70 meter dengan lebar 20 meter, ditambah sejumlah air terjun kecil yang menambah eksotisme wilayah ini. Bebatuan besar di sepanjang sungai dan derasnya air memberikan nilai lebih dari keindahan curug ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.